Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Lebih Hemat Belanja Kado Natal dengan 6 Tip Berikut

by JTO on 18 Desember, 2017

Kado Natal - CekAja

Agar aktivitas belanja kado Natal bisa dilakukan tanpa menguras kantong atau lebih hemat, inilah cara yang bisa dilakukan.

Perayaan Natal semakin semarak melalui kegiatan saling berbagi yang dilakukan dengan saling bertukar hadiah atau kado. Mulai dari sesama anggota keluarga, sesama teman atau sahabat, atau pasangan; kegiatan yang menjadi simbol berbagi kebahagiaan ini seakan menjadi ritual yang tidak bisa dilepaskan dari perayaan Natal.

Pertanyaannya, bagaimana kita dapat terus melakukan kegiatan tersebut meski bujet sedang dalam kondisi terbatas? Jangan khawatir, sebab ada banyak cara yang bisa dilakukan. Bahkan tanpa menghilangkan makna dari aktivitas berbagi kebahagiaan tersebut. Bagaimana caranya, berikut adalah beberapa tip yang bisa dilakukan:

Tetapkan daftar penerima kado

Siapa saja yang akan kita beri hadiah di perayaan Natal tahun ini? Pertanyaan pertama ini penting, sebab dengan mengetahui jawabannya, kita pun langsung bisa berhitung berapa pengeluaran yang dibutuhkan untuk belanja kado Natal secara keseluruhan.

Mulai dari orang tua, pasangan, kakak, adik, sepupu, saudara, teman, atau tetangga; siapapun bisa masuk dalam daftar penerima hadiah yang kita buat. Meski kegiatan berbagi ini cukup penting, namun bukan artinya daftar yang kita buat tidak disesuaikan dengan bujet yang kita miliki.

Selain bisa lebih berhemat karena tahu berapa pengeluaran yang akan kita butuhkan, dengan menggunakan daftar ini kita juga dapat menentukan jenis hadiah yang cocok untuk dibeli. (Baca juga: Trik Menghindari Jebakan Diskon Saat Belanja Akhir Tahun)

Modal kreativitas, buat sendiri kado Natal unik

Setelah membuat daftar penerima kado, kita berpikir bahwa bujet yang dimiliki tidak akan cukup untuk memenuhi semuanya. Jika kondisinya demikian, maka inilah saatnya kita untuk berpikir kreatif demi satu tujuan, yaitu berhemat.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat sendiri kado Natal. Bahkan dengan cara ini kita dapat membuat sebuah benda unik dan pastinya lebih bernilai untuk dijadikan hadiah Natal. Kita dapat membuat parcel makanan atau kerajinan tangan.

Tak perlu panik jika bingung bagaimana cara membuatnya. Sebab kita dapat mencontek ratusan cara membuat kado unik Natal dari internet.. Misalnya menonton video tutorial membuat kerajinan tangan di Youtube.

Manfaatkan benda yang sudah ada

Cek kembali isi gudang atau lemari. Di antara tumpukan barang yang ada, mungkin saja kita menemukan benda yang tidak pernah terpakai oleh kita dan akhirnya layak untuk dijadikan kado. Namun pastikan jika benda yang kita jadikan kado bukan hasil pemberian seseorang yang malah akan kita berikan hadiah.

Cari tahu promo belanja Natal

Sudah pasti, berbagai penawaran promo belanja akhir tahun akan ditawarkan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Mulai dari potongan diskon menggiurkan hingga cashback menguntungkan banyak ditawarkan oleh banyak pusat perbelanjaan atau gerai belanja dengan bekerja sama penerbit kartu kredit.

Hemat ongkos dengan belanja online

Tidak hanya tempat belanja konvensional, berbagai situs belanja online pun sudah tentu akan menggunakan momen Natal dengan penawaran belanja yang menarik. Selain mendapatkan diskon terhadap benda-benda yang kita beli, salah satu keuntungan belanja online yang tidak bisa kita lupakan adalah penghematan ongkos.

Apalagi, biasanya di momen-momen khusus seperti Natal, selain diskon dan promo cicilan kartu kredit, berbagai situs belanja online biasanya akan mengeluarkan promo gratis ongkir (ongkos kirim). Lebih menguntungkan, bukan? (Baca juga: Pilihan Destinasi Libur Natal Terbaik dengan Budget 1 Juta, 5 juta, dan 15 Juta)

Luangkan waktu lebih untuk bandingkan

Untuk tujuan berhemat, kegiatan belanja memang butuh waktu lebih. Karena dengan begitu kita dapat membandingkan benda-benda dengan harga terjangkau atau dapat mencari toko dengan harga jual paling murah. Dengan cara online kegiatan membandingkan bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Widget TRV Insurance

 

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.