14 Manfaat Sereh Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Manfaat sereh bagi kesehatan wajib kamu ketahui. Tumbuhan yang masuk ke dalam suku rumput-rumputan ini tidak hanya berguna sebagai bumbu masakan. Tetapi juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan mentalmu.

Mengenal Sereh dan Kandungannya

Sereh adalah tumbuhan yang kita kenal sejak dulu bagian batangnya sebagai bumbu sekaligus pengharum masakan.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Cymbopogon Citratus ini memiliki aroma yang khas, dengan rasa sari yang asam menyegarkan.

Selain membuat masakan semakin sedap, terdapat berbagai manfaat sereh bagi kesehatan tubuh dan mental.

Hal ini dikarenakan sereh mengandung minyak atsiri, yakni sari minyak yang terbentuk dari unsur Karbon, Hidrogen, dan Oksigen.

Minyak atsiri ini memiliki wangi yang khas, dan bisa dijadikan sebagai minyak gosok untuk pengobatan herbal.

Selain itu, minyak atsiri juga baik untuk membuang racun pada tubuh dan menenangkan pikiran.

Tak hanya minyak atsiri, sereh juga mengandung vitamin B, zat besi, antioksidan, magnesium, kalium, dan senyawa-senyawa lainnya.

(Baca Juga: 10 Manfaat Daun Sirsak Beserta Efek Sampingnya)

Segudang Manfaat Sereh Bagi Kesehatan

Ada banyak manfaat sereh bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan. Selain mudah dibeli di pasaran dengan harga murah, sereh juga enak dikonsumsi sebagai pelengkap bumbu masakan maupun dicampurkan ke minuman dengan rasa yang enak.

Mengonsumsi tumbuhan herbal pun menjadi tak terasa, sebab sereh memiliki aroma yang enak dan rasa yang tidak mengganggu di lidah.

Ini dia segudang manfaat sereh bagi kesehatan yang wajib kamu ketahui.

1. Menurunkan Demam

Segala kandungan baik pada sereh memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur. Kandungan vitamin C yang tinggi juga akan meningkatkan imunitas tubuh. Tak heran jika sereh bisa dijadikan campuran air kompres untuk menurunkan demam.

Kamu juga bisa mengonsumsi langsung air rebusan sereh sebagai obat penurun demam alami.

2. Meredakan Flu

Vitamin C pada sereh juga akan mempercepat penyembuhan flu. Ta ketinggalan, antioksidan yang tinggi pun berperan membuang segala racun di dalam tubuh. Oleh karena itu, teh sereh bisa menjadi ramuan herbal yang kamu konsumsi selain obat-obatan medis, kala menderita flu.

3. Meringankan Sakit Tenggorokan

Sifat anti-bakteri dari sereh akan melawan bakeri penyebab sakit tenggokoran. Jika kamu menderita radang tenggorokan, segera coba redakan dengan air rebusan sereh atau teh sereh.

4. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan kumpulan zat-zat polutan di dalam tubuh yang bisa menurunkan imunitas tubuh, bahkan membuatmu menderita penyakit berbahaya. Tangkal radikal bebas dengan mengonsumsi sereh yang tinggi antioksidan.

5. Mampu Membuang Racun Tubuh

Antioksidan juga menjadi zat pemberi manfaat sereh bagi kesehatan yang bisa membuang racun di dalam tubuh. Proses detoksifikasi ini akan lebih maksimal jika kamu mengonsumsi teh sereh yang kini sudah banyak dijual di pasaran.

Nantinya, segala racun di dalam tubuh terbuang lewat cairan. Seperti keringat atau cairan urin.

6. Melancarkan BAB

Sereh yang dikonsumsi dapat memberikan efek sejuk di perut berkat kandungan citral. Dengan begitu, sistem pencernaan akan bekerja lebih maksimal sehingga siklus buang air besar (BAB) lebih teratur dan lancar.

Dalam pengobatan Tiongkok, sereh dikenal sangat manjur mengatasi kembung, sembelit, dan gangguan pencernaan lainnya.

Untuk mendapatkan manfaat sereh bagi kesehatan ini, konsumsilah sereh setiap malam sebelum tidur. Kamu bisa mencampurkan batang sereh yang digeprek dengan seduhan teh.

7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat sereh bagi kesehatan lainnya adalah mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan oleh kandungan potasium yang dapat meningkatkan produksi urin. Sehingga peredaran darah lebih lancar dan kemudian tekanan darah yang tinggi perlahan menurun.

Sereh juga dapat menjaga kesehatan hati dengan membersihkannya dari zat-zat racun berbahaya.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kabar baik buat kamu yang sedang diet untuk menurunkan berat badan. Sebab, manfaat sereh bagi kesehatan juga berperan memperbaiki proses metabolisme tubuh.

Berdasarkan penelitian The American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2013, kandungan polifenol dari sereh mampu membakar asam lemak tubuh lebih maksimal.

Jika diet dengan sereh ditambah dengan olahraga teratur, maka berat badanmu dijamin lebih cepat turun.

(Baca Juga: 10 Manfaat Pasak Bumi untuk Kesehatan)

9. Mengurangi Rasa Sakit Saat Mens

Meminum campuran teh dan sereh juga ampuh mengurangi rasa sakit dan kram pada bagian perut bawah saat menstruasi.

Ini karena efek menenangkan yang ditimbulkan oleh sereh. Kamu bisa meminum ramuan herbal ini saat masa PMS atau di hari pertama menstruasi.

10. Mengatasi Gigi Berlubang

Manfaat sereh bagi kesehatan juga baik untuk kesehatan gigi dan rongga mulut. The sereh terbukti membantu mengatasi infeksi mulut dan gigi berlubang.

Sifat anti bakteri pada sereh akan membasmi bakteri berbahaya yang merusak gigi seperti Streptococcus mutans.

11. Menjaga Kesehatan Rambut

Tak hanya baik untuk organ dalam, manfaat sereh bagi kesehatan rambut juga ada lho. Ternyata, sereh mengandung vitamin A dan C yang baik untuk menjaga kesehatan rambut.

Mengaplikasikan sari sereh juga bisa membasmi ketombe yang kerap menjadi cikal bakal permasalahan kulit kepala.

12. Meredakan Stres

Aroma khas pada sereh sangat menenangkan sehingga membantu tubuh lebih rileks. Menghirup aroma maupun mengonsumsi sari sereh dapat membantu meredakan stress dan menjaga kesehatan mentalmu.

Cocok sekali untuk kamu yang sering merasa banyak tekanan sehingga pikiran tak karuan. Coba lah membeli produk essential oil yang mengandung ekstrak sereh atau meminum teh sereh.

13. Meredakan Luka Luar

Inti dari manfaat sereh bagi kesehatan adalah sifat antibakteri dan antijamur. Tak hanya membuang racun di dalam tubuh, luka luar juga bisa diatasi.

Jadikan sari sereh sebagai cairan antiseptik untuk mengobati lukamu. Pastikan luka sebelumnya sudah dibasuh dengan air bersih sebagai pertolongan pertama, ya.

14. Menjaga Kesehatan Tulang dan Fungsi Otot

Gangguan kesehatan pada tulang dan otot sering kali datang pada orang-orang dewasa hingga lansia. Atasi saja dengan minyak sereh yang dibalurkan ke bagian tubuh yang terasa sakit rematik, serta minum ramuan yang mengandung sereh.

Kandungan magnesium dan kalium dari sereh akan bekerja memperkuat tulang dan mengatur fungsi otot agar lebih baik lagi.

Batasi Konsumsi Sereh dan Asuransikan Dirimu

Itulah berbagai manfaat sereh bagi kesehatan. Meskipun banyak manfaat, konsumsi sereh sebaiknya dibatasi karena memiliki efek samping pada penggunaan berlebih.

Seperti mulut kering, pusing, mudah merasa lapar, lelah, serta tekanan darah yang turun.

Jadi, untuk penderita diabetes harus mengonsultasikan konsumsi sereh pada dokter ahli. Sedangkan ibu hamil dan ibu menyusui sebaiknya menghindari konsumsi sereh.

Untuk kamu yang berada dalam kondisi sehat, konsumsi teh sereh atau sari sereh hanya 2 sampai 3 kali seminggu saja.

Selain memperhatikan asupan nutrisi untuk menjaga kesehatan, lindungi juga dirimu dengan produk asuransi kesehatan pilihan yang tepat.

Butuh rekomendasi? Langsung saja cek di CekAja.com, dan dapatkan pilihan asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Besaran premi dijamin terjangkau, dengan nilai uang pertanggungan yang menarik.

Berbagai risiko penyakit dan kecelakaan bisa diatasi dengan layanan kesehatan terbaik di klinik maupun rumah sakit rekanan berkualitas.

Yuk, lindungi dirimu dan keluarga dengan memiliki asuransi kesehatan sekarang juga!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah