Prospek Kerja Jurusan Teknik Arsitektur Yang Menjanjikan Hingga Saat Ini

Ada banyak prospek kerja jurusan teknik arsitektur saat ini. Mulai dari arsitek, konsultan arsitektur, hingga dosen. Kira-kira apa profesi yang kamu minati nih?

Advertisement

Tak sedikit pilihan jurusan saat memasuki perguruan tinggi. Mulai dari jurusan yang paling umum, banyak diminati dan favorit para mahasiswa baru, hingga jurusan yang jarang diketahui dan jarang diminati.

Tapi ingat, dalam memilih jurusan minat dan bakat juga tak kalah penting menjadi bahan pertimbangan. Karena tentu akan sangat tidak menyenangkan jika menempuh jurusan favorit, dengan prospek kerja cemerlang, namun tidak sesuai dengan minat dan bakat kita.

Hal penting yang sangat mempengaruhi seseorang saat menentukan jurusan pendidikan mereka salah satunya adalah mengenai profesi atau prospek kerja setelahnya. Karena setelah menempuh pendidikan tinggi, hal setelahnya yang ingin diraih adalah pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan.

Ya, nyatanya saat-saat setelah lulus dari perguruan tinggi bisa menjadi saat yang menegangkan, saat kita mencoba mencari pekerjaan pertama. Meskipun kita saat kuliah berada di jurusan yang sering dianggap keren masih saja kita bingung menentukan karir kita setelah lulus.

Selain kedokteran, salah satu jurusan yang sering dianggap keren adalah jurusan Teknik Arsitektur. Mungkin sudah banyak yang tahu ya kalau jurusan Teknik Arsitektur itu mempelajari desain bangunan.

Kebanyakan dari kita pasti berpikir nanti kita kerja harus sebagai arsitek saja. Padahal tidak harus menjadi arsitek juga loh. Berbeda dengan kedokteran yang lulus menjadi dokter.

Teknik arsitektur bukan jurusan profesi, jadi membuka peluang pekerjaan yang lebih banyak dan terbuka.

Nah buat kamu yang bingung bagaimana prospek kerja jurusan teknik arsitektur ini, jangan lewatkan info prospek kerja jurusan teknik arsitektur yang menjanjikan dan keren di tulisan ini.

(Baca Juga: Kenapa Karyawan Kena PHK?)

Prospek Kerja Jurusan Teknik Arsitektur

Selain jadi arsitek ternyata prospek kerja jurusan teknik arsitek itu peluangnya banyak. Ada banyak pekerjaan yang keren yang bisa dicoba saat kamu sudah lulus nanti.

Karena di teknik arsitektur ini sudah pasti diajarkan tentang nilai estetis suatu bangunan maka prospek kerja jurusan teknik arsitektur juga makin luas. Apa saja itu? Yuk simak di bawah ini.

1. Arsitek

Tentu saja yang nomor satu dalam prospek kerja jurusan teknik arsitektur adalah sebagai arsitek. Profesi ini sangat erat kaitannya dengan lingkup pembangunan.

Biasanya arsitek bekerja dengan mendesain dulu bangunan yang nantinya akan dibangun. Desainnya bisa ide dari arsitek itu sendiri atau bisa juga dari klien.

Desain ini yang menjadi patokan bagaimana bangunan itu dibuat. Profesi ini sepertinya tidak akan pernah lekang oleh waktu karena pembangunan masih akan terus berlanjut di dunia ini.

2. Akademisi

Prospek kerja jurusan teknik arsitektur selanjutnya adalah sebagai akademisi. Profesi sebagai pengajar baik itu guru atau  dosen peluangnya masih cukup banyak.

Untuk guru kita bisa mengajar di SMK jurusan pembangunan atau jurusan lainnya. Begitu juga dengan dosen.

Tapi kita juga harus paham bahwa kemampuan akademis sangat berpengaruh. Pengalaman kerja di bidang arsitektur juga menjadi penting untuk modal menjadi seorang pengajar.

Kita juga harus selalu update tentang perkembangan arsitektur terkini.

3. Kontraktor

Selanjutnya ada profesi kontraktor yang masuk dalam prospek kerja jurusan teknik arsitektur. Kalau kita lebih suka membangun suatu bangunan ketimbang mendesainnya maka ini pilihan yang tempat.

Untuk informasi bahwa kontraktor adalah pihak yang bertanggungjawab membangun bangungan dengan berdasarkan desain dari arsitek. Nah karena kita sudah berbekal ilmu teknik arsitektur maka dalam menerjemahkan desain akan lebih gampang.

Nantinya kontraktor ini yang akan merencanakan berapa anggarannya, lama pengerjaannya dan lainnya. Tapi sebagai kontraktor lebih baik jangan sekali-kali melanggar kontrak antara klien dengan kita karena kontrak pembangunan ini biasanya selalu berpayung hukum.

4. Quantity Surveyor

Prospek kerja jurusan teknik arsitektur selanjutnya adalah sebagai quantity surveyor atau QS. Ini adalah pekerjaan yang akan memberikan saran bahan-bahan bangunan mana yang lebih baik dipakai karena QS ini memiliki kemampuan mengenali bahan bangunan dengan baik.

Jadi dengan kerja sama antara arsitek, kontraktor dan QS bisa membuat bangunan menjadi lebih baik dan tahan lama.

5. Surveyor Bangunan

Menjadi seorang surveyor bangunan atau auditor bisa menjadi kita setelah lulus kuliah teknik arsitektur. Ini adalah prospek kerja jurusan teknik arsitektur yang belum banyak orang mencobanya.

Pekerjaan surveyor bangunan ini adalah merenovasi, memperbaiki, memodifikasi dan melestarikan serta memulihkan bangunan yang ada. Intinya adalah bangunan yang berada dalam lingkup kerja kita akan terjaga dan terawat.

6. Pegawai Negeri Sipil

Saat ini siapa sih yang gak mau menjadi PNS? Ternyata prospek kerja jurusan teknik arsitektur ini juga bisa menyasar ke pegawai negeri sipil loh.

Ada banyak instansi yang membutuhkan PNS dengan latar belakang teknik arsitektur seperti Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Tata Kota, atau Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Pekerjaannya juga tergantung di instansi mana kita bekerja. Misalnya saja kita bekerja di Dinas Tata Kota maka tugasnya adalah mengembangkan dan merancang kota agar mempunyai daya dukung ekonomi untuk warga serta lingkungannya.

7. Konsultan Arsitektur

Prospek kerja jurusan teknik arsitektur yang satu ini jarang sekali direkomendasikan untuk sarjana yang baru lulus. Biasanya ini membutuhkan pengalaman kerja sebagai arsitek atau kontraktor dulu.

Pengalaman dalam menghadapi klien yang terkadang aneh juga wajib dimiliki. Pekerjaaan sebagai konsultan arsitektur adalah untuk menganalisis suatu desain serta perencanaan bangunan dan juga harus membuatkan draft desain itu.

Konsultan arsitek ini bisa bekerja di lapangan maupun kantor. Jadi buat kalian yang ingin prospek kerja jurusan teknik arsitektur tidak monoton di kantor saja maka ini pilihan yang tepat loh.

Itulah dia beberapa prospek kerja jurusan teknik arsitektur yang menjanjikan dan keren yang bisa kita pilih nanti saat lulus kuliah. Sebenarnya masih banyak pekerjaan lain yang membutuhkan ilmu teknik arsitektur ini.

Intinya adalah jangan membatasi diri dengan hanya ilmu itu saja. selama kita masih mau belajar ilmu lainnya maka prospek kerja jurusan teknik arsitektur ini bisa sangat banyak.

(Baca Juga: Beragam Jenis Kompensasi Untuk Karyawan)

Pendidikan menjadi salah satu dasar yang sangat penting untuk bekal di masa depan. Maka memiliki tabungan untuk mempersiapkan pendidikan terbaik adalah hal yang wajib kita lakukan.

Baik itu kita sebagai orang tua, atau sebagai anak. Memiliki tabungan adalah hal yang wajib, karena pendidikan formal saat ini semakin hari biayanya semakin mahal.

Ada banyak cara kita untuk memastikan ketersediaan dana pendidikan, mulai dari tabungan, deposito, hingga asuransi pendidikan.

Nah, untuk yang berminat membuat tabungan untuk mempersiapkan dana pendidikan. Kita bisa membuatnya melalui CekAja.com. Ada banyak pilihan bank di CekAja.com.

Kita bisa memilih dan membandingkan setiap fasilitas yang ditawarkan oleh bank dengan detail. Jadi, tunggu apalagi? Buka tabungan melalui CekAja.com yuk, dan siapkan dana pendidikan terbaik untuk masa depan yang cerah.

Advertisement