Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

15 Manfaat Kunyit Untuk Tubuh, dari Kesehatan sampai Kecantikan

by Vera Khairifah on 1 Maret, 2020

Asupan nutrisi untuk kesehatan tubuh memang sebaiknya didapat dari bahan-bahan alami. Salah satunya seperti kunyit yang sering kita gunakan sebagai bumbu dapur. Nah, ternyata manfaat kunyit untuk tubuh sangat beragam.

15 Manfaat Kunyit Untuk Tubuh, dari Kesehatan sampai Kecantikan

Kandungan Kunyit

Kunyit atau jenis tanaman rempah dalam bentuk umbi memiliki nama ilmiah Curcuma Longa. Kunyit biasa digunakan sebagai bumbu masakan dan obat herbal, tersebar di Asia, Australia, Afrika, dan sebagian daratan Amerika.

Kunyit mengandung beberapa zat, terdiri dari:

  • Kurkumin
  • Natrium
  • Kalium
  • Potassium
  • Protein
  • Vitamin A
  • Vitamin D
  • Vitamin C
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Kalsium
  • Antioksidan
  • Selulosa
  • Desmetoksikumin
  • Bisdesmetoksikurkumin
  • Resim
(Baca Juga: Manfaat Infused Water Lemon Untuk Kesehatan)
Manfaat Kunyit Untuk Tubuh

Manfaat kunyit untuk tubuh sangat lah banyak. Mulai dari kesehatan, kesuburan, sampai kecantikan. Simak info lengkapnya berikut ini.

1. Meredakan Asam Lambung yang Naik

Manfaat kunyit untuk tubuh yang pertama adalah meredakan asam lambung yang naik kemudian menyebabkan maag. Pengikisan lapisan dinding usus dan infeksi bakteri di lambung dapat meredakan oleh kandungan curcumin di dalam kunyit.

Jika kamu mengidap maag kambuhan, maka konsumsi lah teh kunyit bubuk siap seduh yang kini makin mudah ditemukan di pasaran.

2. Mengobati Perut Begah

Perut begah yang menyebabkan kembung dan buang angin terlalu sering menandakan bahwa kondisi pencernaan tidak baik-baik saja lho. Manfaat kunyit untuk tubuh sebagai obat perut begah bisa didapat dengan mengkonsumsi kunyit saat terasa perut begah.

Kunyit bekerja memperlancar kinerja organ pencernaan dan mengontrol kadar asam di dalam perut agar tidak kembung.

3. Meredakan Peradangan di Dalam Perut

Kunyit sebagai sumber antioksidan dan anti inflamasi (anti peradangan) pada organ dalam juga akan meredakan peradangan di dalam perut. Manfaat kunyit untuk tubuh yang satu ini sangat penting untuk memaksimalkan kinerja organ dalam. Sehingga kamu terhindar dari penyakit berbahaya.

4. Memperlancar Haid

Jamu tradisional kunyit yang sering dianjurkan para orang tua untuk memperlancar haid ternyata terbukti benar manfaatnya. Kunyit membantu mengencerkan darah di dalam rahim, sehingga proses peluruhan darah lebih mudah dan lancar.

Selain itu, konsumsi kunyit juga membantu meredakan nyeri dan kram perut saat haid.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat kunyit untuk tubuh lainnya adalah sebagai pengontrol kadar gula darah. Penelitian menunjukkan kunyit dapat meningkatkan produksi insulin yang membantu mengontrol kadar gula darah.

6. Menurunkan Berat Badan

Proses diet ternyata bisa dibantu dengan konsumsi kunyit. Kunyit dapat menurunkan berat badan karena kinerja organ dalam yang maksimal, dimana kadar gula darah di dalam tubuh terkontrol dan kolesterol jahat segera termetabolisme.

Meskipun begitu, manfaat kunyit untuk tubuh ini harus diiringi dengan konsumsi makanan sehat lainnya.

7. Membantu Proses Detoks

Antioksidan yang tinggi pada kunyit membantu tubuh untuk membuang racun lebih banyak. Proses pembuangan racun (detoksifikasi) tubuh ini sangat penting untuk mencegah timbulnya penyakit.

Kunyit bahkan dijadikan sebagai obat detoks untuk pasien yang akan melakukan operasi, serta sebagai pertolongan pertama pada seseorang yang digigit ular berbisa.

8. Mencegah Kanker

Karena terjadi proses detoks dan anti radang, maka pertumbuhan sel kanker pun akan terhambat. Imun yang maksimal muncul karena kinerja organ dalam yang baik setelah mengkonsumsi kunyit.

9. Menjaga Kesehatan Hati

Fungsi hati sebagai organ yang menetralisir racun di dalam tubuh serta pengaturan kandungan lemak, gula, protein, dan zat lain di dalam darah sangatlah penting. Oleh karena itu, penting untuk kamu menjaga kesehatan hati dengan mengkonsumsi kunyit yang kaya antioksidan.

10. Menurunkan Risiko Serangan Jantung Mendadak

Serangan jantung adalah salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Dengan mengkonsumsi kunyit, risiko terjadinya serangan jantung akan menurun.

Pada pasien yang akan melakukan operasi jantung, kunyit juga disarankan untuk dikonsumsi 3 hari sebelum dan 5 hari sesudah operasi.

11. Menjaga Kinerja Otak

Selain memiliki manfaat kunyit untuk tubuh, kinerja dan fungsi otak juga terbantu karena kunyit. Hal ini sangat bagus untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan maupun kaum lansia yang rentan terkena Alzheimer.

Kunyit meningkatkan kadar Brain-Derived Neurotrophic Factor (BDNF) yang berfungsi untuk mengasah kecerdasan dan peningkatan daya ingat.

12. Mencerahkan Kulit

Kandungan antioksidan pada kunyit memang luar biasa bagus untuk tubuh, termasuk untuk mencerahkan kulit. Kunyit melawan radikal bebas yang menyebabkan kulit kusam. Proses pigmentasi pada kulit juga akan menurun, sehingga kulitmu tidak mudah menghitam akibat sinar UVA UVB.

13. Mencegah Penuaan Dini

Pada usia 30 tahun-an, kulit akan mulai menua dan timbul kerutan. Nah, manfaat kunyit untuk kecantikan juga mencegah hal tersebut. Campurkan tumbukan atau bubuk kunyit dengan putih telur, lalu jadikan masker.

Kunyit member efek perbaikan tekstur kulit sehingga lebih kencang dan mencegah penuaan.

14. Menyamarkan Bekas Jerawat

Masker kunyit alami yang dibuat sendiri memang sudah diketahui sejak dulu untuk menyamarkan bekas jerawat. Proses perontokan masker yang setengah mengering juga sekaligus mengangkat sel kulit mati. Sehingga muka lebih bersih dari kotoran penyebab timbulnya jerawat.

15. Mengontrol Kesuburan

Manfaat kunyit untuk tubuh yang terakhir adalah sebagai pengontrol tingkat kesuburan. Bagi para suami istri yang sedang program mempunyai keturunan, bisa mengkonsumsi kunyit dalam jumlah kecil yakni 3 miligram per kilogram berat badan, dengan dosis sekitar dua atau tiga kali seminggu.

Sedangkan untuk pasangan suami istri yang ingin menunda kehamilan, bisa mengkonsumsi kunyit dalam kadar 800 miligram per hari per orang setiap hari.

(Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Apel dan Nanas)
Cara Mengolah Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan

Cara pengolahan kunyit untuk mendapatkan sederet manfaat kunyit untuk tubuh yakni dengan berbagai cara. Pertama, kamu bisa memarut kunyit dan memeras sarinya dengan air, lalu sari tersebut diminum.

Kedua, dengan merebus potongan kunyit hingga keluar sarinya, dan meminum air rebusan tersebut.

Sedangkan untuk kecantikan, tumbuk halus kunyit dan jadikan masker atau lulur. Atau beli bubuk kunyit di pasaran agar lebih praktis.

Selain memanfaatkan kunyit, lindungi dirimu dengan asuransi yang bisa kamu bandingkan dan ajukan melalui CekAja.com sekarang juga!

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast