Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Kembangkan Bisnis dengan Pinjaman untuk Usaha Kecil Ini!

by Kyla Damasha on 1 Juli, 2020

Apakah kamu berniat untuk mengembangkan bisnis kecil yang tengah dijalani? Maka pinjaman untuk usaha kecil ini mungkin dapat sedikit membantu. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa merintis bisnis tidaklah semudah yang kita kira.

kembangkan usaha kecilmu dengan pinjaman ini

Selain kita harus bersaing dengan kompetitor, kita juga diharuskan untuk memiliki strategi yang matang dalam memenuhi kebutuhan pangsa pasar agar bisnis bisa tetap bertahan di tengah inovasi-inovasi baru yang bermunculan.

Seluruh perusahaan besar yang ada saat ini memulai segalanya dari nol atau dari usaha dalam skala kecil. Sebut saja seperti perusahaan sebesar Apple dan Amazon yang justru berawal dari garasi rumah. Maka dari itu, memiliki bisnis besar bukanlah suatu hal yang mustahil, selama kita memiliki tekad yang kuat dan tak takut untuk mencoba hal-hal baru.

Nah, mungkin kita semua sudah tahu bahwa modal merupakan kunci utama dalam membangun suatu bisnis. Tetapi, nyatanya kita juga bisa lho mengembangkan bisnis kecil yang sudah ada dengan cara menambahkan modal.

Walaupun tak dapat dipungkiri bahwa cashflow juga turut berpengaruh terhadap perkembangan bisnis, namun dengan adanya modal tambahan, kamu bisa menciptakan inovasi-inovasi baru yang sesuai dengan permintaan pasar sehingga membuat bisnis yang kamu miliki bisa berkembang dengan lebih cepat lagi.

Hanya saja, memang tidak semua bisnis kecil memiliki modal lebih untuk mengembangkan bisnis yang mereka miliki. Oleh karena itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa lembaga pinjaman online terpercaya yang menyediakan fasilitas pinjaman untuk usaha kecil. Yuk disimak bersama-sama.

Mengenal Kredit Usaha Rakyat

Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan sebuah layanan kredit yang diberikan oleh pemerintah melalui perbankan khusus untuk para pelaku usaha mikro, kecil, maupun menengah (UMKM). Mereka yang dapat mengajukan pinjaman ialah pelaku usaha yang dianggap memiliki prospek jangka panjang yang cerah namun belum bankable atau sulit mendapatkan kredit dari bank.

(Baca Juga: Perbandingan Pinjaman Online dan KTA untuk Modal Usaha)

Melalui KUR ini, pemerintah berupaya untuk mendorong rakyat untuk mencoba membuka usaha yang dapat membantu dalam meningkatkan perekonomian nasional, termasuk dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan mengentaskan kemiskinan.

Meliputi berbagai bidang usaha, jika kamu percaya bahwa bisnis yang tengah dijalani berpotensi dalam mendapatkan keuntungan, maka tak ada salahnya mencoba KUR ini untuk mengembangkan bisnis kecil yang tengah kamu bangun.

Bagaimana Cara Mendapatkan KUR?

Jika kamu ingin mengajukan pinjaman untuk usaha kecil melalui KUR, maka kamu juga perlu mengetahui tentang bagaimana cara mendapatkan KUR itu sendiri. Nah, dalam mendapatkan KUR, terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian.

Pertama, usaha yang kamu miliki harus dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas di daerah tempat kamu tinggal. Beberapa contohnya adalah seperti kerajinan tangan, produk olahan hasil bumi, peternakan, hingga pembibitan. Selain itu, pastikan pula bahwa bisnis yang kamu miliki telah berusia setidaknya 6 bulan.

Kedua, kamu juga harus mempersiapkan sejumlah dokumen yang dibutuhkan ketika pengajuan, seperti KTP, Kartu Keluarga, Keterangan Domisili, Legalitas Usaha (akta pendirian usaha), izin usaha (SIUP, TDP), laporan keuangan, proposal usaha, dan persyaratan lainnya yang diminta oleh bank terkait.

Setelah seluruh dokumen disiapkan, maka kamu bisa mulai mendatangi perbankan yang menyediakan layanan KUR ataupun ke lembaga pinjaman online dan perusahaan fintech terpercaya yang turut menyediakan layanan yang sama. Pada nantinya, pihak bank akan melakukan survei terlebih dahulu terhadap usaha yang tengah kamu jalani guna mengetahui apakah kamu layak mendapatkan KUR atau tidak.

Pinjaman untuk Usaha Kecil Tanpa Jaminan

Saat ini, mengajukan pinjaman untuk usaha kecil sudah tak perlu datang langsung ke bank karena sepenuhnya sudah bisa dilakukan secara online. Beberapa perusahaan lembaga pinjaman online bahkan memiliki layanan pinjaman untuk usaha kecil yang bisa kamu jadikan pilihan lho.

Walaupun dilakukan secara online, kamu tak perlu khawatir karena pada intinya kamu tetap mengajukan pinjaman pada bank terkait, hanya saja melalui pihak ke-3. Jika dibandingkan dengan mengajukan langsung ke bank, cara satu ini dapat dikatakan paling efektif karena dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, tanpa perlu ke luar rumah.

1. BRI

BRI - Kembangkan Bisnis dengan Pinjaman untuk Usaha Kecil Ini

Pinjaman untuk usaha kecil yang pertama adalah program KUR dari bank BRI. Bank BRI itu sendiri memang sering kali menjadi pilihan utama bagi para pelaku usaha karena berasal dari pemerintah. Selain itu, cicilan yang ditawarkan pun sangat rendah sehingga cocok untuk pelaku usaha kecil, menengah, maupun pemula yang baru merintis.

Terdapat tiga jenis KUR yang ditawarkan oleh BRI, yaitu:

A. KUR Mikro

Merupakan sebuah pinjaman untuk usaha kecil dengan permodalan maksimal Rp25 juta namun dianggap memiliki prospek jangka panjang yang menjanjikan sehingga dipercaya akan mampu membayar pinjaman.

Persyaratan

  • Bisnis harus aktif setidaknya minimal 6 bulan.
  • Tidak sedang menerima fasilitas kredit dari perbankan manapun kecuali untuk tujuan konsumtif.
  • Wajib melampirkan KTP, KK, dan Surat Izin Usaha.

Suku bunga sebesar 7 persen per tahun dengan plafon maksimal Rp25 juta dan tenor tiga tahun untuk Kredit Modal Kerja dan tenor lima tahun untuk Kredit Investasi.

B. KUR Ritel

Pinjaman untuk pelaku usaha dengan permodalan maksimal sebesar Rp500 juta dan biasanya dibangun dari kalangan menengah, sehingga berpotensi dalam membayar cicilan dengan suku bunga yang setara.

Persyaratan

  • Bisnis harus aktif berjalan selama minimal 6 bulan.
  • Tidak sedang menerima fasilitas kredit dari perbankan manapun kecuali untuk tujuan konsumtif seperti KKB, KPR, atau Kartu Kredit.
  • Memiliki Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau sejenisnya.
  • Wajib melampirkan KTP, KK, dan Surat Izin Usaha.

Suku bunga sebesar 7 persen per tahun atau 0,3 persen per bulan dengan plafon Rp25 juta – Rp500 juta dan tenor 4 tahun untuk Kredit Modal Kerja dan tenor lima tahun untuk Kredit Investasi.

C. KUR TKI

Sementara itu, KUR TKI adalah suatu bentuk permodalan yang diberikan pemerintah kepada tenaga kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri sebagai modal awal dalam sejarah perjalannya menuju ke negeri yang dituju.

Persyaratan

  • Aktif sebagai TKI dengan penempatan di Malaysia, Brunei Darussalam, Korea Selatan, Taiwan, dan Hongkong.
  • Wajib melampirkan KTP, KK, Paspor, dan Visa.
  • Memiliki perjanjian kerja dengan pengguna jasa atau penempatan kerja.

Suku bunga sebesar 7 persen per tahun atau 0,3 persen per bulan dengan jumlah pinjaman maksimal Rp25 juta dan tenor maksimal selama 3 tahun atau sesuai dengan kontrak kerja sebagai TKI (Tenaga Kerja Indonesia).

2. Mandiri

Mandiri - Kembangkan Bisnis dengan Pinjaman untuk Usaha Kecil Ini

Pinjaman untuk modal kecil selanjutnya adalah dari bank Mandiri. Karena mendapatkan subsidi dari pemerintah, maka tak heran apabila bunga yang dibebankan juga cenderung rendah. Terdapat empat jenis KUR yang ditawarkan, yaitu KUR Mikro, KUR Ritel, KUR TKI, dan KUR Khusus yang ditujukan untuk kelompok yang dikelola secara bersamaan dengan menggunakan Mitra Usaha.

Persyaratan

  • WNI dengan rentang usia 21 tahun – 55 tahun atau bagi yang sudah menikah.
  • Memiliki usaha produktif yang layak dan telah berjalan minimal 6 bulan.
  • Tidak sedang mendapatkan fasilitas pinjaman dari bank lainnya kecuali untuk tujuan konsumtif, seperti KRP, KKB, ataupun kartu kredit.
  • Wajib melampirkan fotocopy e-KTP, KK, Akta Nikah (jika sudah menikah), NPWP (untuk pinjaman diatas Rp49 juta), dan Surat Keterangan Usaha dari Desa/Kecamatan.

Suku bunga sebesar 7 persen per tahun dengan plafon mulai dari Rp5 juta – Rp200 juta dan jangka waktu pengembalian 12, 24, 36, hingga 48 bulan.

3.  Koinworks

Koinworks - Kembangkan Bisnis dengan Pinjaman untuk Usaha Kecil Ini

Berbeda dengan sebelumnya yang merupakan bagian dari perbankan, Koinworks merupakan sebuah perusahaan financial technology (fintech) P2P lending yang juga turut menyediakan pinjaman untuk usaha kecil dan menengah, dengan proses pengajuan yang sepenuhnya dilakukan secara online.

Persyaratan

  • Warga Negara Indonesia (WNI) dengan usia minimal 21 tahun.
  • Bisnis yang dijalani sudah berusia setahun
  • Wajib melampirkan SIUP, TDP, dan NPWP serta mutasi rekening selama 3 bulan terakhir.

Suku bunga sebesar 0,75 – 1,67 persen per bulan dengan beberapa biaya tambahan lainnya, yaitu biaya persetujuan kredit 2 – 4 persen, biaya asuransi jiwa 0,24 persen, dan biaya administrasi sebesar Rp100 juta.

Sementara itu, untuk plafon minimal Rp10 juta dan maksimal Rp2 miliar dengan jangka waktu peminjaman 6 bulan – 24 bulan lamanya.

4. CekAja.com

CekAja com - Kembangkan Bisnis dengan Pinjaman untuk Usaha Kecil Ini

Pinjaman untuk usaha kecil yang akan kita bahas terakhir adalah CekAja.com yang merupakan sebuah platform pelayanan jasa keuangan yang hadir untuk memberikan bantuan dalam menyelesaikan seluruh permasalahan finansial yang tengah terjadi, salah satunya yaitu pinjaman untuk mengembangkan modal usaha.

Persyaratan

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang juga berdomisili di Indonesia
  • Usia bisnis yang tengah dijalani minimal 2 tahun di lokasi dan bidang yang sama
  • Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah dan maksimal 60 tahun ketika kredit lunas.
(Baca Juga: Pinjaman Bank Mandiri untuk Modal Usaha)
  • Tidak sedang mendapatkan fasilitas kredit dari perbankan manapun kecuali untuk tujuan konsumsi.
  • Wajib melampirkan KTP, KK, Surat Nikah (bagi yang sudah menikah), NPWP (untuk pinjaman diatas Rp50 juta), SIUP, SKDU, Surat Keterangan Usaha dari Desa/Kecamatan, Surat Izin Usaha, fotocopy mutasi rekening tabungan selama 6 bulan terakhir.

Dengan suku bunga yang bersaing, di CekAja.com kamu tak hanya bisa mengajukan pinjaman untuk usaha kecil saja lho, melainkan kamu juga dapat melakukan perbandingan tentang produk pinjaman manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

Selain itu, kamu bahkan juga bisa memilih jangka waktu pelunasan sehingga tak perlu khawatir lagi dengan cicilan. Hanya bermodalkan akses internet dan laptop saja, kamu sudah bisa mengajukan pinjaman modal usaha secara online dimanapun dan kapanpun dengan waktu pencairan dana yang hanya membutuhkan beberapa hari saja.

Tengah membutuhkan modal tambahan untuk mengembangkan bisnis kecil yang dijalani? Janganlah khawatir! Ajukan saja hanya di CekAja.com.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda