6 Komunitas Relawan di Indonesia yang Bisa Dijadikan Wadah untuk Membantu Sesama

8 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Kamu memiliki jiwa sosial yang tinggi dan ingin berkontribusi dalam membantu sesama? Bergabung ke komunitas relawan di Indonesia mungkin bisa dijadikan pilihan sembari mengisi waktu luang yang bermanfaat.

Saat ini memang sudah terdapat beragam cara yang bisa kita lakukan untuk bisa saling berbagi kepada siapapun yang membutuhkan.

Akan tetapi, terkadang masih ada orang yang justru belum mengetahui cara yang tepat untuk bisa melakukan hal tersebut.

Nah, bergabung ke dalam komunitas sebagai relawan bisa menjadi wadah yang tepat untuk menyalurkannya.

(Baca Juga: Keuntungan Menjadi Relawan Bagi Generasi Milenial)

Apalagi, sekarang memang sudah banyak sekali komunitas-komunitas yang selalu terbuka dalam menerima anggota baru, sehingga kamu bisa memilih dan bergabung ke komunitas yang sekiranya memiliki visi dan misi yang sama dengan apa yang kamu miliki, mulai dari pendidikan, kesehatan, kesejahteraan hidup, anak-anak, lingkungan, hingga perlindungan satwa.

Hanya saja, banyaknya komunitas relawan yang ada di Indonesia memang terkadang membuat kita bingung dalam memilih.

Oleh karena itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa komunitas relawan di Indonesia yang bisa kamu jadikan pilihan. Apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama!

Keuntungan Menjadi Relawan

Sebelum kita membahas tentang sejumlah komunitas relawan di Indonesia, alangkah lebih baiknya apabila kita juga turut mengetahui tentang keuntungan menjadi relawan itu sendiri, khususnya bagi para milenial.

Dilansir dari situs kumparan.com, berikut beberapa keuntungan atau manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika bergabung ke komunitas relawan di Indonesia, yaitu adalah:

  • Bertemu dengan Banyak Orang Baru dan Menambah Relasi

Keuntungan pertama yang bisa kamu dapatkan ketika bergabung ke komunitas relawan di Indonesia adalah kesempatan kamu untuk bisa bertemu dengan banyak orang baru dan menjalin relasi.

Menjadi relawan bisa memperluas koneksi pertemanan kamu sekaligus membuka peluang akan kesempatan-kesempatan baru yang mungkin tidak bisa kamu dapatkan ketika tidak bergabung ke dalam komunitas.

  • Memperoleh Pengalaman Baru

Keuntungan selanjutnya yang bisa kamu dapatkan ketika bergabung ke komunitas di Indonesia adalah, kamu bisa memperoleh pengalaman baru yang tentunya akan sangat berguna bagi skill kamu di bidang sosial.

Pengalaman memang merupakan sesuatu yang tak ternilai harganya. Dan dengan menjadi relawan, kamu bisa memperoleh pengalaman baru yang secara tidak langsung dapat mengasah kemampuan kamu di bidang sosial.

Dengan aktif di komunitas, kamu bisa lebih paham dalam menyikapi isu-isu sosial yang sedang terjadi.

Tak hanya itu, kamu pun juga bisa mengetahui bagaimana caranya berinteraksi dengan orang-orang yang memerlukan bantuan.

  • Mengajarkan Nilai-nilai Kehidupan

Ketika kita mengikuti berbagai aktivitas saat menjadi anggota relawan di komunitas, maka pandangan kamu akan terbuka menjadi lebih luas lagi mengenai nilai-nilai hidup.

Ketika membantu orang-orang yang membutuhkan, maka kamu akan merasa jauh lebih bersyukur.

Menjadi relawan bisa menyadarkan kita bahwa di luar sana, ternyata masih banyak orang-orang yang kurang beruntung dan memerlukan bantuan.

Bukan hanya perasaan antar manusia saja, ketika kamu bergabung ke komunitas lingkungan maupun perlindungan satwa, maka secara tidak langsung akan tumbuh rasa saling peduli sesama makhluk hidup lainnya di dalam diri kita.

  • Dapat Mengasah Kepekaan Terhadap Sesama

Dengan bergabung ke komunitas relawan di Indonesia, maka kamu bisa sekaligus melatih rasa empati dan rasa kepekaan terhadap sesama.

Melalui isu-isu sosial yang diangkat, kamu bisa mengetahui kondisi secara nyata mengenai bagaimana situasi yang tengah terjadi.

  • Mengatasi Stress dan Berdampak Baik Bagi Kesehatan Mental

Nah, keuntungan terakhir yang bisa kamu dapatkan ketika bergabung ke komunitas relawan di Indonesia adalah, sebagai salah satu langkah terbaik dalam mengatasi stress sekaligus berdampak baik bagi kesehatan mental.

Tanpa kita sadari, ternyata berinteraksi dengan orang-orang baru dan melakukan hal-hal baik ternyata dapat mempermudah kita dalam mengelola stress lho.

Dimana, ini juga bisa memberikan pengaruh baik bagi kondisi psikologis kamu, termasuk meredakan rasa jenuh dan penat yang diakibatkan karena stress.

Komunitas Relawan di Indonesia

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa komunitas relawan di Indonesia yang bisa kamu coba untuk ikuti, yaitu adalah:

1. Ketimbang Ngemis

Komunitas relawan di Indonesia yang akan kita bahas pertama adalah Ketimbang Ngemis, yang merupakan sebuah komunitas sosial yang dibentuk oleh sekelompok anak muda pada tahun 2015 silam.

Mengusung moto “Say No To Ngemis”, komunitas ini hadir untuk memberikan apresiasi sekaligus bantuan kepada orangtua yang masih berusaha untuk mencari nafkah demi dirinya sendiri dan keluarga tercinta meski dalam keterbatasan fisik dan usia, dan menolak untuk mengemis.

Sejumlah program yang dijalan oleh para anggota komunitas relawan di Indonesia satu ini ialah berupa donasi setiap bulan serta mengajak para sosok mulia ini untuk jalan-jalan ke mall, project umroh, campaign project ketika Car Free Day, hingga berkumpul untuk menjalankan eksekusi bulanan.

Untuk kamu yang memiliki keinginan berkontribusi dalam mendukung kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh komunitas Ketimbang Ngemis, kamu bisa melakukan donasi dengan mengunjungi situs mereka di http://ketimbangngemisjakarta.or.id/.

2. Ayo Dongeng Indonesia

Komunitas relawan di Indonesia selanjutnya adalah Ayo Dongeng Indonesia, yang merupakan sebuah komunitas yang terfokus pada trauma healing anak-anak dalam kegiatan pascabencana.

Sesuai dengan namanya, kegiatan utama yang dilakukan oleh para anggotanya adalah dengan mendongeng, yang secara tak langsung dapat kembali membangkitkan keceriaan, motivasi, inspirasi, dan imajinasi anak-anak.

Kegiatan mendongeng nya itu sendiri juga dilakukan di lokasi yang berbeda-beda, seperti di Taman Bacaan, Rumah Singgah, dan kegiatan sosial lainnya.

Saat ini, diketahui sudah terdapat kurang lebih 30 relawan yang tergabung di komunitas Ayo Mendongeng Indonesia di wilayah Jabodetabek, yang mana umumnya berasal dari beragam profesi yang berbeda-beda, mulai dari guru, pekerja kantoran, hingga mahasiswa dan pelajar yang masih bersekolah.

Nah, jika kamu ingin bergabung dan turut berkontribusi, kamu bisa menghubungi pihak komunitas melalui situs resmi mereka di https://ayodongengindonesia.com/.

3. Indonesia Berkebun

Sesuai dengan namanya, Indonesia Berkebun merupakan salah satu komunitas relawan di Indonesia yang terfokus pada rasa kepedulian atas lingkungan, terutama di wilayah perkotaan dengan program urban farming.

Nah, urban farming itu sendiri dapat diartikan sebagai pemanfaatan lahan tidur yang diubah menjadi lahan perkebunan produktif yang dijalan oleh bantuan masyarakat sekitar.

Semakin banyaknya masyarakat yang peduli dengan lingkungan membuat komunitas Indonesia Berkebun bahkan sudah tersebar di kurang lebih 30 kota dan 8 kampus yang ada di Indonesia.

Jika kamu ingin bergabung menjadi anggota dari komunitas Indonesia Berkebun, kamu hanya perlu mengunjungi situs mereka di https://indonesiaberkebun.org/.

4. Sahabat Indonesia Berbagi

Sahabat Indonesia Berbagi merupakan sebuah komunitas relawan di Indonesia yang fokus pada gerakan sosial untuk membantu sahabat-sahabat kecil yang kurang mampu.

Terdapat beberapa program atau kegiatan yang biasa dilakukan, diantaranya seperti mengadakan perkumpulan bersama adik-adik yang kurang mampu untuk bisa membangkitkan motivasi mereka dalam menggapai mimpi, memberikan edukasi melalui media audio visual untuk memberikan gambaran kepada anak-anak mengenai wawasan dan ilmu pengetahuan baru, dan masih banyak lagi.

Saat ini, Sahabat Indonesia Berbagi telah tersebar di berbagai daerah yang ada di Indonesia, mulai dari Jabodetabek, Makassar, Medan, Bandung, Pekanbaru, Mamuju, Majene, Surabaya, dan Palu.

5. Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (Kophi)

Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (Kophi) merupakan sebuah komunitas relawan di Indonesia yang terfokus pada gerakan untuk melestarikan lingkungan hidup yang ada di Indonesia.

Didirikan pada tanggal 28 Oktober 2010 dan diresmikan pada tanggal 30 Oktober 2010, salah satu komunitas relawan di Indonesia ini diharapkan bisa menjadi wadah bagi para anak-anak muda yang ingin menjadi bagian dari solusi masalah perubahan iklim hingga dapat bergerak untuk melakukan tindakan secara kolektif dan berkelanjutan, guna terciptanya lingkungan yang lestari.

Untuk dapat merealisasikan visi dan misinya, Kophi sudah melakukan sejumlah aksi-aksi yang sangat bermanfaat lho, seperti mengadakan pelatihan pembuatan lubang biopori di sekolah-sekolah, kampanye Aksi Wisata Bersih, edukasi sanitasi air untuk anak jalanan, pelatihan dan pembibitan jamur, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, Kophi bahkan juga pernah bekerjasama dengan WWF Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam menyelenggarakan Earth Hour pada tahun 2011 silam.

Saat ini, salah satu komunitas relawan di Indonesia ini sudah tersebar di hampir seluruh wilayah, seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Banteng, Jawa Barat, Yogyakarta, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, dan masih banyak lagi.

Untuk dapat bergabung, kamu bisa mencari informasinya terlebih dahulu dengan mengunjungi situs resmi Koalisi Pemuda Hijau Indonesia, yaitu di http://kophi.or.id/.

6. Gerakan Seribu Sehari Indonesia

Nah, komunitas relawan di Indonesia yang akan kita bahas terakhir adalah Gerakan Seribu Sehari Indonesia, yang fokus mengajak masyarakat untuk mulai bersedekah sedini mungkin.

Melalui program menyisihkan setidaknya Rp1000 sehari, gerakan ini tentunya dapat dilakukan oleh siapapun dari berbagai kalangan dan usia.

Bagi kamu yang ingin berkontribusi untuk kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh Gerakan Seribu Sehari Indonesia, kamu bisa mengunjungi akun Facebook resmi mereka.

Sebab, mereka kerap memberikan informasi seputar kegiatan-kegiatan mendatang yang diunggah secara rutin.

Beberapa program yang dilakukan diantaranya seperti membagikan nasi bungkus secara gratis, berbagi sembako secara gratis, silaturahmi bersama anak yatim/dhuafa, OTA (orangtua asuh) santunan anak yatim berprestasi di sekolah, dan masih banyak lagi.

Jadi, itulah beberapa komunitas relawan di Indonesia yang bisa kamu jadikan wadah untuk dapat berkontribusi dalam membantu sesama.

Namun, dari banyaknya komunitas yang ada, tentunya kamu harus mengetahui terlebih dahulu tentang bidang apa yang sekiranya paling kamu sukai.

(Baca Juga: Aksi Sosial Relawan Corona di Indonesia)

Nah, apabila kamu memiliki keinginan yang kuat untuk bisa membantu namun tidak memiliki waktu yang cukup karena jadwal kuliah dan pekerjaan yang padat, kamu masih bisa tetap berkontribusi lho, yaitu dengan cara membangun bisnis.

Misalkan, jika kamu memiliki passion di bidang pelestarian lingkungan, maka kamu bisa membangun bisnis dengan menjual barang-barang yang ramah lingkungan seperti shopping bag, stainless straw, dan masih banyak lagi.

Sedangkan apabila kamu memiliki keinginan yang kuat untuk bisa membantu sesama makhluk hidup, seperti manusia dan hewan, maka kamu juga bisa lho membangun bisnis yang bersifat donasi, yaitu ketika sebagian hasil dari keuntungan kamu salurkan ke komunitas atau organisasi yang membutuhkan.

Akan tetapi, membangun bisnis tentunya membutuhkan modal untuk menjalankannya, bukan? Nah, jika saat ini kamu tengah bingung dalam mencari modal, kamu bisa kok mengajukannya di CekAja.com.

Selain seluruh proses pengajuan yang dilakukan secara online, disini kamu bahkan juga bisa lho memilih jumlah dana pinjaman beserta tenor yang diinginkan. Sehingga, kamu tak perlu pusing lagi dalam membayar cicilan.

Yuk, mulai membangun bisnis dan membantu sesama bersama pinjaman modal usaha dari CekAja.com!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha