Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Laris Manis, Ini 5 Bisnis Fashion Wanita yang Paling Diminati

by Sindhi Aderianti on 19 Oktober, 2018

Bisnis pakaian wanita semakin kompetitif. Dari segi peluang memang tidak pernah surut, terlebih zaman sekarang semua kaum hawa selalu ingin tampil modis.

wanita belanja - CekAja.com

Baik itu remaja, dewasa, hingga ibu rumah tangga sekalipun. Rasanya setiap buka lemari, seakan tidak ada baju yang bisa dikenakan lagi. Saking hampir setiap harinya harus bergonta-ganti pakaian.

Jenis pakaian yang digandrungi pun beragam, menyesuaikan dengan karakter dan minat target pasarnya. Industri ini bisa dibilang akan sulit punah, tapi dibalik itu pebisnis tetap membutuhkan banyak inovasi baru agar fashion item yang mereka jual terus up to date.

Cara memperkaya ide yang ditempuh bisa dimulai dengan rajin melihat akun media sosial para influencer, cek pesaing, dan menghadiri acara fashion show.

Apa saja kira-kira bisnis pakaian yang paling diminati saat ini? Berikut 5 referensinya untuk Anda yang ingin menjadi seorang fashionpreneur. Cek yuk !

(Baca juga: 5 Kiat Sukses Bisnis Sayur Organik)

1. Fashion hijab

Populasi hijaber yang kian meningkat dari tahun ke tahun, membuat bisnis fashion hijab di Indonesia ikut terdongkrak. Minimal seminggu sekali, pusat perbelanjaan yang menjual pakaian wanita berhiab tak pernah sepi pembeli.

Belum lagi di momen-mome tertentu seperti Ramadan dan Idul Fitri. Item yang dijual pun bukan hanya jilbab atau kerudung saja, lho. Melainkan termasuk baju, celana, dress, sampai aksesoris.

Untuk pakaian dan hijab, Anda bisa mulai dengan modal Rp10 juta untuk membeli bahan serta ongkos jahitnya. Sedangkan item lain seperti aksesoris, cukup mengambilnya dari supplier saja. Cari model pakaian hijab yang sedang tren.

Pertimbangkan juga kemudahan saat mengenakannya, semisal lengan baju yang mudah digulung untuk berwudhu atau pinggang celana berbahan karet agar muat kenakan pada ukuran tubuh apapun.

2. Kebaya ready to wear

Bingung mau pakai apa ke nikahan teman atau keluarga? Ini masalah yang sering terjadi pada wanita. Kalau harus menjahit kebaya, pasti harus sabar menunggu sampai jadi.

Butuh waktu bermingu-minggu hingga sebulan lamanya. Nah, di sini lah letak peluang bisnis Anda untuk membuat brand kebaya ready to wear.

Dengan konsep ready to wear, pelanggan tidak perlu lagi menunggu proses penjahitan. Tinggal beli model yang disuka sesuai ukuran, langsung bisa dipakai.

Maka dari itu, Anda perlu menyiapkan beberapa model kebaya beserta kain dengan masing-masing ukuran S, M, L, dan XL. Bila perlu agar memperluas pasar, tambahkan ukuran big size tapi tentunya dengan harga berbeda.

(Baca juga: Ingin Bisnis Ternak? 5 Hewan Ini Pilihannya)

3. Nursing wear

Bagi ibu yang aktif, pemilihan baju menyusui tentu amatlah sangat penting.  Maka itu bisnis pakaian nursing wear dengan berbagai model dan motif akan cukup menarik banyak pembeli.

Berbeda dengan baju pada umumnya, nursing wear memiliki celah pada bagian samping payudara untuk memudahkan proses menyusui. Pilih bahan baby terry yang lembut, lentur dan mampu menyerap air.

Tak melulu harus model baju sehari-hari, Anda juga bisa membuat inovasi nursing wear lain seperti baju pesta. Selain menyusui jadi mudah, para ibu pun bisa tampil modis kapanpun ia inginkan. Dijamin laris manis!

4. Beachwear

Banyaknya wanita Indonesia yang hobi ke pantai juga bisa Anda manfaatkan untuk membuka bisnis pakaian ala summer. Beachwear, begitu sebutannya terdiri dari bermacam-macam jenis. Jika pada umumnya orang lain menjual bikini atau one piece saja, tambah item lain.

Tujuannya lagi-lagi untuk memperluas pangsa pasar. Seperti baju renang muslim contohnya, wanita berhijab jadi tergiur untuk ikut membeli brand Anda. Perlengkapan lain termasuk topi, atau sunglasses pun tidak kalah menariknya.

Semakin lengkap produk yang dijual, tentu semakin banyak pelanggan yang Anda dapat nantinya.

5. Piyama

Dahulu, baju tidur mungkin kurang diminati karena modelnya yang terkesan kuno. Tapi sekarang, image tersebut sudah berubah. Awalnya tren berpiyama modis ini marak di Amerika.

Supermodel Gigi Hadid pun sempat tertangkap kamera keluar rumah dengan piyama bermotif garis-garis hijau. Semenjak itu, orang-orang semakin tertarik membeli piyama. Bisnis piyama dengan berbagai warna, motif, dan bahan otomatis menjadi peluang binsi baru yang menguntungkan.

Demikian 5 bisnis pakaian yang belakangan ini sedang tren. Jangan sia-siakan kesempatan besar ini untuk ikut memulai usaha. Tentukan jenis bisnis pakaian mana yang paling menarik bagi Anda, sesuaikan modal usahanya, dan bersiaplah kebanjiran pelanggan.

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami