Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Kiat Belanja Hemat di IKEA, Cek di Sini!

by Achmad Fauzi on 19 Juli, 2018

Di era zaman now ini membeli sebuah furnitur sangatlah mudah. Anda bisa membeli barang di rumah secara online. Meski begitu, keberadaan toko furnitur juga tetap diperlukan banyak orang. Dengan membeli barang di toko, Anda bisa melihat dan menguji barang tersebut. Sehingga, Anda bisa mendapatkan furnitur dengan kualitas yang diinginkan.

Salah satu toko yang menyediakan banyak furnitur adalah IKEA. Di IKEA, berbagai macam furnitur rumah seperti bangku, meja, dan lemari dengan berbagai merek tersedia. Selain itu, di IKEA, juga terdapat contoh desain ruangan yang bisa memberikan ide untuk Anda. Nah, berikut tip berbelanja furnitur di IKEA.

Datang di waktu yang tepat

Saat ini, toko IKEA di Indonesia hanya ada di Alam Sutera, Serpong, Tangerang. Anda harus tahu waktu yang tepat sebelum berkunjung ke IKEA. Usahakan, datang setelah IKEA baru buka pada pukul 10.00 WIB. Karena pada waktu itu, belum banyak pengunjung, sehingga Anda bisa lebih puas untuk mencari furnitur yang diinginkan.

Selain itu, usahakan tidak mengunjungi IKEA pada saat tanggal gajian yaitu tanggal 25 atau awal bulan. Sebab, pada waktu itu, pegawai swasta atau PNS akan berbondong-bondong ke IKEA. Sehingga, Anda tidak leluasa untuk memilih furnitur yang diinginkan.

Anda juga bisa datang disaat tersedia produk baru. Biasanya di awal tahun IKEA Alam Sutera memberikan diskon untuk menghabiskan stok lama. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan momen itu untuk membeli furnitur dengan harga yang relatif murah.

(Baca juga: INFOGRAFIS: 4 Pengeluaran Terbesar Anak Sekolah dan Kiat Mempersiapkan Dananya)

Bandingkan kualitas dan harga furnitur

Sebelum membeli furnitur di IKEA, Anda harus membandingkan kualitas dan harga furnitur. Anda hanya perlu mencoba furnitur tersebut, misalnya kasur, sofa, dan kursi makan, Anda perlu mencoba dengan cara mendudukinya. Dengan begitu, Anda bisa tahu furnitur mana yang kualitasnya paling tinggi.

Selain itu, Anda juga perlu membandingkan harga dari furnitur itu sendiri. Anda bisa lihat harga-harga funitur di situs IKEA Indonesia dan membandingkannya dengan berbagai merek. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan harga terbaik saat membeli furnitur di IKEA.

(Baca juga: Fakta-fakta tentang Leukimia yang Serang Anak Denada)

Catat produk yang ingin dibeli

Karena banyak furnitur yang tersedia, maka Anda harus mencatat produk furnitur yang ingin dibeli. Anda bisa mencatatnya di rumah atau di toko IKEA sendiri. Sebab, IKEA menyediakan daftar belanja dan pensil. Dengan begitu, Anda tidak perlu mencari mondar-mandir terlalu lama, karena Anda telah mencatat furnitur yang ingin dibeli.

Selain itu, setiap produk di IKEA dilengkapi dua label, yakni label berwarna merah dan kuning. Label berwarna merah menandakan Anda dapat membawa sendiri produk tersebut. Sementara itu, label kuning berarti Anda disarankan untuk menghubungi pegawai dengan meninggalkan nama dan nomor produk.

(Baca juga: 5 Jurus Atur Keuangan Keluarga)

Rakit sendiri furnitur di rumah

Setelah membeli furnitur yang diinginkan, maka janganlah coba merakit di toko IKEA. Karena akan merepotkan Anda untuk membawanya. Maka dari itu, Anda harus merakit sendiri di rumah. Jangan takut salah, karena terdapat petunjuk yang bisa memudahkan Anda merakit furnitur. Dengan begitu, Anda bisa langsung menggunakan furnitur di rumah.

Usahakan juga untuk membawa furnitur sendiri. Karena jika Anda menggunakan layanan pengiriman dari IKEA akan menambah biaya lagi. Sehingga, pengeluaran Anda semakin banyak

Kembalikan barang jika belum puas

Anda bisa mengembalikan furnitur ke toko IKEA jika Anda tidak merasa puas. Persyaratannya, hanya dengan menyerahkan bukti pembelian dan kemasan furnitur tersebut. Furnitur bisa dikembalikan dalam rentang waktu 30 hari dari waktu membeli. Dengan begitu, Anda dapat memilih kembali furnitur yang bisa memuaskan dan sesuai dengan keinginan.

(Baca juga: Pertama Kali Tingkat Kemiskinan RI di Level Terendah Sejak 1999)

Manfaatkan kartu kredit

Anda bisa memanfaatkan kartu kredit untuk membayar furnitur yang dibeli. Apalagi, banyak promo-promo yang ditawarkan saat Anda menggunakan kartu kredit. Selain itu, dengan kartu kredit, Anda bisa mendapatkan fasilitas cicilan yang tentunya akan meringankan Anda.

Namun, jika Anda belum memiliki kartu kredit, maka tak perlu khawatir. Anda bisa mengajukan kartu kredit secara cepat dan mudah di CekAja.com.

E-commerce finansial nomor satu di Indonesia ini menyediakan kartu kredit dari berbagai bank. Yuk mulai dari sekarang ajukan kartu kredit Anda di CekAja.com‎.

(Baca juga: Ini 5 Bisnis Makanan Selebritis Indonesia, Cek di Sini!)

Tentang Penulis

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.