Kelebihan dan Kekurangan Tabungan Jenius, Tabungan Digital Banking

Ingin membuka tabungan Jenius? Sebelum melakukannya, kamu perlu tahu terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan tabungan Jenius. Yuk simak bahasan berikut ini, untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan tabungan Jenius!

Kelebihan dan Kekurangan Tabungan Jenius, Tabungan Digital Banking

Apa Itu Tabungan Jenius

Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan tabungan Jenius, tentu kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa itu tabungan Jenius.

Tabungan Jenius merupakan produk digital banking dari BTPN, yang dapat mempermudah nasabah dengan mengatur keuangan hanya melalui smartphone.

Mulai dari membuat tabungan, hingga menabung, transfer uang, deposit uang, membayar tagihan, serta mengatur keuangan lainnya bisa dilakukan nasabah hanya dengan melalui smartphone.

Jenius BTPN memiliki banyak fitur bermanfaat yang dapat dinikmati nasabah, selain itu nasabah juga bisa memiliki 5 kartu sekaligus dengan nama yang berbeda di setiap kartunya.

Selain itu, Jenius BTPN juga memiliki banyak kelebihan. Yuk simak apa saja kelebihan dan kekurangan tabungan Jenius BTPN ini!

Kelebihan

Jenius BTPN memiliki banyak kelebihan, berikut ini merupakan kelebihan yang dimiliki Jenius yang bisa kamu manfaatkan!

Setoran Awal Nol

Kelebihan tabungan Jenius yang pertama adalah tidak adanya setoran awal, atau setoran awal nol. Selain itu, kamu juga tidak akan dikenakan biaya administrasi saat membuka rekening baru.

Malahan kamu akan mendapatkan bonus atau reward saat pembukaan rekening baru. Terlebih jika kamu mengajak orang lain untuk bergabung menggunakan Jenius.

Memiliki 3 Fitur Keuangan

Jenius memiliki 3 fitur keuangan yang memiliki manfaat beragam. Fitur tersebut yaitu, Flexi Saver, Maxi Saver, dan Dream Saver.

Flexi Saver merupakan tabungan yang memudahkan nasabah untuk menyimpan dana secara pribadi. Keuntungan menggunakan tabungan ini yaitu dapat menarik uang seluruhkan tanpa ada saldo yang mengendap dan menarik uang tanpa biaya tambahan.

Melalui tabungan Flexi Saver, kamu bisa mengalokasikan uang hingga ke 3 tabungan, dengan masing-masing bunga 2,5% per tahun.

Maxi Saver merupakan layanan deposito berjangka. Nilai pokoknya mulai dari Rp 10 juta dengan jangka waktu mulai dari 1 hingga 12 bulan. Untuk bunganya maksimal hingga 4% p.a.

Fitur ketiga yang dimiliki Jenius adalah Dream Saver. Fitur ini dapat mewujudkan semua impian dan tujuan kamu.

Target tabungan serta periode setoran dapat disesuaikan dengan keinginan kamu. Jika terjadi halanagn dan ingin menunda atau berhenti melakuakn storan, kamu juga bisa lakukan hal tersebut melalui aplikasi.

(Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan BCA Xpresi)

Proses Mengirim Uang Mudah

Kelebihan tabungan jenis yaitu dapat mengirim uang dengan mudah. Kamu bisa mengirim uang ke akun bisnis, ke Jenius, ataupun bank lainnya.

Jenius juga menyediakan fitur praktis dalam mengirim uang ke sesama Jenius. Tanpa nomor rekening, kamu cukup memakai $Cashtag dalam prosesnya.

$Cashtag merupakan nama yang menjadi identitas akun Jenius kamu dan bisa dipakai untuk kirim/tagih uang ke sesama Jenius.

Mengirim uang ke bank lain juga tentunya bisa dilakukan. Dengan limit minimum per satu kali transfer Rp 10 ribu dan maksimum Rp 50 juta. Kamu juga bebas transaksi hingga 25 kali per bulannya.

Fitur lain yang memudahkan kamu dalam mengirim uang adalah kamu bisa memilih tanggal dan penjadwalan dalam mengirim uang tersebut.

Dapat Digunakan Sebagai Kartu Kredit

Tidak hanya sebagai tabungan digital, Jenius juga bisa digunakan sebagai kartu kredit juga. Sesuai dengan namanya, kartu kredit tentu akan memudahkan kamu dalam bertransaksi non-tunai.

Fitur Split Bill

Kelebihan Jenius lainnya yaitu adanya fitur split bill. Fitur ini tentu akan memudahkan bertransaksi dan membagi bill (tagihan) ketika bepergian bersama orang lain seperti teman.

Rewards

Jenius memiliki banyak reward untuk nasabahnya. Mulai dari e-voucher gopay hingga Rp 1 juta, Voucer e-commerce, cashback, hingga potongan-potongan harga dalam melakukan transaksi.

Kekurangan Jenius

Setelah menyimak kelebihan dari Jenius, tentu kamu juga harus mengetahui kekurangan yang dimiliki oleh Jenius, sebagaimana berikut ini :

Tidak Mendapatkan Buku Tabungan

Dikarenakan tabungan ini merupakan tabungan digital, maka nasabah tidak mendapatkan buku tabungan. Semua transaksi dilakukan dan dapat dilihat secara online.

Buku tabungan biasanya digantikan oleh e-statement tiap bulannya oleh Jenius. Seluruh transaksi yang dilakukan dapat diunduh melalui fitur Statement yang ada didalam aplikasi Jenius

Biaya Top-up Mahal

Jenius memiliki fitur untuk melakukan top up saldo ke berbagai e-Wallet seperti Go-pay, Ovo, Dana, Linkaja, ShopeePay, M-Tix, hingga BNI Tapcash.

Tetapi top up ini akan dikenakan biaya per satu kali transaksinya. Seperti top up TapCash dan Ovo akan dikenakan biaya Rp1.500.

Jika masa rewards top up ShopeePay, LinkAja, dan M-Tix dikenakan biaya sebesar Rp 5 ribu. Tetapi untuk top up Dana kamu tidak dikenakan biaya Biaya top up ini dapat dibilang cukup mahal.

ATM BTPN Terbatas

Jumlah ATM BTPN yang terbatas tentu menjadi salah satu kekurangan yang dimiliki Jenius. Meski dapat melakukan tarik tunai atau transaksi di ATM bank lain, tetapi tentu dikenakan biaya dalam bertransaksi.

Jika melakukan transaksi tarik tunai di jaringan Prima/Bersama setelah reward habis maka akan dikenakan biaya sebesar Rp 7.500 per transaksi.

Melakukan transfer via ATM bank lain jaringan Prima/Bersama juga akan dikenakan biaya sebesar Rp 6.500 per transaksi.

(Baca Juga: Cara Transfer Uang tanpa ATM dan Rekening)

Nah, itu dia kelebihan dan kekurangan tabungan Jenius yang sudah kamu simak. Kelebihan dan kekurangan tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan kamu tentunya.

Proses pembukaan tabungan Jenius bisa langsung dilakukan melalui aplikasi di smartphone. Dan menunggu hingga akun kamu aktif, kemudian bisa langsung kamu gunakan.

Tetapi jika kamu membutuhkan dana dengan cepat, kamu bisa mendapatkannya dengan mengajukan KTA. Selain proses pengajuan yang cepat, pinjaman KTA juga tidak membebani kamu, karena tidak adanya jaminan.

Produk KTA saat ini banyak ditawarkan dari berbagai perusahaan. Tentu, kamu perlu melakukan pertimbangan terlebih dahulu sebelum mengajukannya.

Pertimbangan dalam memilih produk KTA perlu dilakukan, agar dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial yang dimiliki. Kamu juga bisa loh membandingkan KTA melalui Cekaja.com.

Pengajuan KTA melalui CekAja.com juga dilakukan melalui online, dan tentunya prosesnya cepat, mudah, dan aman. Terlebih, CekAja.com sudah terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera ajukan KTA pilihan kamu melalui CekAja.com!