Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Lakukan Langkah Ini Agar Angsuran Bank Kamu Lancar!

by Satrya Agung on 30 Oktober, 2016

Begitu permohonan pinjaman kita disetujui oleh pihak Bank rasanya senang bukan kepalang. Tak jarang pula berbagai godaan mulai datang menyerang. Bawaannya segera ke mall untuk belanja. Jika ini kita biarkan maka efeknya akan kepada angsuran bank yang tersendat. Tentu Kamu tak ingin terjadi, bukan?

Lalu apa yang harus kita lakukan agar semua perencaan cicilan bank yang telah kita hitung bisa tetap terbayar tepat pada waktunya? Berikut kami akan berikan sedikit wejangan agar Kamu tidak khilaf dalam membelanjakan uang hasil pinjaman bank tersebut.

Sisihkan dana untuk tagihan di beberapa bulan kedepan

Untuk itu sebaiknya sebelum Kamu mengajukan pinjaman, setelah Kamu meghitung berapa banyak uang yang dibutuhkan tambahkan beberapa rupiah. Jika besar pinjaman yang dibutuhkan 10 juta dengan cicilan 500 ribu, maka tambahkan Rp. 1.500.000 lagi sehingga total pinjaman berjumlah Rp. 11.500.000. Kelebihan ini bisa digunakan untuk menyisihkan angsuran cicilan pinjaman Kamu.

Saat pengajuan pinjaman KTA disetujui dan telah dicairkan, maka segera sisihkan Rp. 1.500.000 tadi guna pembayaran cicilan untuk tiga bulan kedepan. Meski Kamu telah memperhitungkan bahwa untuk angsuran tersebut dari gaji bulanan, namun dengan menyisihkan begini Kamu akan jauh lebih tenang.

Tapi ingat, tetap bayarkan tagihan dengan uang gaji yang sudah dipersiapkan. Ini hanya sebagai jaga-jaga jika nanti terjadi hal yang tak diinginkan dan Kamu mempunyai persiapan setidaknya untuk tiga bulan hingga keuangan Kamu kembali stabil.

Segera alokasikan dana seperti rencana

Pengajuan pinjaman didasari kebutuhan yang mendesak dan oleh karena itu gunakan juga untuk kebutuhan tersebut. Jangan terbawa hawa nafsu sehingga Kamu terlena dan malah membelanjakan untuk kepentingan lain. Kalau Kamu meminjam dana tunai di bank untuk renovasi rumah, maka segera alokasikan untuk renovasi rumah.

Sesuaikan tanggal jatuh tempo dengan tangal gajian

Cara ini akan memberi shock terapi dan membuat Kamu akan selalu membayar angsuran bank tepat waktu. Bagaimana tidak, tanpa sadar Kamu menanamkan mind set bahwa setiap kali gajian ada utang yang harus dibayarkan.

Autodebet!

Alasan yang paling klise ketika bayar utang adalah “Lupa”. Kalau saja lupa bayar utang pada teman saja atau bahkan keluarga akan berimbas tidak percaya lagi, apalagi dengan bank. Kalau dengan teman A sudah tidak dipercaya, mungkin Kamu bisa datang ke teman B atau yang lain. Tapi beda cerita kalau berurusan dengan bank.

Saat catatan utang Kamu sudah buruk, maka nama Kamu pun akan jelek di mata semua bank. Karena ketika Kamu mengajukan pinjaman lagi ke bank lain, maka pihak bank yang bersangkutan akan melakukan BI Checking. Dan di sinilah pangkal balanya akan bergulir.

Untuk itu gunakan fitur autodebit ini agar tidak ada lagi alasan lupa bayar tagihan bank Kamu

Jangan ambil hutang baru

Bayar tagihan lancar, kartu kredit aman, dan sisa gaji masih ada. Meski demikian jangan membuat Kamu berpikir untuk membuat hutang baru. Bersabarlah. Selesaikan saja hutang yang terdahulu. Jangan sampai nanti Kamu terlilit utang karena salah perhitungan.

Percaya atau tidak, bank pun tak mau nasabah mereka terkena kredit macet. Pada dasarnya setiap orang hanya mampu menyisihkan 30% dari pendapatan mereka untuk membayar semua tagihan dan angsuran bank. Lebih dari itu, niscaya kehidupan finansial Kamu akan mulai morat-marit.

Jika Kamu telah menerapkan langkah-langkah di atas maka Kamu telah berada di jalan yang benar. Semat!

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.