13 Macam Bunga Hias, Cocok Bikin Rumah Tampak Lebih Indah

Kamu ingin mendekor rumah dengan berbagai macam bunga hias? CekAja punya beberapa rekomendasi bunga hias terbaik, loh!

Selain karena warnanya yang cantik, sebagian besar bunga hias juga memiliki kemampuan bertahan hidup yang sangat lama.

Bahkan, ada beberapa bunga hias yang bisa hidup lama tanpa memerlukan perawatan khusus. Lantas, apa saja macam bunga hias tersebut?

Nah daripada penasaran, langsung saja pada artikel kali ini, CekAja akan mengulas beberapa macam bunga hias terbaik yang paling direkomendasikan, secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Fungsi Bunga Hias

Walau mampu mempercantik tampilan rumah, namun fungsi bunga hias tidak hanya itu. Tampilannya yang menawan, kerap kali membuat bunga hias menjadi media untuk terapi mental para pemiliknya.

Maka dari itu, jangan heran apabila fungsi dari bunga hias ada sangat banyak. Jika ingin tahu apa saja fungsi tersebut, berikut CekAja akan menguraikannya untuk kamu.

  • Menjaga kesehatan mental
  • Menurunkan kadar stres
  • Meningkatkan suasana hati
  • Meningkatkan produktivitas
  • Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Menjadi media untuk terapi saraf
  • Dan lain sebagainya.

(Baca Juga: Tanaman Hias Tahan Panas)

13 Macam Bunga Hias Terbaik

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, kali ini CekAja akan memberikan rekomendasi beberapa macam bunga hias terbaik untuk dekorasi rumahmu.

Dari sekian banyak ragam bunga hias yang ada, 13 di antaranya masuk ke dalam daftar bunga hias versi CekAja yang paling direkomendasikan.

Untuk tahu apa saja 13 bunga hias tersebut, di bawah ini akan CekAja ulas secara lengkap informasinya khusus untuk kamu. Yuk, simak bersama-sama!

1. Begonia

Macam bunga hias yang pertama, yaitu Begonia. Memiliki bentuk yang cenderung padat karena bunga dan daunnya sangat lebat, Begonia dikenal sebagai tanaman berbunga abadi dalam famili Begoniaceae.

Saat ini, Begonia memiliki sekitar 1.500 jenis yang tersebar di Amerika, Afrika dan Asia Tenggara. Karena lokasi persebarannya itu, bunga hias satu ini bisa di tanam di iklim tropis atau subtropis.

Di Indonesia sendiri, bunga hias Begonia banyak dijadikan sebagai tanaman gantung, yang mampu mempercantik tampilan luar rumah, dan membuatnya terlihat semakin rindang.

2. Adenium

Selain Begonia, macam bunga hias yang juga memiliki penampilan menawan, yaitu Adenium. Bunga hias yang memiliki corak warna putih – merah jambu ini, memiliki bentuk unik dan sangat khas.

Apabila dilihat sekilas, bunga ini tampak menyerupai lukisan hidup, karena warnanya yang cerah menyala.

Bunga hias Adenium sendiri, pada dasarnya merupakan tanaman bunga yang memiliki pertumbuhan sangat lambat. Akan tetapi, bunga ini memiliki batang yang tebal dan mampu berbunga meski dalam kondisi kering.

3. Bougenville

Siapa di antara kamu yang tidak tahu bunga Bougenville? Bunga yang lebih dikenal dengan bunga kertas ini, memiliki beragam variasi warna yang cerah nan cantik, mulai dari warna merah, ungu, merah jambu, hingga kuning.

Bunga ini juga disebut sebagai bunga kertas, tidak lain karena teksturnya yang tipis seperti kertas. Walau begitu, tanaman ini mampu tumbuh menjulang ke atas, dengan duri yang tersebar di hampir seluruh bagian batangnya.

Buat kamu yang ingin memiliki tanaman hias cantik, namun enggan merawatnya secara rutin, maka Bougenville adalah pilihan yang tepat.

Hal itu karena, bunga satu ini tidak memerlukan perawatan khusus. Cukup tanam di tempat yang hangat, tepatnya di tanah yang memiliki pH lebih dari enam.

4. Anyelir

Bunga Anyelir atau yang dalam bahasa Inggris disebut “Carnation”, merupakan satu dari sekian macam bunga hias yang sangat cocok diletakkan di dalam rumah.

Bagaimana tidak, pasalnya bunga ini memiliki variasi warna yang sangat cantik, cerah dan menawan, disertai dengan tangkai bunga yang kecil, sehingga cocok diletakkan di dalam vas.

Jika ditilik dari arti “Carnation” sendiri, secara harfiah nama tersebut memiliki arti “Bunga Cinta” atau “Bunga Para Dewa”.

Maka dari itu, bunga Anyelir tak jarang dijadikan sebagai hand bouquet untuk pengantin wanita, dalam acara resepsi pernikahan.

5. Aster

Tahukah kamu, kalau bunga Aster ternyata memiliki arti yang sangat unik. Ya, macam bunga hias satu ini, memiliki nama yang diambil dari bahasa Yunani, yang berarti “bintang”.

Bunga hias ini sejatinya tidak jauh berbeda dengan bunga hias lainnya, karena memiliki variasi warna yang sangat beragam dan cantik, sehingga cocok dijadikan rangkaian bunga.

Terlebih, bunga hias asal Tiongkok ini tidak memiliki perawatan yang rumit. Sehingga, bisa menjadi pilihan terbaik, untuk kamu pemula yang ingin menanam bunga hias.

6. Anggrek

Tidak hanya Aster, kamu juga bisa memilih bunga Anggrek sebagai macam bunga hias untuk memperindah tampilan rumah.

Pasalnya, bunga ini memiliki daya tarik yang elegan, memukau dan mampu tampil sempurna di berbagai suasana.

Bunga Anggrek sendiri memiliki jenis yang sangat beragam. Dan rata-rata, semua jenis bunga Anggrek memiliki masa mekar lebih cepat, yaitu hingga enam minggu per masa mekarnya.

7. Melati

Melati adalah salah satu macam bunga hias yang sangat difavoritkan. Hal tersebut karena, bunga ini adalah bunga mandiri, yang mudah tumbuh tanpa memerlukan perawatan khusus.

Untuk bisa menanam bunga ini dan membuatnya tumbuh mekar, kamu cukup meletakkannya di tempat yang teduh dari sinar matahari, dan pastikan tanah yang digunakan cukup subur dengan drainase yang baik.

Mengingat Melati adalah tanaman merambat, maka untuk membuatnya tinggi beraturan, kamu bisa mengaturnya dengan pemangkasan atau penjepit.

8. Amarilis

Siapa yang sudah memiliki bunga hias Amarilis? Bunga yang biasanya mekar di awal musim penghujan ini memiliki warna sangat cerah, sehingga wajar apabila banyak digunakan sebagai tanaman hias di halaman rumah.

Adapun variasi warna yang dimiliki macam bunga hias ini, yaitu merah, kuning dan jingga. Bentuk dari bunga Amarilis pun sangat unik, ada yang berbentuk seperti bintang, ada pula yang berbentuk menyerupai terompet.

Setiap tangkai bunga ini, umumnya bisa menghasilkan sekitar dua sampai empat bunga. Dan jika ingin mengembangkannya, tanaman ini bisa dikembangka melalui umbi yang didapat dari tanaman sebelumnya, atau beli di toko bibit tanaman.

9. Alamanda

Selanjutnya ada Alamanda, yang juga masuk ke dalam daftar macam bunga hias versi CekAja yang paling direkomendasikan.

Dikenal sebagai bunga terompet emas, Alamanda memiliki bentuk menyerupai terompet atau lonceng berwarna kuning cerah.

Tetapi selain warna kuning, Alamanda juga hadir dalam beberapa varian warna, seperti ungu dan merah jambu.

Namun sayangnya, bunga ini kurang cocok untuk pemula, karena membutuhkan perawatan khusus agar bisa tumbuh dan berkembang dengan sempurna.

Contoh perawatan yang harus dilakukan untuk merawat bunga Alamanda, yaitu cahaya yang tinggi, suhu yang konsisten hangat, serta kelembapan yang setidaknya mencapai 50 persen.

10. Kembang Sepatu

Macam bunga hias yang ke-10, yaitu Kembang Sepatu. Ini adalah salah satu bunga hias yang sudah sangat terkenal, karena mudah dijumpai di mana saja.

Bunga dengan nama latin Hibiscus ini, memiliki tampilan yang sangat cantik, karena memiliki mahkota bunga besar dan warna bunga yang cerah.

Selain itu, bunga ini pun memiliki tangkai putik dan benang sari yang terlihat jelas. Apabila kamu ingin menanam ini di pekarangan rumah, jangan khawatir. Sebab, itu adalah tempat paling strategis untuknya.

11. Mawar

Sebagai bunga yang dikenal dengan “Lambang Cinta”, Mawar memiliki bentuk dan warna yang sangat menarik perhatian.

Hal itu karena, bunga Mawar hadir dalam beberapa warna cerah, mulai dari merah, merah jambu, putih, ungu, kuning hingga hijau.

Semua warna milik bunga Mawar tersebut, seringkali dijadikan sebagai hand bouquet maupun hadiah untuk orang-orang terkasih dalam acara-acara tertentu.

12. Matahari

Menempati posisi ke-12, bunga Matahari tak hanya menjadi macam bunga hias terbaik yang banyak dicari masyarakat saja, namun juga menjadi bunga yang memiliki filosofi kesetiaan.

Hal itu tentu saja tak lain karena, bunga ini selalu setia mengikuti arah matahari bersinar. Filosofi tersebut juga menjelaskan mengenai warna kuning pada bunga Matahari, yang memiliki arti kehangatan dan kebahagiaan.

Tetapi, di samping itu kamu juga perlu tahu, kalau bunga Matahari tidak hanya berwarna kuning, ada juga yang berwarna merah tua, yang diberi nama Red Sunflower.

13. Gardenia

Macam bunga hias terbaik versi CekAja yang terakhir, yaitu Gardenia. Bunga dengan aroma harum yang cukup menyengat ini, nyatanya tidak hanya hadir dalam warna putih pucat saja, melainkan juga ada yang berwarna kuning pucat.

Bunga yang juga dikenal dengan nama Kacapiring ini, memiliki beberapa arti baik seperti cinta, kemurnian dan kebaikan.

Oleh karena itu, jangan heran apabila nanti kamu menemukan rangkaian bunga ini dalam acara-acara pernikahan, karena memang sering dijadikan sebagai dekorasi.

(Baca Juga: Tanaman Hias Paling Populer)

Itulah beberapa macam bunga hias terbaik rekomendasi CekAja, yang sudah kamu ketahui informasinya secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Apabila dari semua bunga hias tersebut, kamu tertarik dengan satu di antaranya untuk dijadikan dekorasi rumah, maka kamu bisa langsung membelinya di beberapa toko bunga, maupun e-commerce yang menjual berbagai bunga hias.

Agar kegiatan belanja semakin mudah dan hemat, maka kamu bisa membelinya menggunakan kartu kredit.

Sebab, kartu kredit seringkali memberikan promo belanja menarik yang dapat dinikmati para penggunanya, baik dalam bentuk diskon, cashback atau rewards point.

Maka dari itu, jika kamu ingin mendapatkan dan menikmati semua promo tersebut, namun belum memiliki kartu kredit, yuk segera ajukan melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga!