11 Cara Mengatasi Mata Kedutan yang Aman Tanpa Mitos

Cara mengatasi mata kedutan yang seringkali dikaitkan dengan mitos. Padahal solusinya bisa dilakukan dengan cara yang logis.

Pasti kalian pernah mengalami mata kedutan kan? Mata yang kedutan seringkali mengagetkan ya?

Dan lucunya kedutan ini sering dikaitkan dengan mitos yang beredar di tengah masyarakat. Misalnya saja kedutan di area mata ini sebuah pertanda bahwa orang yang mengalaminya akan menangis dalam waktu dekat, atau melihat sesuatu yang menyenangkan, dll

Nah, saat terjadi kedutan di daerah mata, rasanya kelopak mata atau mata terus-terusan berdenyut atau bergerak sendiri tanpa disadari. Kejadian ini juga bisa terjadi berulang loh, dan mungkin bagi yang merasakannya ini tidak bisa kita kendalikan

Mata kedutan umumnya hanya berlangsung sebentar saja antara beberapa detik sampai beberapa menit saja dan hanya sesekali. Mata kedutan seringkali tidak terasa sakit hanya saja tidak nyaman.

Ada banyak penyebab mata kedutan yang mungkin saja terjadi. Bisa karena stress, alergi, mata lelah atau karena stimulan kafein.

Apapun penyebabnya jika ini berlangsung sering tentu mata akan terasa tidak nyaman. Nah untuk itu kita akan membahas bagaimana cara mengatasi mata kedutan. Yuk simak terus tulisan ini ya!

(Baca Juga: Penyebab TBC dan Cara Mengatasinya)

Cara Mengatasi Mata Kedutan

Penyebab mata kedutan telah disebutkan sebelumnya, seperti stress, alergi, mata lelah, konsumsi kafein. Mata kering dan gangguan nutrisi juga bisa menjadi penyebab mata kedutan.

Cara mengatasi mata kedutan juga ada banyak caranya. Apa saja itu? simak penjelasan cara mengatasi mata kedutan di bawah ini.

1. Lakukan Kedipan Kuat

Cara mengatasi mata kedutan bisa diawali dengan melakukan kedipan yang kuat. Pertama-tama tutup mata rapat-rapat lalu buka mata selebar mungkin.

Lakukan berulang gerakan mata seperti ini sampai mata keluar air matanya. Hentikan kalau itu terasa nyeri atau kedutannya malah tambah terasa.

Cara berkedip seperti ini dimaksudkan untuk meratakan lapisan air mata. Mata yang lembab karena air mata tentu akan lebih nyaman. Ini juga membuat kelopak mata beristirahat, otot wajah dan mata lebih rileks.

2. Lakukan Pijatan Lembut

Cara mengatasi mata kedutan selanjutnya adalah memijat dengan lembut area kelopak bawah mata dengan gerakan memutar. Pijat selama 30 detik dengan tangan yang sudah dibersihkan dulu agar tidak ada kotoran menempel.

Pijatan ini berfungsi melancarkan sirkulasi darah serta memperkuat otot mata. Dan pastinya bisa kita lakukan sendiri di rumah.

3. Berkedip 30 Detik

Berkedip 30 detik bisa menjadi cara mengatasi mata kedutan. Usahakan berkedip dengan frekuensi yang sama selama 30 detik.

Ini akan melumasi bola mata dengan cairan sekaligus membersihkannya. Lakukan kedipan dengan lembut secara berulang.

4. Menutup Setengah Kelopak Mata

Jika mata tiba-tba terasa berkedut kita bisa menutup separuh kelopak mata kita sekaligus menajamkan penglihatan. Ini akan memberikan tekanan agar kedutan berhenti.

Cara mengatasi mata kedutan seperti ini bisa untuk mata yang lelah. Terlebih jika sehabis menatap layar monitor selepas bekerja.

5. Tutup Mata Rapat-rapat

Lakukan latihan menutup mata rapat-rapat selama 1 menit. Selama 1 menit tutup mata dengan santai kemudian tutup kuat-kuat lalu lepaskan tanpa membuka mata.

Lakukan gerakan ini paling tidak 3 kali. Cara mengatasi mata kedutan dengan gerakan ini juga akan memperkuat otot mata kita. 

6. Lakukan Pijatan Akupresur

Cara mengatasi mata kedutan selanjutnya adalah dengan pijatan akupresur. Ada titik-titik tertentu yang harus dipijat di sekitar mata.

Salah satunya lakukan pijatan di alis dengan telunjuk dan jari tengah setelah melakukan tekanan lembut. Pastikan juga tangan sudah bersih ya!

7. Memakai Air

Cara mengatasi mata kedutan selanjutnya adalah dengan memercikkan air ke mata yang sudah tertutup. Kita bisa memakai air dingin dan air hangat secara bergantian.

Pembuluh darah akan menyempit saat kita memercikan air dingin sedangkan air hangat berlaku sebaliknya. Ini akan membantu melancarkan sirkulasi darah yang juga bisa mengatasi mata kedutan.

Kita juga bisa memakai es batu untuk mengoleskan di kelopak mata. Rasa dingin akan membuat mata menjadi lebih segar dan cerah.

8. Batasi Konsumsi Soda, Kafein dan Alkohol

Mengkonsumsi soda, kafein, alkohol atau obat-obatan tertentu ternyata juga bisa menyebabkan mata kedutan. Jadi cara mengatasi mata kedutan adalah bisa dengan membatasi konsumsi stimulan yang disebutkan tadi.

Konsultasikan dengan dokter jika itu menyangkut obat-obatan yang harus diminum kita. Karena jangan sampai kita salah obat atau bahkan over dosis yang akan berakibat fatal.

9. Cukupi  Cairan Tubuh

Cobalah untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih 8-10 gelas setiap harinya. Karena kekurangan cairan ternyata juga bisa menyebabkan mata kedutan. Jadi cukupi kebutuhan cairan tubuh kita ya!

10. Waktu Tidur yang Tepat

Tubuh yang lelah apalagi kalau kurang tidur bisa membuat mata kedutan. Mata juga bisa ikut merasa lelah dan kering.

Batasi juga pemakaian gadget sebelum kita tidur. Mata yang terlalu sering menatap layar elektronik seperti handphone, televisi atau komputer bisa membuat mata lelah dan kedutan. 

11. Pertimbangkan Suplemen

Kemungkinan kekurangan kandungan tertentu bisa menjadi penyebab mata kedutan. Dengan mempertimbangkan mengkonsumsi suplemen yang dianjurkan dokter bisa menjadi salah satu cara mengatasi mata kedutan.

Selain itu kita juga bisa memakai obat tetes mata untuk menghentikan mata kedutan, sekaligus membuat mata menjadi lebih bersih dan menghindari iritasi.

Nah itu dia berbagai macam cara mengatasi mata kedutan yang bisa kalian coba saat mengalami mata kedutan. Mata kedutan kadang juga dikaitkan dengan hal yang tidak masuk akal.

Tapi sebaiknya abaikan anggapan itu karena ini adalah kondisi medis yang umum terjadi pada tubuh kita. Cara mengatasinya juga harus sesuai dengan apa yang sudah banyak dianjurkan oleh para dokter ya. Jangan sampai asal-asalan dalam mengatasi mata kedutan ini.

(Baca Juga: Lulusan Teknik Arsitektur? Inilah Prospek Kerja yang Menjanjikan!)

Jika terlalu sering mengalami mata kedutan, kita pun bisa memeriksakan diri pada dokter. Jangan sampai terlambat untuk melakukan pengobatan sejak dini.

Karena ini bisa menjadi satu pertanda bahwa kamu mungkin mngalami stroke ringan, atau hal lain yang lebih parah.

Oleh karena itu, penting sekali untuk memeriksakan kesehatan secara rutin. Dan melengkapi diri dengan asuransi kesehatan terbaik.

Jika merasa bingung memilih asuransi kesehatan mana yang cocok untukmu. Kamu bisa mendaftar asuransi kesehatan melalui CekAja.com.

Sebagai media resmi yang diawasi, CekAja.com memberikan pelayanan terbaiknya untuk pendaftaran asuransi kesehatan yang saat ini banyak beredar di tengah masyarakat. Prosesnya pun cepat, karena dilakukan secara online.

Jadi, inilah kemudahan pendaftaran asuransi kesehatan yang bisa diakses melalui CekAja.com. Yuk, buruan lengkapi dirimu dangan asuransi kesehatan.