10 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Wanita dan Pria, Yuk Coba!

Mengetahui jenis-jenis makanan untuk meningkatkan kesuburan nyatanya sangat penting, sebab makanan-makanan tersebut tidak hanya mampu meningkatkan kesuburan wanita saja, tetapi juga mampu meningkatkan kesuburan pria. Dengan begitu, makanan untuk meningkatkan kesuburan ini dapat membantu orang-orang yang sedang melakukan program kehamilan.

Pariwara

Makanan untuk meningkatkan kesuburan pun tidak hanya sekedar makanan sehat. Hal itu dikarenakan, hanya beberapa makanan sehat saja yang mampu meningkatkan kesuburan wanita dan pria.

Lantas, apa saja makanan untuk meningkatkan kesuburan wanita dan pria tersebut? Pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Yuk, simak bersama-sama.

Faktor Penyebab Kesuburan Terganggu

Mengetahui apa saja makanan untuk meningkatkan kesuburan wanita dan pria memang penting, namun mengetahui faktor penyebab terganggunya kesuburan juga tidak kalah penting. Pasalnya, dengan mengetahui faktor penyebabnya, kamu bisa mengatasinya dengan cara yang tepat.

Melansir dari id.theasianparent.com, American Society for Reproductive Medicine menyebutkan bahwa ketidaksuburan atau infertilitas ternyata juga mempengaruhi sekitar 10 persen populasi.

Yang mana, ada banyak sekali faktor-faktor yang menjadi penyebab terganggunya kesuburan, dua di antaranya adalah gaya hidup dan asupan makanan.

Seperti yang diketahui, saat ini kebanyakan orang memiliki gaya hidup yang kurang sehat, seperti terlalu sering mengonsumsi junk food, minuman beralkohol, tidur larut malam, merokok dan lain sebagainya.

Semua hal tersebut saat ini dilakukan oleh banyak orang, baik wanita maupun pria. Padahal, itu semua merupakan penyebab utama terganggunya hormon dan kesuburan seseorang.

Terlebih, wanita dan pria sendiri sebenarnya memiliki faktor penyebabnya masing-masing, yang di antaranya yaitu:

Faktor penyebab terganggunya kesuburan wanita

  • Memiliki berat badan yang terlalu kurus
  • Faktor bertambahnya usia
  • Melakukan olahraga atau aktivitas berat
  • Obesitas
  • Faktor genetik
  • Memiliki gangguan tiroid
  • Terkena paparan zat kimia
  • Terlalu sering mengonsumsi minuman berkafein
  • Dan lain sebagainya.

(Baca Juga: 7 Tips Cepat Hamil)

Faktor penyebab terganggunya kesuburan pria

  • Terdapat gangguan pada organ reproduksi pria
  • Terdapat infeksi
  • Mengidap varikokel
  • Ejakulasi dini
  • Rendahnya jumlah sel sperma, menyebabkan sulitnya bertemu sel telur
  • Sedang dalam pengobatan kanker
  • Hiperprolaktinemia
  • Impotensi
  • Memiliki penyakit genetik
  • Dan lain sebagainya.

Daftar Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan

Setelah mengetahui apa saja faktor penyebab terganggunya kesuburan wanita dan pria di pembahasan sebelumnya, maka kini saatnya untuk kamu mengetahui makanan untuk meningkatkan kesuburan.

Sejatinya, makanan untuk meningkatkan kesuburan sangat banyak. Oleh sebab itu, di pembahasan kali ini CekAja.com akan membaginya ke dalam dua kategori, yaitu makanan untuk meningkatkan kesuburan wanita dan pria, yang masing-masingnya akan diulas secara lengkap khusus untuk kamu sebagai berikut.

Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Wanita

1. Telur

Makanan untuk meningkatkan kesuburan wanita yang pertama adalah telur. Sudah menjadi rahasia umum apabila telur memiliki kemampuan dalam meningkatkan kesehatan reproduksi.

Hal tersebut dikarenakan, telur memiliki banyak kandungan vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan reproduksi, seperti protein dan kolin.

Kolin sendiri menjadi asupan yang sangat dibutuhkan tubuh, baik sebelum atau pada saat kehamilan. Pasalnya, kolin berfungsi untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap asam folat.

Di mana, asam folat memiliki peran yang sangat penting di awal masa kehamilan maupun selama masa prakonsepsi, untuk mencegah bayi lahir dalam keadaan cacat saraf, seperti spina bifida.

Tetapi perlu diketahui, bahwa kamu juga tidak perlu mengonsumsi telur dalam jumlah banyak.

Sebab, mengonsumsi satu butir telur dalam satu hari saja dapat menaikkan kadar kolin, yang dapat meningkatkan kinerja tubuh dalam menyerap asam folat menjadi dua kali lipat.

2. Makanan yang mengandung produk susu

Makanan untuk meningkatkan kesuburan wanita yang berikutnya adalah makanan-makanan yang mengandung produk susu, seperti keju, yogurt dan susu itu sendiri.

Karena, makanan-makanan tersebut tidak hanya baik untuk kesehatan tulang saja, tetapi juga baik untuk kesehatan reproduksi.

Maka dari itu, bagi wanita yang sedang melakukan program kehamilan, sebaiknya mengonsumsi sekitar 8 ons gelas susu setiap harinya.

Sebab, mengonsumsi 8 ons gelas susu dapat memenuhi sekitar 1.000 miligram kalsium yang dibutuhkan.

Tidak hanya itu, wanita yang sedang melakukan program hamil juga sebaiknya mengonsumsi susu yang tinggi lemak untuk meningkatkan kesuburan.

Ada sebuah penelitian yang menemukan, bahwa mengonsumsi susu rendah lemak justru dapat menurunkan kesuburan.

Sehingga, apabila kamu tidak memiliki masalah terkait berat badan, ada baiknya kamu memilih produk susu tinggi lemak untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh setiap harinya.

3. Daging

Selain dua jenis makanan di atas, nyatanya daging juga menjadi salah satu makanan untuk meningkatkan kesuburan wanita.

Jenis daging yang dinilai efektif mampu meningkatkan kesuburan wanita adalah daging ayam dan daging sapi rendah lemak.

Jika kamu mengonsumsi dua jenis daging tersebut, maka kamu akan mendapatkan asupan zat besi dan protein yang sangat dibutuhkan tubuh. Namun pastikan, bahwa kamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Karena apabila kamu terlalu banyak mengonsumsi daging ayam dan daging sapi, maka hal itu justru dapat menurunkan tingkat kesuburan wanita.

Kamu cukup mengonsumsi dua porsi menu olahan daging setiap harinya, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Semua jenis buah berry

Di urutan keempat ada buah berry, yang menjadi makanan untuk meningkatkan kesuburan wanita. Strawberry, blueberry, raspberry bisa kamu konsumsi setiap hari, sebagai upaya untuk meningkatkan kesuburan.

Bagaimana tidak, kandungan antioksidan seperti folat dan seng yang dimiliki tiga jenis buah berry tersebut, memiliki manfaat dalam membunuh radikal bebas yang dapat merusak sel telur dan sel sperma.

Dengan begitu, maka tiga jenis buah berry ini tidak hanya bisa dikonsumsi oleh wanita saja, tetapi juga aman untuk dikonsumsi pria.

5. Sayuran berwarna hijau

Jenis makanan kelima, yang ampuh untuk meningkatkan kesuburan wanita adalah sayur-sayuran berwarna hijau.

Brokoli, romaine, arugula, bayam dan beberapa jenis sayuran dengan daun berwarna gelap lainnya, memiliki banyak kandungan vitamin B dan folat yang secara efektif mampu meningkatkan ovulasi.

Artinya, semua jenis sayuran berwarna hijau mampu meningkatkan kesuburan wanita. Bagi kamu yang sedang menjalankan program kehamilan, kamu bisa mengonsumsinya bersama suami untuk mengetahui dan mendapatkan hasil yang lebih cepat.

Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

6. Makanan dengan kandungan Vitamin B12

Selain mengetahui makanan untuk meningkatkan kesuburan wanita, kamu juga perlu mengetahui makanan untuk meningkatkan kesuburan pria. Salah satu jenis makanan yang wajib dikonsumsi adalah makanan yang mengandung vitamin B12.

Asupan vitamin B12 yang cukup pada pria, dinilai mampu meningkatkan jumlah sperma, meminimalisir risiko rusaknya DNA sperma, dan membantu meningkatkan kemampuan sperma dalam bergerak atau berenang (motilitas).

Vitamin B12 ini bisa kamu dapatkan di beberapa jenis makanan, seperti beberapa jenis ikan laut, kerang, susu sapi dan berbagai jenis produk olahan susu, daging sapi, hati sapi, hati ayam, hati domba, telur serta sereal yang berasal dari gandum utuh.

7. Makanan dengan kandungan asam folat

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12, kamu juga harus mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat.

Sebab, asam folat memiliki manfaat yang sangat banyak, tidak hanya meningkatkan kesuburan, tetapi juga dapat mencegah hipertensi dan menjaga kesehatan ibu serta bayi selama masa kehamilan.

Tetapi bagi pria sendiri, asam folat memiliki khasiat untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas sperma. Dengan demikian, jangan sampai kebutuhan tubuh akan asam folat tidak terpenuhi.

Kamu bisa mendapatkan kandungan asam folat dari beberapa jenis makanan, seperti beberapa jenis sayuran berdaun hijau, buah jeruk, blewah, kacang kedelai, pisang, alpukat, gandum, sereal, ikan laut, daging, telur, susu sapi, produk olahan susu dan lain sebagainya.

8. Makanan dengan kandungan Vitamin C

Makanan dengan kandungan vitamin C, ternyata juga tidak kalah pentingnya untuk meningkatkan kesuburan pria.

Kandungan vitamin C ini bisa kamu dapatkan di beberapa makanan, seperti jeruk, pepaya, strawberry, jambu, leci, brokoli, bayam, kiwi, tomat, cabe, kangkung, sereal dan beberapa jenis produk olahan susu.

Vitamin C sendiri memiliki banyak sekali manfaat bagi kesuburan pria, di antaranya yaitu dapat menambah jumlah sperma, meningkatkan kualitas sperma, morfologi hingga motilitas sperma.

Namun, di luar manfaatnya untuk kesuburan, vitamin C juga bermanfaat dalam meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah beberapa penyakit kronis, seperti diabetes, kanker, demensia dn lain sebagainya.

9. Makanan dengan kandungan asam lemak omega 3

Di urutan kesembilan ada makanan dengan kandungan asam lemak omega 3. Secara umum, asam lemak omega 3 memiliki segudang manfaat, tidak hanya untuk kesuburan pria saja, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat tersebut, di antaranya mampu mencegah peradangan, timbulnya penyakit demensia, kanker, kardiovaskular, meningkatkan kesehatan mata, meningkatkan jumlah dan kualitas sperma, dan lain sebagainya.

Kamu bisa mendapatkan kandungan asam lemak omega 3 dari beberapa jenis makanan, seperti ikan laut, kacang-kacangan dan biji-bijian, yogurt, susu sapi, keju, kedelai, minyak flaxseed dan minyak kanola.

Perlu diingat, dalam mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 ini tidak boleh berlebihan, sebab dapat menimbulkan efek samping berupa toksisitas vitamin A, vitamin D dan lainnya yang tidak baik untuk tubuh.

10. Makanan dengan kandungan Vitamin E

Jenis makanan terakhir yang perlu dikonsumsi pria untuk meningkatkan kesuburan adalah makanan yang mengandung vitamin E. Makanan yang memiliki kandungan vitamin ini sejatinya sangat banyak dan bisa ditemukan dengan mudah.

Beberapa contoh makanan dengan kandungan vitamin E, di antaranya yaitu brokoli, labu, buah bit merah, kiri, mangga, alpukat, kacang tanah, minyak jagung, minyak bunga matahari, kacang pinus, kacang almond, minyak kedelai dan lain sebagainya.

Vitamin E ini tidak hanya membantu meningkatkan kesuburan pria, tetapi juga dapat menjaga kesehatan kulit dan sebagai sumber antioksidan, yang akan melindungi sel-sel dari stres oksidatif.

(Baca Juga: 10 Cara Cegah Keguguran Kandungan)

Intinya, semua makanan untuk meningkatkan kesuburan wanita dan pria sangat mudah didapat. Kamu bisa menemukannya di supermarket maupun e-commerce yang menjual bahan makanan sehari-hari.

Harga dari makanan-makanan tersebut pun cukup terjangkau. Sehingga, kamu bisa membelinya dalam jumlah banyak untuk persediaan di rumah. Agar lebih hemat, kamu bisa membeli semua jenis makanan itu menggunakan kartu kredit.

Pasalnya, kartu kredit seringkali memberikan promo menarik yang dapat dinikmati para penggunanya, baik dalam bentuk potongan harga, cashback atau rewards point. Selain itu, kartu kredit juga membuat proses transaksimu berjalan lebih mudah dan cepat.

Maka dari itu, keberadaan kartu kredit saat ini bisa dikatakan sangat penting. Nah, buat kamu yang belum memiliki kartu kredit, kini kamu bisa mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Terlebih, proses pengajuannya pun mudah, cepat dan aman karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk tentukan kartu kredit terbaikmu dan ajukan melalui CekAja.com sekarang juga!

Pariwara