Manfaat Madu untuk Wajah beserta Cara Menggunakan dan Efek Sampingnya

Manfaat madu untuk wajah memang sudah terkenal sejak dulu. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu mesti tahu akan cara menggunakannya dan efek samping dari madu tersebut.

Peranan Madu untuk Wajah

Tidak hanya untuk dikonsumsi, madu pun diyakini memiliki manfaat baik untuk wajah. Bahan ajaib yang satu ini, mengandung antibakteri dan antioksidan yang terkenal dapat mengatasi berbagai masalah kulit.

Sifat antibakteri pada madu diketahui bisa membantu menghilangkan bakteri serta kuman pada kulit wajah.

Sementara, kandungan antioksidannya untuk melawan radikal bebas yang seperti kita tahu merupakan pemicu penuaan dini dan masalah kerusakan kulit lainnya.

Selain bersifat antibakteri dan antioksidan, madu juga terkenal sebagai antiseptik alami untuk pemulihan kulit dari berbagai masalah seperti jerawat dan kulit kering, secara cepat.

6 Manfaat Madu untuk Wajah

Dengan beragam kandungan baik tersebut, tak heran kalau madu untuk wajah sangat berkhasiat. Dan berikut ini beberapa khasiat dari penggunaan madu untuk wajah.

1. Efektif bersihkan pori-pori

Manfaat madu untuk wajah yang pertama akan kamu rasakan adalah pori-pori kulit terasa lebih bersih.

Alasannya karena kandungan antibakteri serta antioksidan yang ada pada madu, efektif untuk mengangkat kotoran sisa makeup maupun debu pada pori-pori kulit.

Tidak hanya menjadikan kulit bersih saja, penggunaan masker madu yang tepat dan rutin, juga dapat membuat pori-pori wajah tampak mengecil serta terlihat lebih mulus.

2. Melembabkan wajah

Adakalanya kulit mengalami kondisi dehidrasi, entah karena faktor cuaca, kurang tidur, atau kurang terpapar sinar matahari.

Kulit yang mengalami dehidrasi ini akan tampak kusam dan bersisik, terutama setelah dibersihkan. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan madu untuk wajah.

Manfaat madu dalam kondisi ini adalah untuk mengembalikan kelembapan wajah, karena adanya kandungan senyawa humektan.

Senyawa humektan sendiri dipercaya mampu merawat kulit yang mengalami dehidrasi, dan menjadikannya lebih halus sekaligus lembab.

Meski ditujukan khusus untuk kulit dehidrasi atau kering, namun bukan berarti kamu yang memiliki masalah kulit berminyak tidak boleh menggunakan madu ya.

Malahan, pemilik kulit berminyak pun disarankan untuk memakai masker madu, guna menghindari masalah jerawat, pori-pori besar, serta untuk mempertahankan kelembapan kulit wajah.

3. Mengatasi masalah jerawat

Selain efektif untuk membersihkan pori-pori dan melembabkan wajah, madu juga bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat lho.

Kandungan antiinflamasinya dapat membantu meredakan peradangan pada kulit akibat dari jerawat yang muncul.

Tidak hanya itu saja, kamu juga dapat memudarkan bekas jerawat hanya dengan mengoleskan masker madu, karena adanya kandungan antioksidan yang terkenal efektif untuk memperbaiki kulit yang rusak.

(Baca Juga: Daftar Merk Vitamin D Terbaik untuk Kesehatan)

4. Cocok untuk eksfoliasi

Dalam seminggu, setidaknya wajah perlu dieksfoliasi sebanyak dua hingga tiga kali untuk mengangkat sel kulit mati yang mengendap.

Eksfoliasi ini bisa dilakukan, baik dengan menggunakan produk berbahan alami seperti madu.

Meski tidak bertekstur kasar seperti scrub wajah pada umumnya, namun menjadikan madu sebagai eksfoliasi alami juga dinilai efektif, sebab kandungan enzimnya bekerja maksimal untuk mengangkat kotoran dan sisa sel kulit mati.

5. Memberi efek cerah pada wajah

Siapa yang tak ingin memiliki wajah cerah, apalagi setelah terkena sengatan matahari yang membuat warna kulit terlihat kusam.

Selain menggunakan produk skincare, kamu juga bisa mengaplikasikan madu untuk wajah karena ini adalah cara terbaik untuk mencerahkan wajah secara alami.

Kandungan antibakteri yang terkandung dalam madu, bakal bekerja efektif untuk mengatasi peradangan kulit akibat sengatan matahari, dan membuatnya terbebas dari kuman penyebab jerawat.

6. Anti penuaan dini

Penuaan dini dapat dialami terutama saat kondisi kulit wajah kering. Penuaan dini sendiri terlihat saat wajah memiliki garis halus dan keriput.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba meracik masker madu dan gunakan dua hingga kali seminggu setiap malam untuk mendapat hasil yang maksimal.

Kandungan vitamin, asam amino, hingga mineral pada madu, akan membuat kulit lebih lembap, sekaligus mencegahnya dari tanda-tanda penuaan dini.

Bahkan, saking lengkapnya kandungan yang dimiliki madu, bahan alami ini dikenal jauh lebih baik dibandingkan krim anti-aging manapun.

Cara Menggunakan Madu untuk Wajah

Sudah tahukan apa saja manfaat madu untuk wajah? Jadi, mendingan dari sekarang cobain yuk masker madu, untuk mendapat hasil yang maksimal pada wajah.

Kalau masih bingung mengenai cara menggunakannya atau bagaimana meraciknya, mungkin ulasan berikut ini dapat membantu kamu.

  • Menggunakan Madu Alami

Cara pertama yang bisa kamu pilih adalah dengan hanya menggunakan madu saja. Namun, madu yang dipakai haruslah madu asli dan bukan madu olahan.

Untuk penggunaannya, kamu hanya perlu membasuh muka terlebih dulu dengan air hangat, agar pori-pori kulit terbuka. Lalu, oleskan madu secara merata ke wajah dan biarkan selama kurang lebih 30 menit.

Setelahnya, bilas kembali wajah dengan air hangat, lalu ulangi dengan air dingin agar pori-pori wajah tertutup.

  • Menggunakan Madu dan Oats

Untuk pemilik kulit kering, kamu bisa kok meracik masker madu dengan campuran oats sebagai eksfoliasi alami.

Cara pemakaiannya juga gampang, cukup campurkan kedua bahan tersebut, lalu pijat halus selama 5 menit. Diamkan sebentar agar bahan terserap sempurna ke kulit, baru kemudian bilas dengan air hingga bersih.

  • Menggunakan Madu dan Yoghurt

Penggunaan madu dan yoghurt ditujukan untuk membuat kulit wajah tampak lebih cerah dan bersih. Cara ini dapat kamu coba, terutama setelah wajah menghitam akibat sengatan sinar matahari.

Untuk menggunakannya, pertama-tama kamu hanya perlu mencampurkan satu sendok makan plan yoghurt dengan setengah sendok madu. Aduk secara merata, lalu oleskan ke seluruh wajah.

Diamkan selama kurang lebih 15 menit, baru kemudian di bilas dengan air hangat dan lanjutkan rangkaian skincare mu seperti biasa.

  • Menggunakan Madu dan Kayu Manis

Selain dengan yoghurt, kamu pun dapat mencampurkan madu dan kayu manis sebagai masker khusus mengatasi masalah jerawat.

Caranya, cukup campurkan dua sendok makan madu dengan satu sendok teh kayu manis bubuk. Lalu, aduk hingga merata atau sampai teksturnya tampak seperti pasta.

Oleskan masker pada seluruh wajah dan diamkan selama 20 menit. Setelahnya, bersihkan sisa masker dengan air bersih, dan ulangi cara ini tiap 2 kali dalam seminggu.

Efek Samping Madu untuk Wajah

Madu untuk wajah memang memiliki banyak manfaat baik. Namun, penggunaan madu sendiri tidak dianjurkan sebagai masker setiap hari lho.

Karena, hal itu justru membuat kulit semakin mengering dan kehilangan kelembapan wajah.

Tidak hanya itu saja, bagi sebagian orang terutama yang memiliki kulit sensitif, pemakaian madu sebagai masker alami juga akan membuat kulitnya mudah mengalami iritas dan alergi.

(Baca Juga: 7 Obat Tradisional dan Alami untuk Asam Lambung)

Nah, itu dia informasi mengenai manfaat madu untuk wajah beserta cara menggunakan dan efek sampingnya.

Selain wajah, kamu juga perlu menjaga kesehatan tubuh baik dari dalam maupun dari luar.

Untuk perlindungan dari luar, kamu dapat mengandalkan asuransi kesehatan dari CekAja.com, yang sudah pasti memiliki banyak manfaat perlindungan dengan jaringan rumah sakit yang luas.

Polis asuransinya juga tergolong pas dengan bujet. Jadi, kalau kamu tertarik membeli asuransi kesehatan di CekAja, langsung klik tabel di bawah ini ya.