Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

8 Makanan yang Minimalkan Risiko Penyakit Jantung

by Tisyrin on 17 Oktober, 2017

Penyakit jantung adalah penyakit kritis menakutkan yang bisa mengakibatkan kematian. Tapi, mengonsumsi makanan tertentu terbukti dapat mencegah risiko. Apa saja?

Istilah penyakit jantung seringkali merujuk pada suatu kondisi ketika pembuluh darah utama (pembuluh darah koroner) yang bertugas menyuplai darah ke jantung rusak. Dalam dunia medis penyakit ini disebut penyakit jantung koroner.

Penyebab hal tersebut adalah adanya tumpukan kolesterol serta proses peradangan. Karena adanya tumpukan kolesterol maka pembuluh darah mengalami penyempitan, otomatis aliran darah dan oksigen yang menuju jantung terhambat.

Inilah yang membuat penderitanya merasa nyeri di bagian dada dan sesak napas. Apabila terjadi hambatan total pada aliran darah yang menuju jantung maka akan terjadi serangan jantung.

Federasi Jantung Dunia memperkirakan angka kematian akibat penyakit jantung koroner di Asia Tenggara sebanyak 1,8 juta kasus pada tahun 2014. Di Indonesia, pada tahun 2013 tercatat ada lebih dari 800.000 orang yang terdiagnosis penyakit tersebut. Mayoritas penderita berusia 55-64 tahun.

Lantas bagaimana kita dapat mencegah penyakit ini dan meminimalkan risikonya?

Salah satu cara agar terhindar dari penyakit jantung adalah dengan mengurangi konsumsi jenis-jenis makanan yang berbahaya untuk jantung, seperti makanan dengan kandungan garam tinggi contohnya makanan ringan kemasan. Selain itu, kurangi pula makanan olahan serta makanan yang mengandung lemak jenuh.

Sebaliknya, perbanyaklah mengonsumsi makanan sehat. Apa saja makanan sehat yang terbukti sehat untuk jantung, berikut adalah daftarnya;

Salmon

Salmon adalah makanan yang sangat baik untuk jantung karena memiliki kandungan asam lemak omega 3. Penelitian membuktikan kandungan asam lemak omega 3 pada ikan mampu menurunkan risiko terjadinya penumpukan lemak di pembuluh darah yang memicu penyakit berbahaya pada jantung.

American Heart Association (AHA) menganjurkan untuk mengkonsumsi ikan khususnya yang berlemak minimal dua kali seminggu.

Ikan sarden

Bukan hanya salmon, ikan sarden juga memiliki kandungan asam lemak omega 3. Mayo Clinic mengungkapkan makanan ini dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mengurangi risiko serangan jantung mendadak.

Namun, yang perlu menjadi perhatian adalah kadar garam yang tinggi pada ikan sarden kalengan. Untuk hidup yang lebih sehat, maka pilihlah ikan sarden segar untuk dikonsumsi.

Dark chocolate

Dark chocolate memiliki kandungan flavonoids yang disebut sebagai polyphenols, yang berguna untuk menurunkan tekanan darah, pembekuan darah dan proses peradangan.

Beberapa penelitian menemukan bahwa dark chocolate memiliki manfaat pada jantung. Sebuah penelitian pada 2012 membuktikan, konsumsi coklat sekali dalam sehari mampu menurunkan angka kejadian serangan jantung dan stroke pada pasien berisiko tinggi.

Namun, penelitian hanya berlaku untuk dark chocolate alias coklat yang mengandung minimal 60-70% cocoa. Dan, coklat yang dijual di pasaran kerap memiliki kandungan cocoa rendah dan kandungan gula yang tinggi. (Baca: Olahraga yang Terbukti Ampuh Meningkatkan Kesehatan Jantung)

Kacang

Analisis terhadap 20 penelitian yang pernah dipublikasikan  memperlihatkan bahwa orang yang setiap hari rutin mengonsumsi minimal 28 gram atau segenggam kacang-kacangan ternyata dapat menurunkan risiko penyakit seperti jantung, kanker bahkan kematian hingga 20%.

Kacang-kacangan kaya akan lemak tak jenuh, protein nabati, serta berbagai jenis vitamin dan mineral. Sebaiknya konsumsi kacang yang tidak dibumbui, karena terlalu banyak garam justru tidak sehat. Konsumsi segenggam kacang rebus setiap hari bisa mencegah penyakit jantung. Lakukan pula gaya hidup sehat lain misalnya olahraga dan hindari merokok, dan minuman beralkohol.

Pisang

Banyak penelitian menemukan bahwa makan pisang setiap hari akan membantu mencegah penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke. Pasalnya, pisang mengandung kalium yang cukup tinggi, sehingga bisa menghentikan penyumbatan pada jantung dan mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah.

National Health Service menyarankan agar setiap orang dapat mengonsumsi 3.500 mg kalium setiap hari. Seperempat dari angka tersebut bisa dipenuhi dengan mengonsumsi dua buah pisang.

Alpukat

Penelitian membuktikan konsumsi alpukat setiap hari dapat menurunkan kolesterol jahat yang memicu penyempitan pembuluh darah dan meningkatkan kolesterol baik yang dapat membersihkan pembuluh darah dari sumbatan.

Madu

Beberapa studi mengungkapkan madu mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Madu adalah pemanis alami sehingga menguntungkan untuk kesehatan jantung.

Kismis

Penelitian American College of Cardiology pada 2012 membuktikan segenggam kismis bisa mengurangi tekanan darah tinggi. Karena itu kismis tergolong sehat untuk jantung. Kandungan potassium yang tinggi membuatnya tergolong sebagai makanan yang baik untuk kesehatan jantung.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.