7 Tips Atasi Panik saat Turbulensi Pesawat, Penumpang Wajib Terapkan!

4 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Tips atasi panik saat turbulensi pesawat memang harus diketahui oleh semua orang, khususnya yang sering bepergian dengan moda transportasi ini.

Pasalnya, enggak sedikit dari para penumpang yang mengaku panik hingga berujung pada sesak napas karena turbulensi yang terjadi.

Ya, turbulensi atau guncangan saat pesawat tengah mengudara memang dianggap menakutkan apalagi karena kursi terasa berguncang.

Namun dalam dunia aviasi, turbulensi sebetulnya adalah kondisi yang wajar terjadi.

Hal itu dikarena kecepatan udara yang berubah, sehingga guncangan pada tubuh pesawat tidak dapat dielakan.

Penyebab utama dari turbulensi adalah awan. Namun, tak jarang pula turbulensi terjadi akibat kondisi langit yang cerah tanpa adanya awan.

Malahan, turbulensi yang terjadi akibat dari kondisi udara cerah atau disebut CAT (Clear Air Turbulence) justru berbahaya, karena waktu yang dimiliki oleh awak kabin untuk memperingatkan penumpang sangat terbatas.

Jadi, jangan dikira karena cuaca cerah, turbulensi tidak dapat terjadi ya. Karena hal ini bisa dialami kapan saja tergantung dari kondisi udara.

Berikut Tips Atasi Panik saat Turbulensi Pesawat

Nah seperti yang dilansir dari berbagai sumber, berikut ini tips atasi panik saat turbulensi pesawat yang mungkin nantinya bisa kamu terapkan.

1. Tenangkan pikiran

Tips atasi panik saat turbulensi pesawat terjadi yang pertama adalah dengan menenangkan pikiran.

Buang jauh-jauh pikiran negatif seperti kecelakaan pesawat guna mengurangi kecemasan saat kondisi tersebut dialami.

Pasalnya, saat turbulensi dan kamu tidak mampu berpikir positif, yang ditakutkan justru adalah mengalami serangan panik.

Serangan panik ini tak boleh dianggap sepele, karena bisa menyebabkan masalah pada kesehatan mental pengidapnya.

Adapun gejala dari serangan panik yaitu mulut kering, otot menjadi tegang, detak jantung meningkat, hingga sesak napas.

2. Kontrol pernapasan

Selain harus mampu berpikir positif, kamu juga mesti mengontrol pernapasan agar tetap stabil. Kuncinya adalah jangan panik.

Sebab saat pesawat mengalami turbulensi, otomatis tekanan udara di dalam pesawat akan berubah, dan hal ini juga mempengaruhi pasokan oksigen ke otak.

Sehingga, yang perlu dilakukan adalah dengan mengontrol pernapasan menggunakan teknik 4 detik tarik napas dan 4 detik menghembuskannya.

Teknik tersebut juga harus dibarengi dengan melakukan tindakan pengencangan otot pada bokong, guna mengontrol sinyal saraf agar tetap tenang.

(Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Fobia Naik Pesawat)

3. Pegang erat tangan orang disebelahmu

Meski terlihat biasa saja, namun memegang erat tangan seseorang dalam dunia medis dianggap bermanfaat, baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

Nah, jika kebetulan di sampingmu adalah kerabat sendiri, dan kondisi yang dialami tiba-tiba terjadi turbulensi, jangan malu untuk memegang erat tangannya, guna mengurangi rasa cemasmu.

Sembari berpegang tangan, jangan lupa untuk tetap mengontrol pernapasan supaya kepanikan yang dialami akibat turbulensi dapat mereda.

4. Menulis nama dengan menggunakan tangan yang berbeda

Terdengar aneh memang, namun tips atasi panik saat turbulensi pesawat terjadi ini sudah banyak direkomendasikan karena dinilai cukup manjur.

Kamu hanya perlu menyiapkan pulpen dan kertas, kemudian tulis nama sendiri secara berulang dengan menggunakan tangan kiri, atau yang berbeda dari biasanya saat akan menulis.

Cara ini bakal membuat pikiran terhadap momen guncangan yang terjadi saat itu juga teralihkan, karena alih-alih panik kamu justru lebih fokus untuk menulis.

5. Menggunakan sedotan untuk bernapas

Tips atasi panik saat turbulensi pesawat terjadi yang berikutnya adalah dengan bernapas menggunakan sedotan. Cara ini dilakukan untuk menghindari terjadinya hiperventilasi.

Hiperventilasi adalah kondisi dimana seseorang bernapas lebih cepat dari normalnya dengan menghembuskan karbondioksida.

Jika kondisi tersebut tidak segera diatasi, pengidapnya bakal merasakan pusing hinga tidak sadarkan diri akibat dari pembuluh darah yang menyempit.

(Baca Juga: Ini Dia 8 Perbedaan Kelas di Pesawat)

6. Membaca buku petunjuk

Membaca buku petunjuk keselamatan juga dianggap sebagai tips atasi panik saat turbulensi pesawat terjadi.

Cara ini bukan hanya membuat pikiran negatif teralihkan, namun juga membantu kamu untuk sigap dalam mengambil langkah jika memang guncangan yang dirasa cukup kencang.

Jadi, mulai dari sekarang, saat naik pesawat sebaiknya jangan lagi mengabaikan buku petunjuk keselamatan agar hal-hal yang tidak diingankan dapat diminimalisir sedini mungkin.

7. Melakukan relaksasi tangan

Terakhir, tips atasi panik saat turbulensi pesawat terjadi adalah dengan melakukan relaksasi tangan.

Relaksasi di sini maksudnya adalah dengan memijat beberapa titik tekan di tangan, yang dalam tradisi Jepang kuno dianggap ampuh untuk menghilangkan kecemasan.

Adapun pijatan yang bisa dilakukan adalah pada jempol dan jari telunjuk.

Kedua titik ini berfungsi untuk mengurangi kekhawatiran dan rasa takut akibat suatu kondisi yang dialami.

Cegah Risiko yang Tak Diinginkan dengan Asuransi

Nah itu dia beberapa tips atasi panik saat turbulensi pesawat terjadi. Ketika bepergian apalagi dengan transportasi udara, memang seharusnya tiap orang memiliki asuransi perjalanan.

Asuransi perjalanan berfungsi untuk memberikan rasa aman dan nyaman selama di perjalanan. Produk finansial yang satu ini memiliki sederet keuntungan, diantaranya:

  • Meminimalisir risiko kecelakaan diri
  • Melindungi bagasi dan barang milik pribadi
  • Meminimalisir risiko keterlambatan penerbangan
  • Gangguan dan pembatalan penerbangan
  • Penggantian biaya pengobatan akibat kecelakaan sewaktu perjalanan
  • Biaya evakuasi medis dan pemulangan jenazah
  • Layanan 24 jam penuh untuk bantuan medis darurat
  • Penghentian perjalanan

Dengan sederet manfaatnya itu, CekAja merekomendasikan kamu untuk memilikinya.

Kalaupun tertarik namun bingung akan pilihan asuransi yang tersedia, kamu dapat menggunakan layanan perbandingan asuransi di CekAja.com.

Di sini, kamu bisa membandingkan dulu mana produk asuransi perjalanan yang sekiranya benar-benar pas dengan kebutuhan kamu.

CekAja sendiri sampai saat ini memiliki dua produk asuransi perjalanan dari mitra terbaik, yakni Sinarmas dan AXA Mandiri.

Nah, kamu dapat membandingkan sekaligus mengajukannya secara online hanya dengan menyertakan dokumen penunjang.

Dengan premi mulai dari Rp25 ribu, maka polis akan terbit hanya dalam waktu hitungan menit saja. Penawaran yang cukup menarik bukan?

Jadi, yuk langsung kepoin produk asuransi perjalanan dari CekAja.com, dan ajukan sekarang juga untuk tiap perjalanan terbaik yang kamu lakukan.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri