Jenis Kerugian yang Ditanggung Asuransi Kendaraan Mobil

Dengan risiko kerusakan mobil yang tinggi, kamu wajib tahu jenis kerugian yang ditanggung asuransi kendaraan mobil. Untuk kamu yang penasaran, bisa di simak di bawah ini!

Jenis Kerugian yang Ditanggung Asuransi Kendaraan Mobil


Memiliki mobil merupakan impian banyak orang. Bagi penggunanya, mobil memberikan kemudahan dalam transportasi serta rasa aman dan nyaman dalam perjalanan.

Namun, setelah memilikinya, terdapat banyak hal lain yang harus diperhatikan dalam merawatnya. Mulai dari pengecekan mesin secara berkala, perawatan mobil, dan yang terpenting memiliki asuransi kendaraan mobil.

Asuransi kendaraan mobil penting karena dapat melindungi kamu dari kerugian finansial akibat kejadian tidak diinginkan menimpa mobilmu.

Untuk mengetahui pentingnya asuransi kendaraan mobil, yuk intip jenis kerugian yang ditanggung asuransi kendaraan mobil. Jangan lupa dicatat ya!

(Baca Juga: 5 Ciri Asuransi Mobil All Risk Terbaik)

Kerugian yang Ditanggung Asuransi Kendaraan Mobil

1. Kebakaran

Terjadinya kebakaran pada mobil tentu akan menimbulkan kerugian besar. Tapi tenang, kerusakan akibat terbakar merupakan salah satu jenis kerugian yang ditanggung asuransi kendaraan mobil.

Asuransi dapat menanggung kerugian akibat kebakaran dengan beberapa penyebab seperti kebakaran akibat sambaran petir atau kebakaran akibat terbakarnya benda lain di sekitar mobil.

Selain itu, kerugian yang ditanggung asuransi kendaraan mobil juga bisa diklaim apabila terjadi kerusakan mobil akibat air yang digunakan untuk mencegah atau memadamkan kebakaran.

2. Kecelakaan

Risiko kecelakaan dalam berkendara merupakan salah satu risiko tertinggi terjadi kerusakan pada mobil. Untungnya kerugian yang ditanggung asuransi kendaraan mobil mencakup kecelakaan sebagai penyebab kerusakan.

Bentuk kecelakaan yang dapat terjadi antara lain tabrakan, benturan, tergelincir, atau mobil terbalik. Kerugian yang dihadapi dari kecelakaan dapat bervariasi mulai kerusakan ringan hingga kerusakan berat.

Kamu harus berhati-hati dalam berkendara ya karena asuransi hanya akan menanggung kerugian apabila pengemudi tidak bertanggungjawab atas kecelakaan yang terjadi.

Agar bisa ditanggung, pengemudi harus dalam kondisi prima. Saat berkendara, pengemudi wajib menaatai aturan lalu lintas, berada di jalur kendaraan yang sesuai, serta menjaga jarak dengan kendaraan lainnya.

3. Pencurian

Pencurian dalam mobil kerap terjadi baik di siang hari maupun di malam hari. Karena tingginya kemungkinan ini, maka pencurian termasuk dalam kerugian yang ditanggung asuransi kendaraan mobil.

Pencurian baik secara spontan atau didahului dengan ancaman dan kekerasan dapat ditanggung kerugiannya oleh asuransi kendaraan mobil.

Ganti rugi kehilangan kendaraan mungkin tidak akan sebesar harga saat pembelian mobil, tetapi senilai harga pasar mobil kamu saat kejadian

Selain menanggung kerugian mobil yang hilang, ganti rugi berupa santunan terhadap barang berharga di dalam mobil juga bisa didapatkan selama mengikuti peraturan dari pihak asuransi.

4. Kerusakan Akibat Perbuatan Jahat

Tentu kita ingin terhindar dari perbuatan jahat yang dapat dilakukan kepada mobil kita. Namun, jika hal ini terjadi, tidak perlu khawatir karena kerusakan ini juga bagian dari kerugian yang ditanggung asuransi kendaraan mobil.

Bentuk kerusakan akibat perbuatan jahat antara lain pencoretan, perusakan bodi mobil dengan dibaret, pemukula dengan benda tumpul, dan lain-lain.

Perlu diingat bahwa pelaku kerusakan ini tidak boleh berasal dari keluarga terdekat. Dalam klaim asuransi, perlu dilakukan pelaporan kepada polisi dengan kronologi yang jelas.

5. Kerusakan di Atas Kapal

Jika kamu bepergian ke luar pulau dengan mobil, kemungkinan besar kamu perlu memindahkan mobil ke atas kapal agar dapat menyebrang.

Kerusakan yang terjadi di atas kapal dapat diganti karena termasuk dari kerugian yang ditanggung oleh asuransi kendaraan mobil.

Namun perlu diingat bahwa kerugian yang ditanggung oleh asuransi kendaraan mobil hanya berlaku bagi kapal yang berada di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Selain kerusakan yang terjadi di atas kapal seperti benturan atau tubrukan di dalam perjalanan, kerugian yang ditanggung oleh asuransi kendaraan mobil juga mencakup kehilangan atau kerusakan karena kecelakaan kapal.

6. Kerusakan Akibat Ledakan atau Kerusuhan

Demo, kerusuhan, dan ledakan bisa terjadi kapan pun tanpa kita duga. Maka dari itu, kerusakan ini juga termasuk dalam kerugian yang ditanggung oleh asuransi kendaraan mobil.

Kerusakan ini masuk ke dalam bagian dari penanggulangan SRCC (Strike, Riot, and Civic Commotion). Kerugian yang disebabkan oleh kejadian ini bisa berakibat fatal baik untuk kamu maupun kendaraan termasuk mobil.

Paket SRCC ini biasanya harus kamu tambahkan ke dalam bagian dari asuransimu. Jika kamu terjebak dalam situasi berbahaya seperti ini, segera foto keadaan mobilmu dan berlindung ke tempat aman.

(Baca Juga: Tips Mendapat Keuntungan Asuransi Mobil)

Kini kamu telah mengetahui jenis kerugian yang ditanggung asuransi kendaraan mobil. Tentu kamu perlu tetap berhati-hati dalam berkendara ya untuk menghindari risiko yang berbahaya.

Mengapa penting memiliki asuransi mobil terbaik? Karena terdapat banyak risiko yang tidak terduga dalam berkendara menggunakan mobil.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih produk asuransi kendaraan. Untuk kamu yang baru pertama kali mengajukan asuransi, sebaiknya simak tips memilih asuransi kendaraan berikut ini:

Memilih Asuransi Kendaraan Terbaik

  • Pilih produk dengan bayaran premi yang sesuai dengan manfaat yang didapatkan. Jangan hanya tergiur dengan premi bulanan yang murah saja.
  • Ketahui detil manfaat asuransi kendaraan.
  • Pahami jenis kerugian yang ditanggung asuransi kendaraan mobil dengan baik
  • Pilih produk asuransi kendaraan yang mudah diajukan, misalnya lewat pengajuan online tanpa survey.
  • Fasilitas tambahan bisa menjadi pertimbangan. Misalnya asuransi kendaraan yang memiliki manfaat pick-up and delivery service, fasilitas mobil penderek, ambulans, emergency roadside assistance, dan lain sebagainya.
  • Pastikan lembaga keuangan yang dipilih sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai penyedia produk asuransi kendaraan.

Itulah tips memilih asuransi kendaraan terbaik bagi kamu yang sedang mencari proteksi untuk mobilmu. Terdapat banyak layanan asuransi kendaraan di Indonesia yang bisa kamu pilih.

Tiap asuransi kendaraan memiliki polis dengan premi yang berbeda-beda. Kamu harus memperhatikan layanan yang ditawarkan untuk mengetahui asuransi yang tepat untuk kendaraanmu.

Agar lebih mudah dalam menemukan asuransi kendaraan terbaik sesuai kebutuhan dan budgetmu, CekAja.com hadir untuk membantu kamu membandingkan kualitas layanan asuransi kendaraan.

Selain itu, CekAja.com memudahkan proses pengajuan asuransi secara online sehingga proses pengajuannya tentu lebih praktis, cepat, dan aman.

Gimana, tertarik mengajukan? Yuk langsung lindungi mobilmu dengan pilih asuransi mobil di CekAja.com.