Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Khatam Cara Cek Kurs Mata Uang, Bekal Utama Investasi Dolar

by Sindhi Aderianti on 5 April, 2019

Butuh menukar rupiah dengan mata uang asing, atau sebaliknya? Hal pertama yang perlu kamu lakukan, tentunya memahami cara cek kurs mata uang itu sendiri.

pinjaman bisnis - CekAja.com

Kurs erat kaitannya dengan kegiatan tukar-menukar uang asing yang ada di  bank atau money changer. Selain untuk keperluan pribadi, cara cek kurs mata uang juga perlu dimengerti untuk memantau pergerakan nilai tukar yang sering berubah-ubah dalam hitungan jam.

Jangan heran, perubahan ini terjadi karena adanya interaksi antara permintaan dan penawaran suatu mata uang akibat transaksi internasional. Bila permintaan terhadap USD naik, otomatis ketersediaanya menjadi semakin langka dan mahal.

(Baca juga: Berhutang Tapi Hasilkan Uang? Begini Caranya)

Ada beberapa faktor yang menyebabkan mekanisme permintaan dan penawaran mata uang selalu berubah, yaitu perbedaan tingkat inflasi antar negara, perbedaan tingkat suku bunga antar negara, kondisi neraca perdagangan, hutang publik, hingga stabilitas politik dan ekonomi.

Beda kurs jual dan beli

Jika mendatangi sebuah money changer, pasti kamu sering menemukan istilah ‘kurs jual’ dan ‘kurs beli’. Hal yang paling terlihat adalah perbedaan harganya. Sering kali, kurs beli selalu lebih rendah dibanding kurs jual. Agar lebih jelas untuk dipahami, berikut definisi beserta contohnya:

  • Kurs jual yaitu kurs yang digunakan apabila bank/money changer menjual uang asing atau apabila kamu akan menukarkan rupiah dengan uang asing yang kita butuhkan.

Contoh: Dalam waktu dekat, kamu memerlukan USD sebagai mata uang yang diakui untuk traveling ke Amerika Serikat. Berhubung kamu pemilik rupiah, sedangkan bank atau money changer pihak penjual, maka dalam kondisi ini yang berlaku adalah kurs jual.

Jadi, berapa USD yang akan kamu dapatkan jika menukarkan katakanlah Rp60 juta?

Rp60.000.000 : Rp14.176 per dolar = USD4.232

  • Kurs beli adalah kurs yang digunakan apabila bank/money changer membeli uang asing atau apabila kamu akan menukarkan uang asing yang kita miliki dengan rupiah.

Contoh: Sepulang dari Amerika Serikat, ternyata uangmu masih sisa USD1.000. Agar bisa digunakan untuk bertransaksi di Indonesia, kamu harus menukarkan kembali dengan rupiah. Sebagai pihak yang akan menukar mata uang asing, sementara bank atau money changer kali ini pembelinya, maka yang berlaku adalah kurs beli.

Jadi, berapa rupiah yang akan kamu dapatkan jika menukarkan USD1.000?

USD1.000 x Rp14.176 per dolar = Rp14.176.000

Maka dari itu, tidak selamanya yang tertulis USD1 = Rp14.176 berarti nilai tukarnya sebesar itu. Semua tergantung lagi dengan ‘aturan’ kurs jual dan kurs beli tadi.

Apakah saat menukarkannya kamu pihak pembeli atau penjual? Itu yang menentukan.

Cara cek kurs mata uang

Banyak cara cek kurs mata uang yang bisa ditempuh. Mengunjungi bank atau money changer untuk sekadar mengetahui nilai kurs yang berlaku tidak mungkin dilakukan setiap saat.

Maka untuk memudahkan setiap orang mengetahui berapa harga dolar dan mata uang lain yang dibutuhkan, berikut cara cek kurs mata uang lewat beberapa alternatif termudahnya:

1. Currency App

Pertama, kamu bisa mengecek kurs mata uang dengan aplikasi bernama Currency App. Aplikasi konversi mata uang ini mendukung lebih dari 180 mata uang dan diperbarui dengan kurs terbaru setiap menit, yang praktis. Tarif dan grafik yang disediakan oleh Yahoo Finance.

2. Mesin pencarian

Ketika ingin cek kurs mata uang asing, mesin pencari seperti Google juga bisa diandalkan. Cukup masukkan saja 2 kode ISO 4217 mata uang asing yang ingin kamu ketahui harga atau nilai konversinya.

Contoh, kamu hendak mengecek kurs dolar AS hari ini berapa rupiah, maka input-lah kata kunci “USD to IDR”, lalu klik enter. Seketika itu juga akan langsung keluar hasilnya.

3. Website resmi bank

Sebagai lembaga keuangan yang salah satu fungsinya untuk menyimpan dan meminjamkan uang, bank juga memberikan informasi harga kurs uang asing yang bisa dilihat secara gratis di halaman situs resminya.

4. Untung besar investasi dolar

Investasi merupakan salah satu metode yang bisa kamu pilih untuk menambah pundi-pundimu. Berbicara mengenai kurs mata uang, salah satu investasi yang menguntungkan adalah dengan membuka tabungan dolar Amerika Serikat. Investasi tabungan dolar juga relatif mudah dilakukan terutama bagi kamu yang tergolong pemula dalam urusan investasi.

(Baca juga: Intip Cara Cari Duit Tambahan Buat Para Guru Honorer)

Untuk memulainya, pertama kamu disarankan untuk membeli dolar secara rutin. Dengan membeli sebulan sekali, nilai dolar milikmu tidak akan terpatok pada satu harga saja.

Lalu targetkan margin keuntungannya, katakanlah minimal 5 persen. Artinya ketika kurs beli dolar menjadi minimal Rp13.500, kamu bisa segera menukarkan dolar tersebut dengan rupiah.

Namun, jika kamu ingin investasi yang imbal hasilnya lebih terukur, mengapa tidak mencoba berinvestasi di reksa dana yang bisa kamu beli lewat CekAja?

Begitulah sekilas info mengenai kurs mata uang asing beserta peluang investasinya. Jangan lupa untuk selalu melakukan cek kurs mata uang, supaya investasi dolar kamu kelak dapat lebih terpantau.

 

 

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.