Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Lima Mitos Salah Seputar Pekerjaan Impian

by Ariesta on 26 Juli, 2016

Saat kita mendengar kata ‘pekerjaan impian’, pasti kita akan langsung membayangkan posisi profesi  menyenangkan yang sudah lama menjadi cita-cita kita. Pekerjaan impian membuat kita suka rela melakukannya tanpa merasa jenuh karena kita memang mencintai profesi tersebut.

Tapi sebenarnya, apa sih pekerjaan impian itu? Apakah pekerjaan bergaji tinggi? Apakah pakerjaan di mana kamu bebas menuangkan kreativitas sesuai passion? Atau memang cita-cita sejak kecil? Ada banyak ekspektasi yang berkaitan tentang pekerjaan impian.

Sementara kamu masih membayangkan tentang pekerjaan impian, simak dulu mitos-mitos seputar pekerjaan impian berikut.

Mitos: Melakoni passion akan membuatku kaya

Fakta: Maaf kalau kamu kecewa, tapi passion tidak selalu membayarmu dengan harga tinggi. Tapi nyatanya banyak orang yang rela tidak dibayar demi pekerjaan yang mereka cintai.

(Baca juga: Agar Kariermu Cemerlang, 5 Hal Ini Harus Kamu Pelajari Sebelum Usia 30)

Biasanya orang akan bingung haruskah meninggalkan pekerjaan mapan bergaji tinggi demi mengejar passion yang belum jelas mendatangkan untung. Meski demikian, bukan berarti kamu tidak bisa melakukan apa yang kamu cintai lho. Sangat banyak yang sukses karena melakukan passion. Pada akhirnya semua tergantung usahamu.

Mitos: Aku akan bahagia melakukan apa yang aku cintai

Fakta: Meskipun benar-benar mencintai apa yang dikerjakan, tidak ada orang yang benar-benar ingin bekerja selamanya. Jangan berharap kariermu berjalan sempurna seperti yang kamu inginkan.

Akan ada situasi di mana kamu merasa bosan, lelah, bahkan benci pada pekerjaanmu. Terkadang pekerjaanmu membuatmu gila hingga membuatmu berpikir untuk keluar.

Mitos: Kerja keras akan membuatku mencapai puncak

Fakta: Ada banyak kisah sukses di luar sana. Saat kamu mendengar anak muda seperti Mark Zuckerberg disejajarkan dengan miliarder dunia seperti Bill Gates, kamu pun percaya suatu hari dapat sukses seperti dia.

Nyatanya kerja keras saja tidak cukup. Kamu juga butuh keberuntungan dan kemampuan memanfaatkan peluang.

Mitos: Aku tidak akan pernah bosan dengan pekerjaanku

Fakta: Kamu beruntung kalau saat ini mencintai pekerjaanmu sekarang. Tapi apakah kamu akan melakukan pekerjaanmu untuk selamanya? Akan ada masanya kamu merasa lelah atau bosan. Bosan dan lelah merupakan hal manusiawi.

Seorang penulis novel yang sangat senang menulis pasti merasa jenuh saat dikejar deadline namun ide tak kunjung datang. Pasti akan ada keinginan mengeksplorasi pekerjaan lain tapi tidak jauh dari bidang tulis menulis.

(Baca juga: 8 Tip Ini Akan Membantu Kamu Mendapatkan Pekerjaan Impian)

Mitos: Tidak ada yang namanya pekerjaan impian

Fakta: Mungkin saat ini kamu bekerja untuk membangun karier agar bisa stabil secara finansial dan menganggapnya sebagai  bagian dari mimpimu. Ini sah-sah saja. Tapi ingatlah bahwa setiap manusia dikaruniai kelebihan. Jadi, jangan pesimis dulu karena yang namanya pekerjaan impian itu benar-benar ada. Mungkin saja berkaitan dengan bakat yang kamu miliki.

Nah bagaimana denganmu? Punya mitos lain seputar pekerjaan impian?

Tentang Penulis