Cara Menaikkan limit Kartu Kredit HSBC Beserta Tipsnya

Punya kartu kredit HSBC, tapi limitnya masih kecil? Sedangkan, kamu  butuh limit kartu kredit yang lebih besar, untuk penuhi kebutuhan? Yuk, intip cara menaikkan limit kartu kredit HSBC berikut ini!

Cara Menaikkan limit Kartu Kredit HSBC Beserta Tipsnya

Sekilas Tentang Bank HSBC

Bagi kamu yang masih asing, Bank HSBC atau kepanjangan dari The Hongkong Shanghai Banking Corporation Limited, pertama kali hadir pada tahun 1884 sebagai kantor cabang Indonesia.

Bank HSBC memiliki kantor pusat tentunya di Hongkong dan Shanghai. Di Indonesia sendiri Bank HSBC lahir dari sebuah gagasan sederhana dari bank lokal yang melayani kebutuhan internasional.

Dari banyaknya produk Bank HSBC, kartu kredit adalah yang paling diminati. Berikut jenis kartu kredit HSBC beserta limit yang bisa jadi pilihan:

  • HSBC Premier MasterCard – Limit Maksimal Rp300 Juta
  • HSBC Visa Signature – Limit Maksimal Rp1 Miliar
  • HSBC Visa Platinum – Limit Maksimal Rp 400 Juta
  • HSBC Visa Platinum Cash Back – Limit Maksimal Rp 300 Juta

Naikkan Limit untuk Penuhi Kebutuhanmu

Adapun, untuk bisa menaikkan limit, kamu bisa dengan mudah mengajukan permohonan, langsung ke pihak Bank HSBC. Jadi, tidak perlu menunggu pihak bank menaikkan secara berkala, jika aktivitas kreditmu bagus.

Jadi, jika kamu ingin tahu cara menaikkan limit kartu kredit HSBC, pastikan kamu sendiri atau pemegang kartu utama, yang mengajukan permohonan.

Adapun, akan ada beberapa syarat dan ketentuan, untuk menaikkan limit kartu kredit. Selain itu, ada juga jenis kenaikan limit yang bisa dipilih (permanen/temporer), hingga tips cara menaikkan limit kartu kredit HSBC.

Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit HSBC

Setidaknya ada beberapa cara menaikkan limit kartu kredit HSBC yang bisa kamu lakukan, yakni sebagai berikut. Jangan lupa cek juga syarat dan ketentuannya:

1. Hubungi Langsung Call Center HSBC Kartu Kredit

Cara menaikkan limit kartu kredit HSBC yang pertama adalah, dengan menelepon call center kartu kredit HSBC. Kamu bisa langsung menyampaikan permohonan kenaikkan limit. Biasanya, kamu juga akan diminta beberapa persyaratan seperti berikut:

  • No Kartu Kredit HSBC
  • Jenis Kartu Kredit
  • No Identitas NIK KTP
  • Jenis kenaikkan limit kartu kredit, yaitu permanen atau sementara
  • Jumlah kenaikkan limit yang diminta

2. Mengajukan Kenaikkan Limit di HSBC Melalui Online Banking

Cara selanjutnya, selain menelpon call center HSBC, adalah dengan melalui mobile banking HSBC. Perlu kamu ketahui bahwa, Bank HSBC juga memiliki HSBC Online Banking, dimana terdapat fitur pengaturan kartu kredit.

Sehingga, kamu sebagai nasabah bisa menggunakan fitur tersebut untuk mengajukan naik limit kartu kredit secara online. Cek juga apa saja persyaratan hingga dokumen yang dibutuhkan.

(Baca Juga: Review Kartu Kredit HSBC Platinum Cashback, Buat Si Penyuka Belanja!)

Syarat Pengajuan Naik Limit Kartu Kredit HSBC

Nah, untuk mempercepat dan memudahkan proses pengajuan kenaikan limit kartu kredit HSBC, kamu bisa langsung intip syarat utama berikut ini. 

Namun perlu kamu ketahui bahwa, ada dua syarat yang berbeda untuk pengajuan kenaikan limit Permanen dan Temporer.

  • Dokumen penghasilan / income terupdate
  • Dokumen NPWP untuk limit yang diajukan diatas Rp > 50 juta
  • Formulir pengajuan kenaikan limit yang dapat diakses di sini
  • Tidak ada biaya dalam pengajuan kenaikan limit

Syarat Kenaikan Limit Permanen:

  • Kenaikan limit permanen dapat diajukan untuk kartu yang telah berumur minimal 6 bulan dengan maksimal kenaikan 100%
  • Kenaikan limit permanen hanya dapat dilakukan oleh kartu pemegang utama.
  • Hasil pengajuan kenaikan limit permanen berdasarkan hasil analisis Bank dengan memperhatikan pendapatan terupdate yang dikirimkan nasabah.
  • Nasabah diharuskan mengirimkan dokumen pendukung seperti formulir CS, dokumen penghasilan terupdate, dokumen NPWP.
  • Kenaikan limit diproses maksimal 7 (tujuh) hari kerja.

Syarat Kenaikan Limit Temporer:

  • Kenaikan limit temporer akan berlaku selama 3 periode cycle terhitung mulai fasilitas kenaikan limit temporer disetujui.
  • Kenaikan limit temporer hanya dapat dilakukan oleh kartu pemegang utama.
  • Maksimal kenaikan limit temporer adalah 100% dari limit sebelumnya.
  • Hasil pengajuan kenaikan limit temporer berdasarkan hasil analisis Bank dengan memperhatikan risiko kredit.
  • Bank menyarankan agar penggunaan kartu kredit dengan limit kondisi temporer tidak digunakan untuk transaksi cicilan.
  • Apabila setelah berakhirnya jangka waktu kenaikan limit temporer masih terdapat total tagihan yang melebihi limit sebelum kenaikan, maka status kartu akan otomatis menjadi over limit dan akan dikenakan over limit fee.

Maksimal Kenaikkan Limit Kartu Kredit 

Jika kamu ingin mengajukan kenaikan limit kartu kredit, ketahui juga berapa maksimal kenaikan limit yang disediakan pihak bank. Pasalnya, meski kartu kredit memiliki limit maksimal hingga ratusan juta, namun kamu tidak bisa langsung minta dinaikkan ke limit maksimal kartu kredit terkait.

Karena, biasanya pihak bank akan menetapkan paling tinggi 100%, dari limit kartu kredit kamu sebelumnya.

Contohnya, jika limit kartu kredit kamu sekarang adalah Rp 5 juta, maka limit kartu kredit baru setelah mengajukan kenaikkan, paling tinggi adalah Rp 10 juta.

Contoh lain, jika limit kamu sebelumnya Rp50 juta, maka limit baru menjadi Rp100 juta. Tidak hanya itu, perhatikan juga jenis kartu kredit yang kamu miliki, karena permohonan kenaikkan limit akan melihat batasan limit, dari setiap jenis kartu.

Misalnya, kartu kredit Classic atau Gold memiliki limit lebih rendah dari kartu kredit Platinum dan Premier.

Tips Agar Permohonan Kenaikan Limit Kartu Kredit Disetujui

  • Pilih kenaikan limit temporer atau sementara: Karena, kenaikkan limit permanen lebih sulit disetujui dan lebih banyak pertimbangan oleh bank, sedangkan kenaikkan limit sementara lebih mudah disetujui.
  • Telah menjadi pemegang Kartu Kredit HSBC minimum 6 bulan: Baru buka kartu kredit langsung minta naik limit? Sepertinya akan sulit, jadi disarankan ajukan setelah minimum 6 bulan, karena Bank HSBC akan melihat masa keanggotaan pemegang kartu kredit.
  • Menjadi pemegang kartu kredit yang aktif: Jika kamu kurang aktif dan hanya mengendapkan kartu kredit, maka kamu sulit untuk disetujui, karena untuk apa dinaikkan tapi tidak digunakan. Jadi, kamu harus aktif dalam menggunakan kartu kredit.
  • Kamu tidak memiliki tunggakan atau gagal bayar di Kartu Kredit HSBC: Semua aktivitas kamu dalam menggunakan kartu kredit akan dicatat, jadi bila perlu jangan punya tunggakan, karena bank akan mencatat kamu sebagai nasabah dengan aktivitas kredit yang buruk. 
  • Tidak pernah over limit kartu: Selama melakukan pertimbangan, bank juga akan melihat apakah penggunaan kartu kredit kerap melampaui batas limit atau over limit. Jika sesekali, bank tidak akan mempermasalahkan, namun jika sering bank akan mempermasalahkan.
  • Catatan di BI Checking SLIK OJK bersih: Selain mengecek di internal, pihak bank HSBC juga kemungkinan besar akan melihat catatan kredit pemohon di BI Checking atau SLIK OJK. Tujuannya untuk mengetahui status kredit di bank lain, diluar HSBC.

(Baca Juga: 5 Keuntungan Menabung Mata Uang Asing dengan HSBC Advance)

Nah itu dia beberapa informasi terkait cara menaikkan limit kartu kredit HSBC beserta tips yang bisa kamu terapkan.

Buat kamu yang ingin tambah kartu kredit HSBC atau bahkan belum punya, bisa ajukan dengan mudah secara online, melalui CekAja.com. 

Tinggal pilih, klik, ajukan, tunggu dihubungi pihak CekAja.com dan bank, dan kartu kredit bisa langsung dikirim ke alamat rumah kamu.

Berikut rekomendasi produk kartu kredit HSBC yang bisa kamu pilih:

Yuk, segera ajukan kartu kredit HSBC dan bank lainnya, hanya di CekAja.com!