8 Manfaat Kelapa Ijo Bagi Tubuh, Bisa Cegah Penyakit Berbahaya

4 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Meminum air kelapa ijo menjadi salah satu kegemaran banyak orang. Tak hanya menghilangkan rasa haus, berbagai manfaat kelapa ijo bagi tubuh pun bisa dirasakan setelah mengkonsumsinya.

Manfaat Kelapa Ijo bagi tubuh

Kelapa ijo kini semakin mudah ditemui dimana saja. Banyak penjual yang menjajahkan kelapa ijo di mana saja, di hampir setiap daerah. Harga yang ditawarkan pun cukup bersahabat dengan kantong sekitar Rp15.000 hingga Rp25.000 meski sedikit di atas harga kelapa biasa.

Sekilas, kamu tidak akan melihat perbedaaan yang mencolok antara kelapa ijo dan kelapa biasa. Padahal, kelapa ijo memiliki ciri khas dan manfaat tersendiri. Di antaranya sebagai berikut ini.

Ciri-ciri Kelapa Ijo Berkualitas:

  • Ketika kelapa ijo dibelah, warna merah muda yang ada di serat kulit kelapa bagian dalam akan terlihat. Ini berbeda dengan kelapa biasa memiliki warna cokelat cenderung pucat, bahkan mendekati warna putih.
  • Jika dilihat dengan seksama, akar pada kelapa biasa memiliki warna putih. Namun pada akar kelapa ijo yang masih berumur satu atau dua bulan akan berwarna merah ketika dikupas.
  • Air kelapa ijo memiliki sensasi rasa sedikit asam menyegarkan, tetapi daging buahnya manis. Sedangkan air kelapa biasa terasa seperti air soda yang berkarbonasi dengan rasa manis.

Kandungan Kelapa Ijo

Kalau kamu mencicipi air kelapa ijo, rasanya terasa lebih legit dari pada air kelapa biasa, kadar airnya juga lebih banyak jika dibandingkan dengan daging buahnya. Sederet manfaat kelapa ijo bagi tubuh bisa dirasakan, sebab kelapa ijo menyimpan nutrisi potasium sebanyak 600 miligram.

Kamu juga bisa memperoleh kandungan mineral dari kelapa ijo seperti magnesium, kalsium, fosfor, zat besi, zinc, tembaga, mangan, dan selenium. Ada juga vitamin A, B6, B12, C, D,E, K, asam pantotenat, betaine, folat, kolin, niacin, riboflavin, dan thiamin. Kandungan zat sitokinin pada air kelapa ijo bahkan dinilai para peniliti sebagai zat anti-kanker.

Manfaat Kelapa Ijo Bagi Tubuh

Beragam kandungan di atas menimbulkan banyak manfaat kelapa ijo bagi tubuh, di antaranya:

1. Membantu Meredakan Demam

Membantu Meredakan Demam - 8 Manfaat Kelapa Ijo Bagi Tubuh Bisa Cegah Penyakit Berbahaya

Demam menandakan sistem imun tubuh kamu tengah berupaya melawan infeksi yang disebabkan bakteri, jamur, parasit atau virus. Umumnya demam terjadi ketika suhu tubuh kamu mencapai 38 derajat celcius atau lebih.

Nah, manfaat kelapa ijo bagi tubuh yang pertama adalah bisa meredakan demam. Kandungan zat anti racun pada air kelapa ijo membantu meredakan demam. Tak hanya itu, cairan tubuh yang hilang saat demam juga bisa digantikan dengan kandungan isotonic air kelapa ijo.

Untuk mengonsumsinya, kamu perlu menambahkan satu sendok makan madu dan sedikit air hangat ke dalam segelas air kelapa ijo. Setelahnya, kamu bisa langsung meminumnya.

2. Mengatasi Masalah Pencernaan

Mengatasi Masalah Pencernaan - 8 Manfaat Kelapa Ijo Bagi Tubuh Bisa Cegah Penyakit Berbahaya

Pencernaan yang sehat bisa terdeteksi dengan buang air besar yang lancar. Agar sistem pencernaan berjalan dengan lancar, kamu memerlukan asupan serat dan nutrisi yang cukup.

Manfaat dari kelapa ijo akan membantu mengatasi masalah pencernaan karena akan mengurai segala macam racun dan sampah yang ada di tubuh. Proses detoks yang maksimal akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih baik. Dijamin enggak bakal sembelit!

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung - 8 Manfaat Kelapa Ijo Bagi Tubuh Bisa Cegah Penyakit Berbahaya

Jantung merupakan organ vital bagi manusia, karena berfungsi untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Manfaat kelapa ijo yang mengandung kalium tinggi sangat baik bagi pergerakan otot di dalam tubuh, termasuk otot jantung.

Juga, kelapa ijo bisa menetralisir sumbatan-sumbatan yang bersarang di pembuluh darah dan membuat resiko kamu terserang penyakit jantung berkurang.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Membantu Menurunkan Berat Badan - - 8 Manfaat Kelapa Ijo Bagi Tubuh Bisa Cegah Penyakit Berbahaya

Manfaat kelapa ijo bagi tubuh lainnya yakni bisa membantu proses penurunan berat badan. Cocok banget nih buat kamu yang sedang diet. Gimana enggak, kelapa ijo memiliki kandungan lemak, gula, dan kalori yang sangat rendah.

Di sisi lain, daging buah dan air kelapa ijo juga cukup mengenyangkan. Rasa kenyang setelah mengonsumsi kelapa ijo juga terasa lebih lama, lho. Kandungan serat yang cukup juga membantu pencernaan lancar. Jadi, proses diet bakal lebih terlihat hasilnya.

(Baca Juga: 4 Cara Cepat dan Hemat Turunkan Kolesterol Setelah Lebaran)

5. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Mencegah Penyakit Batu Ginjal - 8 Manfaat Kelapa Ijo Bagi Tubuh Bisa Cegah Penyakit Berbahaya

Kamu pasti sudah tahu bahwa ginjal adalah salah satu organ terpenting. Ginjal memiliki fungsi menyaring darah, membuang limbah dan racun yang terdapat di dalam tubuh, lalu membuangnya melalui urin.

Guna menjaga kesehatan ginjal, kamu bisa mengkonsumsi kelapa ijo secara rutin dan teratur. Sebab kandungan di dalam kelapa ijo menstabilkan kadar gula darah. Sehingga pembuluh darah ginjal terlindung dari sumbatan akibat kadar gula darah tinggi.

Manfaat kelapa ijo juga diyakini sebagai pencegah penyakit batu ginjal.

6. Mengganti Cairan Tubuh yang Hilang

Mengganti Cairan Tubuh yang Hilang - 8 Manfaat Kelapa Ijo Bagi Tubuh Bisa Cegah Penyakit Berbahaya

Cairan yang ada di dalam tubuh  berguna untuk mengatur suhu, melindungi persendian dan organ, serta membantu peredaran oksigen ke sel. Cairan tubuh bisa cepat hilang saat melakukan aktifitas yang padat, berolahraga, atau saat jatuh sakit.

Manfaat kelapa ijo yang memiliki kandungan elektrolit tinggi yang hampir sama dengan cairan tubuh. Potasium juga akan menekan air dalam sel dan darah. Sehingga membuatnya mudah diserap tubuh dan dengan cepat menggantikan cairan tubuh yang hilang.

7. Mencegah Penuaan Dini

Mencegah Penuaan Dini - 8 Manfaat Kelapa Ijo Bagi Tubuh Bisa Cegah Penyakit Berbahaya

Kepala ijo mengandung sitokinin yang merupakan hormon pertumbuhan. Sitokinin akan menjadi vitamin yang dibutuhkan tubuh kamu guna meningkatkan jaringan kolagen pada kulit. Jaringan kolagen yang cukup akan mencegah penuaan dini, meratakan pigmentasi kulit, dan meredakan jerawat.

Manfaat kelapa ijo bagi tubuh yang satu ini bisa kamu dapatkan dengan rutin mengonsumsi daging buah dan airnya, maupun dijadikan masker kecantikan dan menggunakan airnya untuk mencuci muka. Jangan lupa untuk selalu membilas kulit dengan air bersih setelahnya, ya.

8. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin - 8 Manfaat Kelapa Ijo Bagi Tubuh Bisa Cegah Penyakit Berbahaya

Manfaat kelapa ijo bagi tubuh selanjutnya adalah menjaga kesehatan ibu hamil dan janin supaya tak rentan terkena penyakit. Senyawa asam laurat pada kelapa ijo berfungsi sebagai anti jamur, anti bakteri, dan anti virus. Sehingga janin bisa tumbuh sehat hingga lahir nanti.

Itu berbagai kandungan baik pada kelapa ijo untuk kesehatan tubuh. Yuk, mulai jaga kesehatan dengan memperbaiki gaya hidup, serta melindungi diri dengan asuransi kesehatan yang bisa kamu pilih dan ajukan melalui CekAja.com.

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah