Penting! Ini Urutan Membersihkan Wajah yang Benar, Sebelum Pakai Skin Care

Setelah seharian beraktivitas, kamu hanya bersihkan wajah dengan cuci muka? Sebaiknya, hentikan kebiasaan tersebut dan mulai ikuti urutan membersihkan wajah yang benar, berikut ini!

Terlebih, setelah aktivitas seharian, wajah dipenuhi dengan kotoran, minyak, kuman, dan bakteri. Sehingga, cuci muka saja tidak cukup.

Belum lagi, setelah itu kamu menggunakan skin care, dan tidur hingga pagi datang kembali.

Nah, menggunakan skin care dan tidur dengan kondisi wajah yang masih kotor, nyatanya malah bisa membuat kulit wajah bermasalah, seperti berjerawat.

Maka dari itu, kamu wajib tahu urutan membersihkan wajah yang benar. Sebelum mengetahui urutannya, yuk ketahui dulu hal-hal keliru yang masih sering dilakukan saat membersihkan wajah, terutama cuci muka.

Kebiasaan yang Salah saat Cuci Muka

  • Salah pilih produk cuci muka
  • Tidak mencuci tangan terlebih dahulu
  • Menggunakan suhu air yang salah
  • Mencuci muka sebelum keramas
  • Membilas secara terburu-buru
  • Kebiasaan menggosok wajah

Nah, mencuci wajah saja, masih bisa menimbulkan hal-hal yang membuat kulit tidak sehat. Apalagi, jika kamu hanya mengandalkan air dan sabun saja untuk membersihkan wajah.

(Baca Juga: Mengenal Perbedaan Facial Foam dan Facial Scrub)

Nah, agar tidak menimbulkan masalah kulit wajah, lebih baik ketahui urutan membersihkan wajah yang benar. Adapun, agar kulit wajah bersih, sebelum menggunakan skin care dan tidur.

Urutan Membersihkan Wajah yang Benar

1. Membersihkan wajah dengan makeup remover atau milk cleanser

Urutan membersihkan wajah yang benar pertama adalah, dengan membersihkan wajah menggunakan makeup remover atau milk cleanser.

Namun, sebelum melakukan hal tersebut, pastikan kamu mencuci tangan dengan sabun, hingga bersih. Sehingga, kotoran yang ada di tangan tidak berpindah ke wajah.

Selanjutnya siapkan makeup remover atau milk cleanser dan juga kapas kecantikan. Karena, untuk menghilangkan kotoran yang menempel di wajah tidak cukup dengan air dan sabun saja.

Terlebih, kotoran yang ada di wajah bukan hanya debu jalanan, minyak, atau keringat. Tapi juga bahan-bahan makeup yang sulit hilang, seperti foundation, eyeliner, maskara, lipstik, dan lainnya.

Nah, di sini kamu bisa memilih satu di antara dua pilihan, yakni menggunakan make up remover yang berbahan dasar minyak. Atau milk cleanser yang berbentuk seperti cream.

Selanjutnya, aplikasikan make remover atau milk cleanser dengan kapas, sambil dipijat. Pastikan, semua kotoran wajah terangkat dan meninggalkan bekas warna hitam di kapas.

Untuk memilih produk cleanser ini, disarankan hindari produk yang mengandung alkohol tinggi. Karena hal tersebut, bisa berisiko terjadinya gangguan pada kulit.

2. Mencuci muka dengan facial foam

Setelah wajah dibersihkan dengan cleansing, urutan membersihkan wajah yang benar selanjutnya adalah dengan mencuci muka dengan sabun, atau facial foam.

Nah, di kebanyakan orang biasanya hanya mengandalkan cara ini untuk membersihkan wajah, dan melewatkan tahap cleansing. Namun, sekali lagi, hal tersebut tidak dibenarkan.

Selanjutnya, dalam memilih sabun cuci muka juga wajib diperhatikan. Kamu bisa memilih sabun yang sesuai, dengan kebutuhan dan jenis kulit.

Misalnya, jika wajahmu cenderung berminyak dan berjerawat maka kamu bisa pilih facial foam yang mengandung oil control dan anti-bacterial properties, seperti tree tea oil.

Hindari menggunakan facial foam yang mengandung bahan pewangi sintetis, karena bisa mempengaruhi ke kesehatan kulit, terlebih untuk kulit yang sensitif.

Untuk cara, silahkan aplikasikan langsung facial foam ke wajah, sambil dipijat-pijat lembut, dan jangan digosok-gosok.

Selanjutnya, basuhlah wajah dengan air hangat. Pasalnya, suhu air yang hangat bisa membuat kotoran ikut hilang, terlebih minyak, namun jangan juga yang terlalu panas.

3. Membersihkan sel kulit mati dengan exfoliating toner

Urutan membersihkan wajah yang benar berikutnya, keringkan wajah dan bersihkan wajah dengan exfoliating toner.

Sebelum mengaplikasikan exfoliating toner, pastikan wajah sudah dikeringkan. Keringkan wajah dengan handuk lembut atau tisu wajah.

Hindari mengusap atau menggosok wajah ketika mengeringkannya dengan handuk. Kamu cukup menepuknya saja, agar terhindar dari iritasi kulit.

Setelah kering, kamu bisa langsung aplikasikan exfoliating untuk mengexfoliasi sel kulit mati. Sehingga kulit wajah benar-benar bersih dengan maksimal.

Di dalam exfoliating toner, biasanya mengandung acid, seperti lactic acid, atau salycic acid.

Adapun acid ini berfungsi merontokkan sel kulit mati, sehingga tidak menyumbat pori-pori wajah dan mencegah timbulnya jerawat.

4. Menggunakan pelembab

Urutan membersihkan wajah yang benar, dan menjadi urutan terakhir adalah menggunakan pelembab. Pasalnya, setelah melakukan exfoliasi wajah akan cenderung mengering.

Di sini, wajah perlu terhidrasi dan terjaga kelembabannya. Kamu bisa menggunakan produk pelembab, seperti hydrating toner.

Hydrating toner biasanya mengandung hyaluronic acid yang bisa memberikan kesegaran, menghidrasi kulit, hingga mengembalikan pH balance pada kulit.

5. Silahkan gunakan night care routine

Wajah sudah bersih, dengan urutan membersihkan wajah yang benar di atas. Setelah itu, kamu bisa langsung tidur, karena wajah sudah bebas bernapas selama malam hari.

Namun, jika kamu memiliki night care routine, sebaiknya lakukan, untuk menjaga kecantikan kulit. Seperti menggunakan serum, eye cream, moisturizer, night cream, hingga skin care lainnya sebelum tidur.

(Baca Juga: 15 Merek Sheet Mask Terbaik 2020)

Nah, itu dia beberapa informasi penting terkait urutan membersihkan wajah yang benar agar terhindar dari berbagai masalah, seperti berjerawat.

Adapun untuk bisa membiasakan hal tersebut, ada baiknya kamu selalu siap sedia dengan berbagai macam kebutuhannya.

Sebut saja seperti persediaan kapas wajah, toner, milk cleanser, sabun cuci muka yang tepat, hingga skin carenya.

Sehingga, ketika kamu tidur, kulit wajah bisa meregenerasi kulitnya dengan baik dan juga pori-pori bisa bernapas dengan bebas, tanpa tersumbat kotoran.

Adapun, berbagai kebutuhan wajah kini sudah banyak tersedia di berbagai e-commerce langgananmu. Mulai dari kapas, toner, facial foam, skin care, dan lainnya.

Bahkan, semua produk wajah tersebut bisa dibeli menggunakan kartu kredit agar kamu bisa lebih menghemat pengeluaran.

Pasalnya, berbelanja keperluan wajah di e-commerce menggunakan kartu kredit kamu bisa berkesempatan mendapatkan promo menarik, seperti diskon hingga cashback.

Belum Punya Kartu Kredit? Ajukan Saja di CekAja.com!

Di CekAja.com, kamu bisa mendapatkan produk kartu kredit, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan, secara online.

Ada banyak pilihan kartu kredit yang disediakan CekAja.com, dari berbagai bank ternama di Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan kartu kredit terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com, dan beli semua kebutuhan wajah dengan harga dan kualitas terbaik!