Manfaat Sarapan Pagi, Bisa Jadi Sumber Energi hingga Tingkatkan Konsentrasi

Sering diabaikan, manfaat sarapan pagi ternyata sangat penting untuk tubuh, sebelum melakukan aktivitas. Masih banyak orang yang tidak memperdulikan sarapan pagi, karena berbagai alasan.

Alasan mengapa orang sering melewatkan sarapan pagi, biasanya mulai dari malas, tidak nafsu makan pagi, repot menyiapkannya, hingga takut bikin mulas ketika di perjalanan.

Padahal, di pagi hari kamu harus membutuhkan energi, untuk memulai aktivitas. Tanpa sarapan, tubuhmu akan kekurangan energi, yang bisa mengakibatkan kelelahan, lemas, hingga pingsan.

Selain itu, tubuh juga sudah dirancang untuk selalu diberi asupan nutrisi berupa makanan, tiga kali sehari, yakni pagi, siang, dan malam.

Jika kamu melewatkan sarapan pagi, berarti tubuh kamu kehilangan nutrisi yang seharusnya diterima di pagi hari.

Dilansir dari kompas.com, buku yang berjudul Sarapan Pagi & Produktivitas (2015), oleh DR. dr. Edi Hartoyo Sp.A (K) dkk., juga menjelaskan bahwa, frekuensi makan yang baik adalah dibagi menjadi tiga kali sehari.

Nah, untuk waktu terbaik sarapan pagi adalah sekitar pukul 06.00-08.00 WIB, dan jangan lupa sarapan dengan menu terbaik.

(Baca Juga: 7 Ide Menu Sarapan dari Roti Tawar)

Adapun, manfaat sarapan pagi ini, sangat penting untuk kamu ketahui. Jadi, biasakan sarapan pagi mulai dari sekarang, dan rasakan manfaatnya!

8 Manfaat Sarapan Pagi

1. Menghasilkan Sumber Energi Bagi Tubuh

Manfaat sarapan pagi yang pertama adalah bisa menghasilkan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Seperti yang diketahui, setelah tidur semalaman, tubuh membutuhkan asupan nutrisi kembali.

Jika tak ada makanan yang masuk, tubuh akan terus bekerja, tapi dengan hasil yang sia-sia.

Maka dari itu, jika kamu tidak sarapan, tubuh akan mudah cepat lelah, karena terus dipaksa bekerja, namun tak ada hasil berupa energi.

Sehingga, jika kamu ingin pagimu semangat, segar, dan kuat, cobalah untuk membiasakan sarapan pagi. Agar makanan yang kamu makan, bisa dibakar menjadi energi.

2. Bantu Meningkatkan Konsentrasi di Kantor maupun di Sekolah

Selain menjadi sumber energi, manfaat sarapan pagi juga sangat baik untuk meningkatkan konsentrasi.

Pasalnya, ketika perut kosong, tubuh mudah lemas, mengantuk, kinerja otak pun akan menurun.

Sehingga, kamu jadi sulit untuk berkonsentrasi. Kamu akan susah payah menahan lapar, menahan kantuk, dan akhirnya pekerjaan menumpuk, pelajaran tak masuk.

Berbeda jika kamu sarapan pagi, yang akan membuat tubuh segar, semangat beraktivitas lebih tinggi, dan kinerja otak lebih baik.

Terlebih jika kamu mengkonsumsi seluruh komponen makanan, seperti 4 sehat 5 sempurna.

3. Menjaga Berat Badan agar Tetap Ideal

Kata siapa sarapan pagi bisa bikin gagal diet? Justru manfaat sarapan pagi, bisa menjaga berat badanmu ideal.

Bahkan, akan lebih bagus jika kamu sarapan pagi, dan mengurangi porsi makanan di siang hari.

Jadi, bukan malah dibalik ya. Karena waktu sarapan pagi itu sangat baik untuk metabolisme tubuh.

Selain itu, sarapan pagi juga bisa membuat nafsu makanmu di siang hari, menjadi berkurang.

Namun, jangan lupa tetap selektif memilih menu sarapan. Jangan mentang-mentang sarapan baik untuk menjaga berat badan, kamu pilih makanan sembarangan.

4. Memberikan Ketersediaan Gizi untuk Tubuh

Jangankan energi, berbagai gizi dan nutrisi juga bisa tersedia di dalam tubuh, jika kamu tidak melewatkan sarapan sehat di pagi hari.

Jangan lupa penuhi asupan semua nutrisi saat sarapan pagi. Mulai karbohidrat (nasi, roti, gandum, dan lain-lain), protein (telur, daging, ikan, kacang, dan lain-lain), vitamin, dan mineral (buah dan sayur).

5. Membantu Mengontrol Mood

Tidak hanya untuk kebutuhan fisik, manfaat sarapan pagi juga sangat baik untuk mengontrol mood kamu.

Terlebih, dari hasil riset yang pernah dilakukan tentang sarapan pagi, banyak yang mengungkap bahwa beberapa dari mereka yang sudah sarapan pagi, lebih memiliki mood yang baik.

Dibanding dengan mereka yang tidak sarapan, akan mempunyai mood yang kurang baik.

6. Mengembalikan Metabolisme Tubuh

Manfaat sarapan pagi yang berikutnya adalah bisa mengembalikan metabolisme tubuh. Pasalnya, ketika kamu tidur, tubuh tidak mengkonsumsi makanan sama sekali, sampai pagi.

Nah, pada saat itu, kandungan gula dalam tubuh, mengalami penurunan mencolok.

Maka dari itu, sebaiknya sarapan untuk mengembalikan metabolisme tubuh, misalnya dengan konsumsi karbohidrat.

Karena, karbohidrat yang dikonsumsi adalah sumber daya untuk melakukan aktivitas. Jadi ketika kamu melewati sarapan, tubuh sangat terpaksa mengambil cadangan gula dari susunan otot liver, yang disebut dengan glycogen.

Bagaimana jika hal tersebut terjadi? Bisa jadi akan menyebabkan metabolisme tubuh tidak seimbang, dan bisa beresiko pada beragam penyakit, seperti maag.

7. Sebagai Kesehatan Jangka Panjang

Jika kamu melakukannya sebagai kebiasaan baik, manfaat sarapan pagi, bisa membuat tubuhmu sehat lebih lama, atau menjadi rentan sakit.

Bahkan, dengan periode panjang tersebut, sarapan pagi bisa menjadi salah satu support tubuh, agar sehat hingga tua.

Pasalnya, perlu kamu ketahui bahwa beberapa penyakit, sebut saja seperti tekanan hipertensi, obesitas, jantung, hingga diabetes, memiliki korelasi yang amat kuat dengan sarapan.

Nah, hanya dengan sarapan pagi, kamu bisa mengurangi risiko penyakit tersebut, supaya tidak menyerang untuk periode panjang.

8. Bagus untuk Bantu Tumbuh Kembang Anak

Manfaat sarapan pagi yang terakhir adalah sangat baik untuk tumbuh kembang anak. Pasalnya, orang dewasa saja akan lemas dan sulit konsentrasi jika tidak sarapan, apalagi anak-anak?

Terlebih lagi, jika anak berada di usia sekolah, sehingga sarapan menjadi sangat penting, untuk persiapan aktivitasnya di sekolah, termasuk ketika menerima pelajaran di sekolah.

Nah, dengan sarapan pagi, otak anak jadi lebih konsentrasi, hingga daya tangkap jadi lebih maksimal.

Dengan maksimalnya kinerja otak, juga akan membantu tumbuh kembangnya di masa sekolah. Ia jadi lebih kritis, banyak ide, semangat dan pastinya sehat.

Menu Sarapan Pagi Terbaik

Karbohidrat

  • Roti
  • Sereal
  • Gandum
  • Oatmeal
  • Nasi
  • Bubur

Protein

  • Telur Rebus
  • Daging Tanpa Lemak
  • Dada Ayam
  • Susu
  • Kacang-kacangan

Vitamin dan Mineral

  • Buah-buahan
  • Sayur-sayuran
  • Dan tambahan vitamin dari suplemen

(Baca Juga: Menu Sarapan Pagi Sehat nan Lezat, dan Mudah Dibuat!)

Nah, itu dia beberapa informasi terkait manfaat sarapan pagi, waktu yang tepat untuk sarapan pagi, hingga menu terbaik sarapan pagi.

Sudah mulai tergerak membiasakan diri untuk sarapan pagi? Jangan lupa siapkan bahan-bahan makanan sehat dan mudah dibuat, agar kamu tidak terlalu repot dalam menyiapkannya.

Beli Kebutuhan Makanan Sehat Pakai Kartu Kredit dari CekAja!

Nggak sempat ke supermarket, tenang kamu bisa beli semua kebutuhan makanan sehat, mulai dari sembako, buah, sayur, daging dan lainnya, melalui toko online.

Kamu bisa pilih berbagai toko online yang menjual kebutuhan bahan pokok secara online, seperti Sayurbox, Brambang, TukangSayur, TaniHub, HappyFresh, Etaneeid, dan masih banyak lagi.

Nah, biar pembayarannya juga makin praktis dan hemat, kamu bisa gunakan kartu kredit, yang bisa kamu ajukan melalui CekAja.com.

Dengan kartu kredit, selain praktis kamu juga bisa berkesempatan mendapatkan promo menarik, seperti diskon, cashback, hingga rewards.

Mengapa harus mengajukan kartu kredit di CekAja.com? Nah, buat kamu yang belum punya, CekAja.com menyediakan banyak produk kartu kredit terbaik, dari berbagai bank ternama di Indonesia.

Kamu juga akan dibantu memilih produk kartu kredit yang tepat, sesuai kebutuhan dan kemampuan finansialmu.

Nah, jadi tunggu apa lagi? Segera ajukan kartu kredit terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com!