9 Cara Menjaga Kebersihan Miss V Yang Perlu Wanita Tahu

Menjaga kebersihan memang sangat penting, terlebih bagi seorang wanita, karena umumnya wanita pasti senang dengan kebersihan dan keindahan. Termasuk kebersihan miss V, dan cara menjaga kebersihan miss V yang benar adalah salah satu hal penting yang membuat wanita semakin percaya diri dan sehat.

Advertisement

Saat seorang wanita sudah beranjak remaja dan tak lagi anak-anak, ada perhatian lebih yang diberikan pada area miss V, terlebih jika sudah memasuki masa menstruasi. Edukasi akan organ vital ini harus benar-benar sudah paham dengan baik, agar bisa merawatnya dengan baik juga.

Beberapa orang mungkin ingin membersihkan vulva, yang merupakan bagian terluar dari alat kelamin yang mengelilingi pintu masuk ke vagina. Melakukan hal ini bisa membantu banyak orang merasa lebih bersih dan sebagai hasilnya menjadi lebih percaya diri.

Dalam hal ini, mereka harus membersihkan bibir vulva dengan lembut dan secukupnya. Karena pembersihan yang berlebihan bisa berdampak negatif.

Upaya membersihkan vagina dengan douche atau produk serupa dapat menyebabkan peradangan dan mengubah pH vagina. Pada artikel ini kita akan membahas tentang tips cara menjaga kebersihan miss V dengan aman, dan metode pembersihan mana yang harus dihindari.

(Baca Juga: Cara Atasi Mata Kedutan yang Mengganggu)

Tips Cara Menjaga Kebersihan Miss V

Vagina atau sering kita sebut miss V adalah bagian dalam dari alat kelamin wanita. Sedangkan vulva mengacu pada bagian luar, yang meliputi struktur seperti klitoris, labia mayora dan labia minora, dan lubang vagina.

Vagina adalah organ dalam, dan seperti organ dalam lainnya, tidak perlu dibersihkan. Karena koloni kompleks bakteri baik dan mikroba lain membantu menjaga kesehatan vagina itu sendiri.

Sering kita temui bahwa mencuci vagina dengan sabun yang memiliki kandungan deterjen tinggi malah bisa membuat pH vagina tidak seimbang yang akhirnya membuat vagina berbau tidak sedap.

Vagina adalah organ yang membersihkan dirinya sendiri jadi sebenarnya kita tidak perlu membersihkan vagina berlebihan juga. Tips cara menjaga kebersihan miss V harus diketahui banyak wanita karena selama ini banyak anggapan yang salah.

Tips cara menjaga kebersihan miss V bisa dilakukan dengan cara berikut:

1. Jangan Gonta Ganti Pasangan

Tidak bergonta ganti pasangan, ini akan menjaga kebersihan diri dan kebersihan pribadi dalam hubungan intim dengan suami. Cara menjaga kebersihan miss V ini dilakukan untuk mencegah infeksi melalui saluran reproduksi.

Jadi jelas tidak disarankan untuk memiliki banyak pasangan karena akan meningkatkan kemungkinan terjadinya infeksi dan penyakit menular seksual.

2. Bersihkan Dengan Air Bersih

Tips cara menjaga kebersihan miss V selanjutnya adalah memakai air bersih untuk membersihkan miss V. Lakukan pencucian terutama setelah buang air kecil atau besar.

Bilas area vagina dari depan ke belakang untuk menghindari kontaminasi kuman di anus. Cara sederhana ini tentu bisa dilakukan oleh semua wanita.

3. Jaga Tetap Kering

Jaga area vagina dan selangkangan agar tetap kering menjadi tips selanjutnya cara menjaga kebersihan miss V. Karena kondisi lembab akan menarik lebih banyak kuman dan jamur dapat menyebabkan gangguan pada organ reproduksi wanita.

4. Rajin Pangkas Untuk Merapikan

Lakukan perawatan pada rambut yang tumbuh di area vagina. Rapikanlah untuk memendekkan atau memotong menggunakan gunting atau serut, jangan dicabut karena akan menimbulkan lubang.

5. Ganti Pakaian Dalam Secara Teratur

Simpan pakaian dalam dengan benar dan gantilah dengan teratur. Ganti pakaian dalam setidaknya dua hingga tiga kali sehari.

Pilih juga bahan pakaian dalam yang mudah menyerap keringat, karena jamur bisa menempel di alat kelamin. Hindari bertukar pakaian dengan orang lain bahkan dalam keluarganya sendiri, karena setiap orang memiliki kondisi seksual yang berbeda-beda.

6. Jaga Kebersihan Saat Haid

Cara menjaga kebersihan miss V selanjutnya yaitu gantilah pembalut sesering mungkin saat haid. Saat haid, kuman mudah masuk dan pembalut yang tidak memiliki bekuan darah adalah rumah bagi jamur dan bakteri.

Coba ganti setiap 4 jam, 2-3 kali sehari, atau saat sudah terasa tidak nyaman segera ganti. Jangan lupa untuk membersihkan vagina sebelum mengganti pembalut.

7. Cuci Pakaian Dalam dengan Benar

Bagi penderita infeksi jamur, cuci pakaian dalam dengan cara yang benar. Jamur hanya bisa dimatikan dengan api besar.

Tips cara menjaga kebersihan miss V bisa dengan merebus pakaian dalam setelah dicuci.

8. Segera Ke Dokter Jika Ada Kelainan

Lakukan tindakan pencegahan khusus untuk mendeteksi adanya kelainan. Segera pergi ke dokter jika perlu. Hal ini perlu dilakukan karena terdapat beberapa penyakit yang tidak dapat dicegah hanya dengan menjaga kebersihannya saja.

9. Jaga Daya Tahan Tubuh

Tips selanjutnya cara menjaga kebersihan miss V adalah dengan menjaga daya tahan tubuh secara umum dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Lakukan senam teratur dan berikan asupan multivitamin untuk meningkatkan keasaman sekresi miss V.

Nah selain wanita perlu tahu bagaimana cara menjaga kebersihan miss V dengan benar, juga harus tahu kalau tidak boleh menggunakan produk-produk yang asal-asalan seperti douche, bahkan yang diklaim oleh pabrikan aman atau alami, semprotan deodoran feminine, parfum, sabun deterjen dan sabun yang mengandung parfum.

Karena sebenarnya di dalam miss V ada bakteri yang bertugas untuk melindungi miss V itu sendiri. Jika keseimbangan bakteri terganggu, hal ini dapat memicu terjadinya infeksi dan peradangan.

Bakeri baik bernama lactobacilli ini akan menjaga keseimbangan pH di dalam miss V saat kondisinya normal ke rendah (kurang dari pH 4,5), yang juga mencegah pertumbuhan organisme lain. Jika pH vagina meningkat (asamnya berkurang), kualitas atau jumlah laktobacilli dapat turun dan bakteri lain dapat berkembang biak.

Hal ini dapat menyebabkan infeksi seperti bakterial vaginosis yang dapat menyebabkan gejala termasuk gatal, iritasi, dan keputihan yang tidak normal.

Nah itu dia beberapa tips cara menjaga kebersihan miss V yang perlu wanita ketahui. Menjaga daerah kewanitaan dengan benar bukan hanya akan menjadi lebih percaya diri tapi juga menjaga keseluruhan alat reproduksi karena miss V berhubungan langsung dengan rahim.

Jadi jangan sampai kita sebagai wanita tidak menjaga kebersihan miss V karena akan ada banyak resiko yang timbul karena kecerobohan kita tidak merawat miss V. 

(Baca Juga: Asuransi Kesehatan Cekaja Mudah dan Aman )

Kebersihan pangkal dari kesehatan yang menjadi hal sangat penting untuk kita miliki. Jadi pastilah kesehatan harus menjadi prioritas kita saat ini, terutama jika kita adalah seorang wanita, atau seorang ibu.

Ada banyak penyakit yang mengincar para wanita dan menjadi pembunuh nomor satu wanita di dunia, mulai dari kanker serviks, kanker payudara, infeksi saluran kemih, hingga penyakit lainnya yang harus dihindari.

Terlebih di masa pandemi dan dengan keadaan cuaca yang tak menentu, menjaga kesehatan dan memiliki asuransi kesehatan adalah hal yang wajib. Karena jika ada asuransi kesehatan, maka kendala dalam menerima layanan kesehatan dapat teratasi.

Saat ini, ada banyak pilihan asuransi yang bisa kita dapatkan. Selain itu, premi asuransi kini pun lebih terjangkau, dengan pelayanan yang terbaik. Untuk mendapatkannya pun kamu bisa mendaftar secara online.

Pendaftaran asuransi kesehatan secara online dapat dilakukan melalui CekAja.com, sehingga kita tal perlu repot repot pergi ke kantor asuransi yang belum tentu ada di dekat rumah.

Di CekAja.com kita juga dapat melihat perbandingan setiap asuransi kesehatan yang ada. Jadi kita bisa memilih yang paling sesuai dengan kondisi keuangan dan kebutuhan kita.

Nah, tunggu apalagi? Yuk daftar asuransi kesehatan melalui CekAja.com, mudah, aman, dan terpercaya.

Advertisement