9 Tips Membeli Barang Elektronik secara Online tanpa Merasa Rugi

Beli barang elektronik secara online? Kenapa tidak! Nah, biar enggak merasa rugi, sebelum membelinya, yuk cek deretan tips membeli barang elektronik secara online, di bawah ini.

Sekarang ini, telah banyak toko elektronik yang menjajakan produknya secara daring alias online. Ini bukan tanpa sebab, mengingat masyarakat kini lebih cenderung membeli berbagai kebutuhannya lewat e-commerce.

Kemudahan belanja secara online, di mana konsumen tak perlu repot lagi mendatangi toko secara langsung, menjadi salah satu faktor kenapa tiap pebisnis butuh memasarkan produknya melalui daring.

Namun, toko online sendiri juga memiliki kekurangan, terutama dari kacamata konsumen.

Ketika mencari suatu barang secara online, konsumen terkadang bisa tertipu dari ‘gambar’ yang diunggah oleh penjual abal-abal.

Hal itu berlaku pula saat konsumen ingin membeli barang elektronik. Alhasil, mereka masih merasa ‘maju-mundur’ untuk melakukan pembelian barang elektronik secara online.

Tapi, bukan berarti membeli barang elektronik secara online tidak dapat diminimalisir risikonya.

Sebagai konsumen yang cerdas, keputusanmu untuk membeli barang online sangat berdampak.

Untuk itu, kamu perlu yang namanya tips membeli barang elektronik secara online yang tepat, agar setelahnya tidak merasa rugi.

(Baca Juga: 7 Tips Menjadi Konsumen Cerdas saat Pandemi)

Lalu, Apa Saja Tips Aman Membeli Barang Elektronik secara Online?

Nah, agar memudahkan kamu berbelanja secara online, berikut ini CekAja bagikan beberapa tips membeli barang elektronik secara online, yang pastinya memuaskan dan aman dari segala risiko kerugian.

1. Lakukan survei dan bandingkan toko onlinenya

Tips membeli barang elektronik secara online yang pertama adalah kamu harus melakukan survei dan bandingkan terlebih dulu toko online tersebut.

Kenapa begitu? Sebab, semakin menjamurnya toko online, tentu akan menyulitkan kamu memilih mana toko yang memiliki pelayanan berkualitas.

Untuk itu, sebaiknya lakukan survei mengenai mana saja toko online yang bagus dalam menjual barang elektronik.

Setelah melakukan survei, bandingkan masing-masing toko tersebut, berdasarkan kualitas maupun harga jualnya.

2. Pilih toko online yang berkualitas

Setelah melakukan survei dan telah mendapat beberapa kandidat toko yang bagus, berikutnya tips membeli barang elektronik secara online yang tepat adalah dengan menentukan mana toko yang berkualitas.

Dibandingkan memilih toko yang abal-abal, akan lebih baik jika kamu memilih toko online resmi dari merk elektronik tersebut.

Apalagi di beberapa e-commerce sekarang, sudah banyak kok official store dari toko elektronik, seperti Sharp, Philips, dan Samsung.

3. Perhatikan review dari konsumen lain

Tips membeli barang elektronik secara online yang berikutnya adalah dengan memperhatikan seluruh ulasan dari konsumen lainnya.

Hasil ulasan ini tentu saja akan memudahkan kamu menentukan pilihan mengenai barang yang akan dibeli.

Semakin banyak ulasan positif, entah mengenai produknya atau toko tersebut, maka bisa dipastikan bahwa produk maupun toko elektronik itu memang terpercaya.

Sebaliknya, kalau banyak ulasan negatif yang diberikan oleh konsumen, lebih baik untuk mengganti pilihan lain yang jauh lebih baik dan berkualitas, daripada merasa rugi di akhir.

4. Cek spesifikasi produk

Tidak ketinggalan pula, selama ingin membeli barang elektronik secara online, kamu pun wajib memperhatikan spesifikasi dari produk yang diinginkan.

Mengingat, bentuk fisik dari barang tersebut tidak dapat dilihat secara langsung, maka membaca secara detil mengenai spesifikasi dari produk merupakan hal yang wajib dan tak boleh disepelekan.

5. Pastikan produk adalah barang original

Tips membeli barang elektronik secara online yang kelima adalah dengan memastikan bahwa produk merupakan barang original.

Jika barang elektronik yang diinginkan tidak memiliki official store secara daring, tentunya kamu pun harus jeli dalam mencari store yang tepat, terutama lewat e-commerce.

Pasalnya nih, tak jarang ada pedagang online yang menjual barang tiruan alias kw.

Alih-alih ingin untung, justru nantinya kamu bakal merasa sangat dirugikan jika membeli barang palsu.

Untuk mengecek barang elektronik yang dijual palsu atau tidak, kamu bisa memulainya dengan berkompromi terlebih dulu dengan pedagang.

Selain itu, kamu juga bisa mengecek seluru ulasan dari konsumen yang sudah membelinya.

6. Cek garansi produk

Membeli barang elektronik secara online bisa dibilang cukup berisiko. Tapi, selama kamu menerapkan seluruh tips membeli barang elektronik secara online ini, rasanya tak perlu khawatir lagi.

Nah, dari sekian banyak tips yang tadi dibahas, poin keenam ini bisa dibilang cukup krusial.

Ya, pasalnya dengan garansi produk, kamu bisa mendapatkan jaminan secara menyeluruh jika terjadi kerusakan pada barang.

Sebelum membeli barang elektronik secara online, pastikan bahwa kamu sudah mengetahui akan dua jenis garansi yang diberikan, yaitu garansi pabrik dan garansi penjual.

Hindari membeli barang elektronik yang di mana kamu sebagai konsumen tidak mendapat kartu garansi sama sekali.

7. Jangan mudah tergiur hanya karena murah

Tips membeli barang elektronik secara online yang berikutnya adalah dengan tidak tergiur hanya karena ditawari harga murah.

Setiap orang tentu saja ingin mendapatkan suatu barang dengan harga yang murah.

Namun, harga murah dari suatu barang, terutama barang elektronik belum tentu memiliki kualitas yang bagus.

Boleh jadi, barang elektronik yang dihargai murah tersebut justru palsu atau bahkan rentan akan kerusakan.

Untuk itu, sebelum membeli, cek lagi di berbagai toko online mengenai standar harga dari barang elektronik yang ingin dibeli.

Apabila ditemukan kejanggalan di suatu toko online yang menjual dengan harga paling rendah, kemungkinan barang tersebut memiliki kualitas yang kurang bagus sangat besar.

8. Jangan asal memasukkan data pribadi

Serupa dengan pembahasan sebelumnya, tips membeli barang elektronik secara online yang berikut ini pun sangat penting untuk diketahui.

Pasalnya, terkadang ada saja konsumen yang lengah dengan memasukkan data pribadi mereka berupa informasi kartu kredit.

Memberikan detil informasi mengenai kartu kredit ke sembarang orang ditakutkan merupakan bagian dari penipuan.

Untuk itu, jangan pernah melakukan hal ini, terutama jika melakukan pembelian secara online pada website yang kurang terpercaya.

9. Minta tambahan layanan packing berlapis

Terakhir, tips membeli barang elektronik secara online yang aman adalah dengan meminta pihak official store untuk menambah layanan packing berlapis.

Layanan packing berlapis ini tentu sangat dibutuhkan, terutama bagi barang elektronik yang rentan rusak, seperti handphone, laptop, maupun kamera.

Perlu kamu tahu, bahwa layanan packing berlapis ini biasanya tidak diberikan otomatis oleh sebagian penjual. Sehingga, konsumenlah yang harus berinisiatif sendiri untuk memintanya.

(Baca Juga: Ini 7 Tips Belanja Kebutuhan Puasa)

Beli Barang Elektronik Lebih Hemat kalau Pakai Kartu Kredit

Nah, itu dia informasi mengenai tips membeli barang elektronik secara online. Kalau kamu tertarik untuk membeli barang elektronik lewat e-commerce atau marketplace, sebaiknya gunakan kartu kredit sebagai alat transaksinya ya.

Dengan kartu kredit, barang yang harganya lumayan mahal bisa didapat hanya menggunakan fitur cicilan 0 persen. Tentu lebih hemat bukan?

Apabila tertarik memiliki kartu kredit tapi belum memiliki pilihan yang pas sesuai kebutuhan, mungkin kamu bisa mengecek produk finansial tersebut lewat layanan CekAja.com.

Di CekAja, kamu bisa mengecek dan membandingkan dulu jenis produk kartu kredit yang sekiranya sesuai kebutuhan maupun kondisi keuanganmu.

Seluruh prosesnya juga gampang, di mana kamu hanya perlu mengakses halaman utama website CekAja dan pilih menu ‘Kartu Kredit’.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, langsung cek produk kartu kredit di CekAja, dan apply kapan saja saat kamu membutuhkannya.