Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Kebiasaan Cerdas Terkait Uang Khas Generasi Milenial

by Tisyrin on 7 September, 2016

Generasi milenial adalah mereka yang lahir pada periode antara 1981 dan 1997. Generasi milenial rupanya lebih baik dalam mengelola uang dibandingkan generasi sebelumnya.

Sebuah survei yang dilakukan pada tahun 2014 dengan memakai sampel 152 orang dewasa usia 25 tahun-34 tahun memperlihatkan, kaum milenial cenderung merasa khawatir tentang uang. Survei tersebut menemukan bahwa 4 dari 10 orang milenial merasa khawatir tentang uang setidaknya sekali dalam seminggu.

Kaum milenial juga sadar untuk menabung dalam rangka mempersiapkan pensiun, padahal generasi sebelumnya tidak terlalu khawatir akan hal ini. Di bawah ini adalah kebiasaan cerdas generasi milenial terkait uang.

Berbicara lebih terbuka tentang uang

Generasi milenial lebih terbuka saat membicarakan uang dibandingkan generasi sebelumnya. Generasi milenial bahkan tak sungkan untuk berdiskusi tentang menabung dan investasi bersama orangtua mereka. (Baca juga: Mengapa Bisnis Sampingan yang Kamu Bangun Sulit ‘Naik Kelas’?)

Menyimpan lebih banyak untuk masa depan

Generasi milenial memiliki kebiasaan menabung dan fokus untuk mempersiapkan pensiun, walaupun usia mereka masih terbilang muda. Jika seseorang terbiasa menabung dan sudah mempersiapkan pensiun, tentunya masa depannya lebih terjamin daripada mereka yang tidak melakukannya sama sekali.

Bagaimana dengan kamu? Selagi masih masih muda, jangan sungkan untuk menyisihkan uang demi masa depanmu. Ingat, setelah masa produktif yang kamu jalani sekarang, masih ada masa pensiun yang menantimu.

Menggunakan aplikasi untuk mengelola uang

Pada era seperti sekarang, mudah sekali menemukan aplikasi smartphone untuk mengelola uang. Fungsinya beragam mulai dari membantu mencatat pengeluaran dan pemasukan, menghitung pajak hingga mengingatkan orang untuk menabung.

Membayar seminimal mungkin

Lagi-lagi karena teknologi. Saat ini sudah banyak situs perbandingan harga, generasi milenial menggunakannya untuk memastikan mereka membayar barang yang termurah. Mereka juga tak sungkan memanfaatkan diskon yang diberikan kartu kredit hingga kartu keanggotaan belanja.

Kamu yang ingin melakukan hal semacam ini, cobalah mengintip CekAja.com yang membantumu membandingkan produk keuangan terbaik. (Baca juga: Cara Bedakan Tas Bermerek Asli dan KW)

Lebih menyukai pengalaman dibandingkan benda mewah

Generasi milenial lebih menyukai menghabiskan uang demi sebuah pengalaman seperti traveling atau mempelajari sesuatu melalui kursus dan sekolah. Sementara generasi sebelumnya lebih menyukai menghabiskan uang untuk barang-barang mewah seperti mobil dan rumah.

Punya kartu kredit dan sedang butuh pinjaman untuk memulai usaha? Ajukan segera di sini

 

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami