8 Kemasan Ramah Lingkungan Kekinian yang Bikin Produk jadi Estetik

5 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Seperti yang diketahui, bahwa kemasan plastik kini sudah mulai dibatasi penggunaannya. Sehingga, kemasan ramah lingkungan, menjadi salah satu solusi terbaik, terutama bagi para seller atau pelaku bisnis.

Sampah Plastik jadi Permasalahan Dunia

Kemasan plastik, seperti kantong plastik atau kresek, botol plastik, gelas plastik, dan barang lainnya, merupakan benda yang sulit terurai oleh tanah.

Meski praktis, mudah didapat dan murah, kemasan plastik, sangat sulit terurai. Bahkan, untuk bisa terurai, membutuhkan waktu bertahun-tahun lamanya.

Sehingga, sampai pada saat ini, sampah plastik terus menggunung. Tidak hanya di Indonesia, tapi juga di dunia.

Sampah plastik di Indonesia sendiri, jumlahnya sudah mencapai 64 juta ton per tahun. Maka dari itu, penting sekali untuk mengganti kemasan plastik dengan kemasan ramah lingkungan.

Bahaya Sampah Plastik untuk Lingkungan

  • Merusak rantai makanan
  • Mengancam dan membunuh hewan
  • Dapat mencemari tanah dan air tanah
  • Sebagai penyebab adanya polusi udara
  • Bisa menimbulkan masalah kesehatan bagi manusia

Solusi Atasi Sampah Plastik

  • Bawa tas belanja sendiri
  • Gunakan kemasan plastik yang sudah ada di rumah
  • Memilah sampah plastik
  • Mendaur ulang sampah plastik
  • Mengganti kemasan plastik dengan kemasan ramah lingkungan (bagi para produsen)

(Baca Juga: 9 Ide Hadiah Ramah Lingkungan)

Apa Itu Kemasan Ramah Lingkungan?

Kemasan ramah lingkungan atau biasa disebut eco-friendly, merupakan kemasan yang dibuat menggunakan bahan-bahan yang mudah terurai tanah, bisa didaur ulang, dan tidak berbahaya bagi lingkungan serta manusia.

Bahkan, kini kemasan ramah lingkungan tidak hanya digunakan untuk menjaga lingkungan, tapi juga sebagai tren baru di kalangan penjual.

Pasalnya kini, kemasan ramah lingkungan atau segala hal yang bernuansa natural, sedang tren dan tampak terlihat menarik serta estetik.

Nah, sebagai bentuk kepedulian, kini banyak pelaku industri makanan, minuman, fashion, dan lainnya, ikut menggunakan kemasan ramah lingkungan.

Kamu juga pelaku industri, yang peduli lingkungan? Yuk, intip pilihan ide kemasan ramah lingkungan yang menarik dan membuat produkmu jadi terlihat estetik, berikut ini.

8 Ide Kemasan Ramah Lingkungan Kekinian nan Estetik

1. Tas Kain Blacu/Kanvas/plastik Polypropylene

Ide kemasan ramah lingkungan kekinian yang pertama adalah dengan menggunakan tas kain dari blacu, kanvas atau tas plastik berbahan dasar polypropylene.

Biasanya, para pelaku industri yang menggunakan kemasan tas ramah lingkungan ini, adalah supermarket besar, minimarket, hingga restoran cepat saji.

Tas atau kantong ini, tentu sangat aman untuk lingkungan, karena terbuat dari bahan kain, yang berasal dari serat kapas.

Selain itu, tas ini pun bisa digunakan berulang kali, bisa dicuci, dan pastinya tahan lama.

Buat kamu para pelaku industri bisa menggunakan kemasan ramah lingkungan, berupa tas ini, untuk membuat pelanggan kamu ikut peduli terhadap lingkungan.

Harga tas bahan blacu, kanvas, hingga polypropylene, juga cukup terjangkau. Apalagi, juga kamu membeli dalam jumlah banyak untuk kebutuhan bisnis.

Harganya mulai dari Rp3000-Rp15.000 per buahnya. Kamu bisa beli beberapa lusin, untuk mendapatkan harga grosir.

2. Kardus

Kini kardus menjadi tren kemasan ramah lingkungan, bagi sebagian pelaku industri, khususnya bisnis rumahan.

Selain lebih aman, kemasan produk dari kardus juga terlihat lebih natural dan estetik. Saat ini, sudah banyak bisnis rumahan yang menggunakan kemasan kardus.

Sebut saja seperti bisnis fashion, birthday gift, kue kering, makanan, kosmetik, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kardus yang diterima oleh pelangganmu, juga bisa digunakan lagi untuk menyimpan barang atau untuk hal lainnya.

Bahkan, kardus juga bisa dengan mudah didaur ulang, menjadi barang-barang yang lebih berguna, serta bahannya mudah terurai.

3. Kemasan Kertas Coklat

Tidak hanya kardus, kertas coklat juga bisa dijadikan salah satu pilihan kemasan ramah lingkungan, untuk jenis industri apa aja.

Contohnya sebagai tas belanja supermarket, untuk kemasan roti, kemasan nasi bungkus kekinian berbentuk lunch box, untuk produk fashion, dan lainnya.

Namun, untuk di Indonesia sendiri penggunaan kertas coklat untuk belanja di supermarket, jarang digunakan. Karena, dirasa lebih mudah rusak.

Akan tetapi, beberapa restoran cepat saji, seperti McDonalds, KFC, Burger King, dan lainnya, juga masih menggunakan kemasan kertas coklat ini, untuk membungkus makanannya.

4. Food Container

Nah, untuk para pelaku bisnis makanan, terlebih melalui online, tentunya harus menggunakan kemasan yang tahan guncangan, seperti food container.

Nah, meski terbuat dari plastik, namun food container ini, bisa digunakan berkali-kali, dan bisa dicuci.

Jadi, makanan aman sampai di pelanggan, dan kemasan bisa digunakan kembali untuk kebutuhan lainnya. Misalnya untuk menyimpan sayuran, untuk wadah bekal, dan lain-lain.

Untuk ukurannya juga beragam kok, dan tersedia mulai dari ukuran kecil, hingga besar. Bahkan, bentuknya tidak hanya kotak, tapi juga ada yang bulat.

5. Tas Anyaman

Selain tas dari bahan kain, tas yang terbuat dari anyaman, juga bisa digunakan menjadi salah satu kemasan ramah lingkungan.

Tas anyaman biasanya terbuat dari anyaman daun pandan, daun eceng gondok, bambu, rotan, hingga plastik.

Dengan berbagai tipe tas anyaman, tas ini bisa digunakan berulang-ulang kali, dan bisa digunakan untuk kebutuhan apapun.

Bagi pelaku bisnis, mungkin ide kemasan dengan tas anyaman ini, bisa jadi ide yang unik, untuk menarik hati pelanggan.

6. Carton Box

Jika kardus sedikit lebih rentan penyok, mungkin kamu bisa gunakan carton box, sebagai kemasan ramah lingkungan, yang aman sekaligus estetik.

Carton box, memiliki kekuatan yang lebih baik ketimbang kardus. Jadi, buat kamu yang memiliki usaha seperti makanan berwadah kaca, minuman di botol kaca, atau produk yang mudah pecah, bisa gunakan carton box sebaga kemasannya.

7. Biofoam

Kemasan ramah lingkungan berikutnya ini adalah biofoam. Adapun kemasan ini terbuat dari pati dengan tambahan serat untuk memperkuat strukturnya.

Tidak hanya bersifat mudah terurai, kemasan biofoam juga dapat didaur ulang dan dipakai berkali-kali.

Untuk ketahanan terhadap air, kemasan biofoam ini masih rendah, ketimbang styrofoam. Sehingga, biofoam baru bisa digunakan untuk mengemas produk, dengan kadar air yang rendah.

(Baca Juga: Cara Cerdik Menanggulangi Sampah dengan Memilah dan Mengolah)

Sebut saja seperti makanan berat, pasta, cake, makanan ringan, cemilan, kue, dan jajanan lainnya.

8. Anyaman Bambu

kemasan ramah lingkungan yang terbuat dari bambu, biasanya digunakan untuk kemasan produk, makanan.

Meski dari tingkat keamanan, kemasan dari anyaman bambu cukup kuat, namun kurang cocok jika dikirim dengan pengiriman reguler.

Sejak tren hampers merajalela, karena lebaran tahun 2020, jatuh saat pandemi. Kemasan anyaman bambu, sering digunakan sebagai kemasan untuk parcel dan hampers lebaran yang estetik.

Tidak hanya untuk hampers, untuk kamu para pelaku bisnis lainnya, juga bisa gunakan kemasan anyaman bambu ini, untuk produk kamu, agar terlihat unik.

Nah, itu dia beberapa ide kemasan ramah lingkungan, yang bisa digunakan untuk para pebisnis.

Selain, terlihat lebih estetik, penggunaan kemasan ramah lingkungan tersebut juga bisa dijadikan ajang kampanye, untuk meninggalkan kebiasaan menggunakan kemasan plastik sekali pakai.

Nah, buat kamu para pelaku industri yang ingin menggunakan berbagai kemasan ramah lingkungan, yang sudah disebutkan di atas, kini kamu bisa dengan mudah mendapatkan di berbagai toko online loh.

Kamu bisa membelinya dengan jumlah besar, untuk kebutuhan packing produk kamu. Misalnya, aneka kardus berbagai macam ukuran, food container, tas kanvas, dan masih banyak lagi.

Dengan membeli kemasan ramah lingkungan secara online, tentu akan membuat kamu lebih praktis dan menghemat waktu hingga ongkos.

Jika ingin lebih hemat lagi, kamu bisa membeli semua kebutuhan kemasan produk, menggunakan kartu kredit.

Dengan kartu kredit, terlebih kamu membeli dalam jumlah banyak, kamu bisa berkesempatan mendapatkan promo menarik, seperti diskon hingga cashback.

Belum Punya Kartu Kredit? Ajukan Saja di CekAja.com!

Di CekAja.com, kamu bisa mendapatkan produk kartu kredit, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan, secara online.

Ada banyak pilihan kartu kredit yang disediakan CekAja.com, dari berbagai bank ternama di Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan kartu kredit terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com, dan beli semua kebutuhan perlengkapan bisnismu, dengan kualitas dan harga terbaik!