10 Makanan yang Membuat Bau Badan beserta Cara Menghilangkannya

6 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Tanpa disadari, sebenarnya ada banyak sekali makanan yang membuat bau badan, yang sering dikonsumsi banyak orang. Beberapa jenis makanan tersebut di antaranya, yaitu bawang putih, bawang merah, daging merah, ikan laut, hingga makanan pedas.

Pemicu timbulnya bau badan pun sejatinya tidak hanya dari makanan saja, tetapi ada banyak faktor lainnya yang juga dapat memicu timbulnya bau badan, seperti kegemukan, toksin dari organ tubuh, jarang membersihkan tubuh, infeksi kulit, jarang berganti pakaian, hingga memiliki gangguan kesehatan tubuh.

Hanya saja, dari semua faktor pemicu bau badan tersebut, makanan menjadi salah satu faktor terbesar yang dapat membuat bau badan menjadi tidak sedap.

Maka dari itu, untuk mengetahui lebih jelas apa saja makanan yang membuat bau badan, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Daftar Makanan yang Membuat Bau Badan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kalau jenis makanan yang membuat bau badan sangat banyak. Untuk itu, kali ini CekAja.com telah merangkum 10 makanan yang membuat bau badan menjadi tidak sedap. Adapun 10 makanan tersebut, di antaranya:

1. Bawang putih

Siapa sih yang tidak tahu kalau bawang putih menjadi salah satu jenis makanan yang membuat bau badan? Kandungan senyawa Allicin atau senyawa sulfat yang dimiliki bawang putih, ternyata mampu mengeluarkan aroma tak sedap dari tubuh.

Pasalnya, senyawa Allicin dapat terurai dengan cepat sesaat setelah kamu mengonsumsi bawang putih. Tidak hanya itu, ketika terurai senyawa Allicin pun akan langsung diubah menjadi zat-zat lain.

Sehingga, apabila zat tersebut bercampur dengan bakteri atau keringat, maka bau badan yang tidak sedap pun akan muncul seketika.

(Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Badan)

2. Junk food

Bagi kamu pecinta makanan junk food, apakah kamu tahu bahwa junk food menjadi salah satu jenis makanan yang membuat bau badan?

Meski cita rasa dari makanan junk food sangat lezat, namun makanan ini ternyata dapat membuat tubuh memiliki bau tak sedap.

Hal itu disebabkan oleh kandungan gula dan garam yang terdapat pada makanan junk food cukup tinggi. Terlebih, makanan junk food dimasak menggunakan minyak terhidrogenasi. Yang mana, minyak ini mengandung lemak jenuh tidak sehat dan berkolesterol tinggi.

Dengan begitu, setelah dikonsumsi makanan junk food nantinya akan membusuk di dalam perut dan membuat tubuh mengeluarkan aroma yang tak sedap. Maka dari itu, ketika ingin mengonsumsi makanan junk food, sebisa mungkin kamu mengonsumsinya tidak berlebihan.

3. Daging merah

Beberapa jenis daging merah, seperti daging sapi, kambing, domba dan kuda, ternyata menjadi makanan yang membuat bau badan menjadi tidak sedap. Bagaimana tidak?

Makanan yang satu ini membutuhkan waktu yang cukup lama, untuk bisa melakukan proses pencernaan dengan baik.

Karena apabila proses pencernaan makanan tidak berjalan lancar, maka hal itu hanya akan menimbulkan racun yang disertai gas beraroma tidak sedap. Dan nantinya, gas tersebut akan menyebar ke seluruh tubuh, lalu membuat tubuh memiliki bau tak sedap.

4. Brokoli dan kol

Siapa sangka kalau brokoli dan kol, menjadi salah satu jenis makanan yang membuat bau badan. Padahal, kedua jenis sayuran ini sangat lezat dikonsumsi dan memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan.

Namun dibalik banyaknya manfaat yang diberikan, brokoli dan kol ternyata memiliki kandungan sulfur yang cukup tinggi. Sehingga ketika kamu mengonsumsinya, perutmu akan terasa kembung dan kamu akan kentut, yang membuat bau badan menjadi tidak sedap.

5. Ikan laut

Jenis makanan yang membuat bau badan berikutnya adalah ikan laut. Meski dikenal sebagai makanan yang mampu tingkatkan kecerdasan, ikan laut juga mampu memberikan aroma yang tidak sedap pada tubuh, khususnya di bagian ketiak.

Terlebih bagi mereka yang memiliki trimethylaminuria, yang merupakan kelainan genetik bau badan, berupa ketidakmampuan tubuh untuk memecah jenis protein tertentu, termasuk asam amino pada ikan laut yang dapat menimbulkan keringat dengan bau tak sedap.

6. Asparagus

Jika berbicara tentang bau badan, asparagus sebenarnya tidak memberikan efek bau badan dan bau ketiak secara langsung. Namun, asparagus dapat meningkatkan produksi keringat, yang menjadi penyebab utama timbulnya bau badan.

Oleh sebab itu, asparagus menjadi salah satu jenis sayur dan makanan yang membuat bau badan menjadi tidak sedap. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, kamu bisa menghindari atau mengurangi jumlah konsumsi asparagus.

7. Makanan dengan kandungan asam amino

Telur, susu, seafood, minyak ikan, aneka produk kedelai, brokoli, hati dan kacang-kacangan, semuanya adalah jenis makanan yang memiliki cita rasa lezat dan dikonsumsi oleh banyak orang. Namun sayangnya, semua jenis makanan itu memiliki kandungan asam amino tinggi.

Seperti yang diketahui, protein asam amino merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya bau badan.

Sehingga, apabila kamu terlalu banyak dan sering mengonsumsi jenis makanan tersebut, maka tidak menutup kemungkinan bahwa tubuhmu nantiya akan memiliki aroma yang tidak sedap.

8. Bawang merah

Selain bawang putih, bawang merah juga nyatanya menjadi makanan yang membuat bau badan menjadi tidak sedap.

Pasalnya, ketika kamu mengonsumsi bawang merah dan mencernanya, nantinya minyak pedas yang dikeluarkan bawang merah akan menyerap ke dalam aliran darah, masuk ke dalam paru-paru dan keluar melalui napas.

Minyak pedas itulah yang akan membuat badan dan napas menjadi tidak sedap. Semakin banyak kamu mengonsumsi bawang merah, maka semakin lama pula tubuhmu menyimpan dan memiliki bau tidak sedap.

9. Kari dan jintan

Di urutan kesembilan ada kari dan jintan, sebagai makanan yang membuat bau badan. Ini dikarenakan, kari dan jintan memengaruhi limbah pori selama beberapa hari, yang dapat membuat urin memiliki aroma lebih kuat dari biasanya dan menjadi tidak sedap.

Tetapi apabila kamu tetap ingin menggunakan kedua bahan ini sebagai konsumsi sehari-hari, kamu bisa mencampurkannya dengan krim atau produk susu.

Namun, akan lebih baik apabila kamu mengganti kari dan jintan dengan kapulaga dan jahe, yang justru memberikan aroma sedap untuk tubuh.

10. Makanan pedas

Jenis makanan yang terakhir adalah makanan pedas. Gas yang dilepaskan melalui kulit, secara efektif mampu membuat badan mengeluarkan aroma tak sedap, yang dapat bertahan hingga beberapa jam.

Tidak hanya itu, makanan pedas juga memicu lubang keringat terbuka lebih besar dan produksi keringat menjadi meningkat. Sehingga, dengan banyaknya keringat yang dihasilkan, maka kemungkinan tubuh mengeluarkan aroma tak sedap pun semakin besar.

Cara Mudah Menghilangkan Bau Badan

Jika di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui apa saja makanan yang membuat bau badan, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui cara menghilangkan bau badan dengan mudah.

Karena sejatinya, ada banyak sekali cara menghilangkan bau badan yang bisa kamu lakukan, di antaranya seperti:

  • Menggunakan deodorant
  • Menggunakan pakaian berbahan serabut natural
  • Memastikan pakaian yang digunakan bersih
  • Rajin mandi dengan cara yang benar
  • Hindari atau kurangi konsumsi makanan pedas
  • Meminimalisir stres
  • Rajin membersihkan bulu ketiak dan area intim
  • Dan lain sebagainya.

Semua cara tersebut bisa kamu lakukan untuk mencegah bau badan yang tidak sedap. Pasalnya, aroma badan yang tidak sedap membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri.

Tidak hanya itu, aroma badan yang tidak sedap juga membuat orang sekitar merasa tidak nyama berada di sekitar kita.

Maka dari itu, menghindari konsumsi makanan yang membuat bau badan dan melakukan beberapa cara lainnya untuk menghilangkan bau badan sangat penting.

Namun, apabila kamu sudah melakukan semua cara tersebut dan tidak berhasil, maka bisa saja kamu memiliki kelainan genetik yang memang membuat tubuh memiliki aroma tidak sedap.

Jika sudah begitu, sebaiknya kamu melakukan konsultasi khusus ke dokter untuk mengatasinya. Namun tentu saja, jika kamu melakukan konsultasi dan pengobatan ke dokter, biaya yang akan kamu habiskan cukup besar.

(Baca Juga: Merk Parfum Wanita Terbaik)

Ini mungkin akan menjadi suatu masalah, bagi orang yang tidak memiliki cukup uang. Sebab, besarnya biaya pengobatan yang harus dikeluarkan tentu akan menjadi beban, yang memberatkan pasien dan keluarganya.

Tetapi bagi orang yang memiliki asuransi kesehatan, besarnya biaya pengobatan mungkin bukan suatu masalah yang menghambat pengobatan. Sebab, asuransi kesehatan yang digunakan, akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama sakit.

Dengan begitu, pasien dan keluarga tidak perlu lagi merasa terbebani, dengan besarnya biaya pengobatan yang harus dikeluarkan.

Nah, melihat kemudahan dan keuntungan yang diberikan, maka sebaiknya buat kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan, bisa langsung mengajukannya melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang dan dapatkan segudang keuntungannya!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani