Manfaat Kombucha Apa Saja Sih? Yuk, Cari Tahu!

Belakangan, banyak orang rutin meminum minuman kesehatan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Salah satu minuman probiotik yang ikut tren adalah kombucha. Kamu sudah tahu belum, apa itu kombucha? Ternyata manfaat kombucha ini banyak loh!

Manfaat Kombucha Apa Saja Sih? Yuk, Cari Tahu!

Apa Itu Kombucha

Meskipun merupakan minuman tradisional, kombucha ternyata masih digemari loh hingga saat ini. Buat kamu yang belum tahu, kombucha adalah minuman hasil fermentasi, yang terbuat dari bahan dasar teh dengan campuran bahan aktif Scoby (Symbiotic Culture of Bacteria and Yeast).

Scoby merupakan campuran antara bakteri baik dengan ragi, yang berfungsi untuk membantu fermentasi. Waktu fermentasinya sendiri, kombucha memakan waktu hingga satu minggu atau bahkan lebih. Lamanya waktu fermentasi ini akan mempengaruhi kualitas, kandungan, hingga rasa teh yang nantikan akan dihasilkan.

Untuk rasa, Kombucha memiliki citra rasa asam dan manis, dengan aroma mirip cuka. Rasa asamnya merupakan hasil dari reaksi kimia antara bakteri dan ragi. Meski memiliki cita rasa yang asam, ternyata manfaat kombucha ini banyak loh untuk kesehatan.

Manfaat Kombucha

Teh hasil fermentasi ini mengandung banyak senyawa dan zat yang bermanfaat. Selain itu, kombucha juga mengandung vitamin, antioksidan, probiotik, gula, mineral, enzim, dan asam organik. Jadi, tidak heran manfaat kombucha cukup banyak. Yuk simak apa saja!

Sumber Probiotik

Manfaat kombucha yang pertama adalah sumber probiotik. Proses pembuatan kombucha menggunakan teknik fermentasi, antara teh dengan bakteri dan ragi.

Teknik fermentasi ini tentunya akan menghasilkan banyak mikroorganisme di dalamnya. Mikroorganisme yang terkandung inilah, yang dapat menjadi sumber probiotik dalam teh kombucha.

Mengandung Antioksidan

Manfaat kombucha yang kedua adalah mengandung antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Antioksidan juga dapat ditemukan di dalam teh, yang merupakan bahan dasar dalam proses pembuatan kombucha. Selain itu, kandungan antioksidan akan bertambah tinggi seiring, dengan meningkatnya waktu fermentasi yang diberikan.

Baik untuk Pencernaan

Kandungan probiotik dan antioksidan yang tinggi dalam kandungan kombucha, mampu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Jadi, untuk kamu yang kurang lancar sistem pencernaan-nya, kamu dapat mencoba meminum kombucha. Tapi perlu diperhatikan, kamu tidak perlu meminum secara berlebihan, secukupnya saja.

(Baca Juga : Jenis Teh Seduh yang Baik untuk Tubuh)

Membantu Membunuh Bakteri

Salah satu manfaat kombucha yaitu memiliki sifat antibakteri, yang melawan berbagai macam bakteri berbahaya yang tidak diinginkan. Akan tetapi, pertumbuhan bakteri Candida albicars tidak terhambat oleh kombucha.

Sifat antibakteri di dalam kombucha ini, terdapat dikarenakan adanya senyawa asam asetat dan usnat yang diproduksi selama proses fermentasi. Selain itu, ada juga senyawa polifenol, terutama katekin yang terkandung di dalam teh yang tidak hilang selama fermentasi. Oh iya, kandungan asam asetat selain sebagai antibakteri, juga merupakan komponen yang memberi aroma dan rasa khas pada kombucha loh!

Menekan Resiko Kanker

Teh kombucha memiliki banyak kandungan baik seperti polifenol dan antioksidan yang tinggi. Kedua kandungan tersebut diduga dapat menekan dan menghambat penyebaran sel-sel kanker. Akan tetapi, kandungan antikanker ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Menurunkan Gula Darah

Manfaat kombucha yang lainnya adalah mampu menurunkan gula darah. Terdapat studi penelitian yang mengatakan bahwa, mengkonsumsi teh kombucha dapat menurunkan gula darah. Meskipun begitu, kamu tetap harus memperhatikan jumlah dalam mengkonsumsinya.

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Kombucha juga disebut bisa mengurangi resiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat dalam kombucha menurunkan LDL dan menaikan HDL.

Kombucha juga mengandung asam folat, yang dapat berfungsi menurunkan resiko penyakit jantung. Kandungan antioksidan dalam kombucha yang tinggi, juga memberikan hal baik untuk kesehatan jantung. Tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait hal ini.

Penting Untuk Diperhatikan Dalam Mengkonsumsi Kombucha

Teh kombucha memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Ketenarannya, juga membuat banyak orang ingin mencoba buat sendiri teh ini di rumah. Sebelum membuatnya, kamu harus mengetahui pasti takaran serta proses dalam pembuatannya. Kamu juga harus memperhatikan kebersihan selama membuatnya.

Karena jika tidak tepat, dikhawatirkan akan terkontaminasi dan manfaat yang terkandung tidak dapat dinikmati tubuh sebagaimana mestinya. Selain itu, kamu juga memperhatikan efek samping dari minuman ini. Mengkonsumsi secara berlebihan akan berdampak tidak baik, melainkan akan menimbulkan berbagai masalah. Yuk simak bahasan berikut ini.

Menyebabkan Keracunan

Pembuatan teh kombucha harus membersihkan kebersihan. Sebab, jika tidak higienis dapat menimbulkan bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan keracunan. Seperti bakteri Bacillus anthrax, Penicillium ,dan Aspergillus. Oleh sebab itu, kamu memperhatikan kebersihan ya dalam proses pembuatan teh kombucha ini.

Menyebabkan Gagal Ginjal

Ternyata teh kombucha juga dapat menyebabkan gagal ginjal loh! Eits efek samping ini bisa terjadi jika kamu mengkonsumsi teh kombucha secara berlebih. Jadi, pastikan kamu mengkonsumsi teh kombucha secukupnya ya!

Menyebabkan Kerusakan Hati

Berdasarkan penelitian Kovacenic pada tahun 2014, mengkonsumsi teh kombucha secara berlebih dapat berpotensi mengembalikan senyawa CCl4, yang mana senyawa ini bersifat beracun. Sehingga disarankan tidak mengkonsumsi minuman ini secara berlebihan.

(Baca Juga : Teh Bunga untuk Kesehatan yang Kaya akan Manfaat)

Nah itu dia manfaat kombucha yang bisa kamu dapatkan ketika mengkonsumsinya. Tetapi, meskipun memiliki banyak manfaat, apapun yang berlebihan tentunya tidak baik. Jadi, pastikan kamu mengkonsumsi dengan secukupnya ya!

Meski memiliki manfaat yang banyak, tentu tidak cukup untuk melindungi diri kamu dari berbagai penyakit. Kamu membutuhkan proteksi diri, seperti memakan makanan sehat dan bergizi, rutin berolahraga, dan tentunya menggunakan asuransi kesehatan.

Dengan adanya asuransi kesehatan, ketika kamu terserang penyakit secara mendadak, kamu tidak perlu lagi memikirkan biaya pengobatan serta perawatan. Kamu hanya cukup fokus dalam penyembuhan, karena semua ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Penting untuk kamu, memilih produk asuransi kesehatan yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Kamu dapat memilih dan mendaftarkan diri untuk asuransi kesehatan secara online melalui CekAja.com.

CekAja.com menyediakan berbagai jenis produk asuransi kesehatan terbaik, dari berbagai perusahaan asuransi kesehatan. Jadi, kamu dapat memilih dan membandingkan kualitas dan layanan yang kamu inginkan.

Yuk, segera ajukan asuransi kesehatan pilihan terbaikmu di CekAja.com!