7 Manfaat dari Uang Receh yang Sering Diabaikan

Tahu tidak, manfaat dari uang receh ternyata sangat banyak loh. Padahal, tidak jarang orang mengabaikan uang receh karena memiliki nilai kecil. Dari pada disia-siakan, yuk simak manfaat dari uang receh berikut ini!

7 Manfaat dari Uang Receh yang sering diabaikan

Saat selesai berbelanja, dan mendapatkan kembalian berupa uang receh, sering kali uang tersebut diabaikan oleh sebagian orang.

Selain nominal yang kecil, uang receh sering kali dianggap merepotkan karena membutuhkan banyak tempat. Sehingga, tidak jarang uang tersebut diletakkan di sembarang tempat,

Padahal, manfaat uang receh tersebut sangat banyak loh. Bahkan melalui peribahasa sering kita mendengar bahwa ‘sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit’.

Peribahasa tersebut juga berlaku dengan uang receh yang kamu miliki. Jika disimpan sedikit demi sedikit, lama kelamaan akan menjadi banyak dan nominal pun semakin besar.

Nah, agar tahu lebih banyak manfaat dari uang receh, kamu bisa menyimak bahasan berikut ini!

(Baca Juga: 4 Kisah yang Membuat Kamu Tidak Lagi Meremehkan Uang Receh)

7 Manfaat dari Uang Receh yang Bisa Digunakan

1. Biaya Parkir

Saat parkir baik di mall, restoran, maupun minimarket, umumnya kita akan diharuskan membayar parkir. Di saat ini, banyak orang yang merasa kerepotan mencari uang kecil untuk membayar parkir.

Nah, manfaat dari uang receh pertama adalah untuk membayar biaya parkir. Dibandingkan uang ini disia-siakan, lebih baik disimpan dan digunakan untuk biaya parkir.

Jadi, setiap mendapatkan uang receh sisa kembalian, kamu bisa menyimpannya di suatu tempat, dan digunakan untuk persiapan membayar parkir.

2. Digunakan untuk Keperluan Mendadak

Ada kala kita kehabisan uang di akhir bulan. Terlebih untuk anak kost, atau karyawan yang tinggal sendiri.

Kehabisan uang di akhir bulan, ditambah persediaan bahan makan yang sudah habis, tentu membuat kamu akan berpikir keras untuk menemukan solusi.

Dengan mengumpulkan uang receh sisa kembalian, kamu tidak perlu khawatir lagi terkait akhir bulan.

Kamu bisa memanfaatkan uang tersebut untuk membeli berbagai keperluan. Meski uang receh memiliki nominal kecil, jika dikumpulkan, tentu akan bernilai cukup besar untuk kebutuhan mendesak.

3. Memberi ke ‘Pak Ogah’

Apakah kamu tahu Pak Ogah? Seseorang yang suka membantu lalu lintas di pertigaan atau perempatan, di tempat lalu lintas yang cukup padat.

Keberadaannya cukup membantu pengendara, dan menghindari terjadinya kemacetan. Keberadaannya yang membantu, membuat pengendara memberikan sedikit uang untuk Pak Ogah.

Di sini lah manfaat dari uang receh bisa kamu gunakan. Dikarenakan lalu lintas yang ramai, agar tidak ribet, kamu bisa menyiapkan uang receh untuk di berikan ke Pak Ogah.

4. Media untuk Mengajarkan Anak Menabung

Budaya menabung harus diterapkan sejak dini, agar kelak anak terbiasa dengan menabung. Daripada uang receh sisa kembalian di letakkan di sembarang tempat.

Lebih baik kamu gunakan sebagai media pembelajaran. Kamu bisa menyiapkan sebuah tempat atau celengan untuk menabung. Dan memberikannya kepada anak untuk dituang kedalam celengan.

Jika dilakukan secara rutin setiap mendapatkan uang receh, selain anak menjadi rajin menabung, uang receh tersebut nantinya bisa dimanfaatkan untuk banyak hal.

5. Dapat Ditukarkan pada Warung

Di warung ataupun minimarket, uang receh sangat dibutuhkan. Bahkan tidak jarang, mereka kehabisan uang receh dan memberikan pembeli permen sebagai ganti uang receh.

Jika kamu mengumpulkan uang receh yang dimiliki, dan berjumlah lumayan banyak, kamu bisa menukarkannya di warung atau minimarket menjadi uang kertas dengan nominal yang sesuai.

6. Sebagai Benda Antik

Apakah kamu pernah melihat barang antik dari uang receh zaman dahulu? Uang receh tersebut dibanderol cukup tinggi loh sekarang ini.

Nah, siapa tahu, uang receh yang kamu miliki saat ini, suatu saat juga menjadi barang antik yang banyak dicari.

Jadi, jangan sepelekan uang receh tersebut. Kamu bisa menyimpannya dengan rapi di dalam kotak, atau bisa diberikan kepada anak di masa depan.

7. Tabungan Masa Depan

Manfaat dari uang receh terakhir adalah untuk tabungan masa depan. Memang bisa menabung untuk masa depan dengan uang receh? Jawabannya adalah bisa.

Tabungan masa depan tidak hanya untuk uang kertas. Kamu bisa mengumpulkan uang receh satu persatu, hingga terkumpul menjadi uang dengan nominal yang besar.

Memang, menabung dengan uang receh perlu ketekunan dan kesabaran. Pasalnya, kamu membutuhkan waktu yang cukup lama agar bisa mencapai nominal yang besar.

Tetapi, jika tidak dari sekarang, lantas mau mulai dari kapan menyiapkan tabungan masa depan? Lalu, dibandingkan di sia-siakan, lebih baik uang receh tersebut disimpan untuk masa depan.

(Baca Juga: 6 Produk Tabungan Terbaik Untuk Bisnis)

Persiapkan Tabungan Masa Depan melalui CekAja.com!

Tabungan masa depan bisa kamu persiapkan mulai dari sekarang. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir lagi terkait keuangan di masa depanmu nanti.

Tidak harus dengan nominal yang besar, dengan nominal kecil pun kamu bisa mulai menabung tabungan masa depan.

Salah satu hal yang paling penting untuk dilakukan saat menyiapkan tabungan masa depan ini adalah konsisten dan sabar.

Dengan begitu, sedikit demi sedikit tabunganmu lama-lama akan menjadi bukit juga dikemudian hari.

Saat ini, sudah banyak perbankan yang menyediakan layanan tabungan. Kamu bisa memilih jenis tabungan yang sesuai dengan tujuan dan kemampuan finansial mu.

Agar lebih mudah dalam menyesuaikan jenis tabungan, kamu bisa membandingkan satu sama lainnya.

Melalui CekAja.com kamu bisa melakukan perbandingan tersebut. Di sana terdapat beberapa pilihan tabungan yang bisa kamu pilih.

Proses pengajuan di CekAja juga cukup praktis, dan prosesnya cepat. Sehingga, kamu bisa segera mendapatkan tabungan, dan mulai menabung.

Tidak perlu khawatir soal keamanan, CekAja sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga pelayanannya aman untuk kamu gunakan.

Nah, tunggu apalagi? Yuk, segera ajukan tabungan melalui CekAaja, dan mulai menabung!