10 Manfaat Makan Timun untuk Kesehatan Tubuh, Kulit dan Rambut

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani pada

Kabar baik buat kamu pecinta buah timun, pasalnya manfaat makan timun untuk kesehatan banyak sekali. Selain menyegarkan, timun juga mampu melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit kronis.

Bagi beberapa masyarakat, khususnya masyarakat suku Sunda, timun seringkali dijadikan sebagai lalapan yang disantap dengan sambal.

Tetapi tidak hanya itu, sebab timun juga sering digunakan sebagai bahan untuk membuat beberapa jenis makanan, seperti salad, acar dan lain sebagainya.

Buah yang memiliki nama ilmiah Cucumis Sativus L ini juga kerap kali dijadikan sebagai bahan untuk merawat kulit. Hal tersebut dikarenakan, kandungan yang dimiliki timun mampu menyegarkan dan menenangkan kulit wajah.

Maka dari itu, tidak heran apabila timun banyak digunakan sebagai bahan di beberapa produk skincare, mulai dari pembersih wajah, masker, lotion wajah, sunscreen, dan lain sebagainya.

Kandungan Nutrisi Timun

Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat makan timun untuk kesehatan, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu kandungan yang dimiliki timun itu sendiri. Sebagian dari kamu mungkin sudah tahu, kalau timun memiliki kandungan air yang tinggi.

Tetapi selain itu, timun juga sejatinya mengandung banyak sekali vitamin dan mineral, yang baik untuk kesehatan tubuh. Lantas, apa saja kandungan yang dimiliki timun? Berikut adalah kandungan gizi yang dimiliki timun di setiap 100 gramnya.

  • Air sebanyak 95,23g
  • Karbohidrat sebanyak 3,63g
  • Protein sebanyak 0,65g
  • Lemak sebanyak 0,11g
  • Gula sebanyak 1,67g
  • Serat sebanyak 0,5g
  • Kalori sebanyak 15kkal
  • Vitamin B1 (Thiamine) sebanyak 0,027mg
  • Vitamin B2 (Riboflavin) sebanyak 0,033mg
  • Vitamin B3 (Niacin) sebanyak 0,098mg
  • Vitamin B5 (Pantothenic acid) sebanyak 0,259mg
  • Vitamin B9 (Folat) sebanyak 7µg
  • Vitamin C sebanyak 2,8mg
  • Vitamin K sebanyak 16,4µg
  • Potasium sebanyak 147mg
  • Zat Besi sebanyak 0,28mg
  • Kalsium sebanyak 16mg
  • Fosfor sebanyak 24mg
  • Sodium sebanyak 2mg
  • Magnesium sebanyak 13mg
  • Seng (Zinc) sebanyak 0,2mg
  • Kalium sebanyak 136mg

Semua kandungan nutrisi tersebut akan kamu dapatkan setiap mengkonsumsi satu buah timun. Tetapi untuk memaksimalkan nutrisi yang didapat, kamu bisa langsung memakannya tanpa mengupas kulitnya terlebih dahulu. Sebab, mengupas kulit timun hanya akan mengurangi jumlah serat, vitamin dan mineral tertentu.

(Baca Juga: Manfaat Infused Water Lemon)

Manfaat Makan Timun untuk Kesehatan

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu mengetahui apa saja kandungan nutrisi yang dimiliki timun, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui manfaat makan timun untuk kesehatan tubuh.

Karena pada dasarnya, manfaat makan timun untuk kesehatan sangat banyak. Bahkan tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja, tetapi timun juga memberikan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan wajah.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini CekAja.com telah merangkum 10 manfaat makan timun untuk kesehatan, yang akan diulas secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Manfaat makan timun untuk kesehatan yang pertama adalah menjaga berat badan agar tetap ideal. Hal itu dikarenakan, timun memiliki kulit berserat, yang dipercaya mampu menjaga berat badan tetap ideal dan sehat.

Tidak hanya itu, kandungan kalori yang dimiliki timun pun cukup rendah, yaitu sekitar 15kkal. Dengan begitu, mengkonsumsi timun tidak akan menyebabkan berat badanmu naik drastis seketika.

Tingginya kandungan air yang dimiliki timun juga membuat kamu merasa lebih cepat kenyang saat mengkonsumsinya. Hal ini yang nantinya akan membuatmu lebih mengontrol asupan makanan agar tidak berlebih.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Dengan mengkonsumsi timun, kamu ternyata bisa menurunkan kadar gula darah, loh. Manfaat makan timun untuk kesehatan ini, terlihat dari sebuah penelitian yang dikeluarkan oleh Journal of Scientific Research.

Dalam jurnal tersebut, penelitian dilakukan dengan cara memberikan beberapa potong timun kepada sekelompok tikus diabetes. Dari pemberian timun tersebut didapatkan hasil, bahwa tikus-tikus yang mengkonsumsi lebih banyak timun, kadar gula darahnya berhasil turun dibandingkan tikus yang lainnya.

Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan kalau timun dapat menurunkan kadar gula darah. Selain itu, penelitian lainnya juga dilakukan menggunakan tabung reaksi, untuk mengetahui khasiat timun bagi kesehatan.

Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil, kalau timun mampu mengurangi stres oksidatif yang berhubungan dengan komplikasi penyakit diabetes.

Meski begitu, penelitian terkait timun yang satu ini masih perlu dilakukan penelitian lanjutan. Sebab, manfaat makan timun untuk kesehatan yang didapat dari penelitian ini, baru sebatas percobaan pada hewan saja.

3. Mencegah Kanker

Berikutnya, kamu juga bisa mencegah risiko kanker dengan makan timun secara rutin. Kandungan polifenol atau lignan yang dimiliki timun, dinilai memiliki potensi untuk mencegah dan mengurangi risiko kanker, serta penyakit kardiovaskular lainnya.

Kemudian, kandungan nutrisi cucurbitacins yang dimiliki buah timun pun bersifat antikanker. Hal itu terbukti dari aktivitas cucurbitacins, yang secara efektif mampu menghambat kelangsungan hidup sel kanker.

Bagaimana, manfaat makan timun untuk kesehatan yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi, bukan?

4. Membuat Tubuh Terhidrasi

Selain tiga manfaat di atas, kamu juga bisa makan timun untuk membuat tubuh menjadi lebih terhidrasi. Manfaat makan timun untuk kesehatan yang satu ini dapat kamu rasakan, karena timun sendiri memiliki kandungan air yang cukup tinggi, yaitu sekitar 9,23g.

Oleh karena itu, timun sangat efektif dalam membuat tubuh menjadi lebih terhidrasi, dengan memenuhi sebagian besar kebutuhan cairan harian tubuh yang dibutuhkan. Hidrasi sendiri memberikan pengaruh untuk banyak hal, mulai dari kinerja fisik hingga metabolisme tubuh.

5. Menangkal Risiko Penyakit Neurologis

Manfaat makan timun untuk kesehatan tubuh yang kelima adalah menangkal risiko penyakit neurologis. Seperti yang diketahui, penyakit neurologis merupakan penyakit yang menyerang sistem saraf manusia, baik sistem saraf pusat maupun periferal.

Timun, memiliki kandungan fisetin atau zat antiinflamasi yang mampu menjaga kesehatan otak. Tidak hanya itu, kandungan fosfor yang dimiliki timun juga sangat berguna untuk orang-orang yang memiliki penyakit kognitif.

Karena biasanya, orang yang memiliki penyakit kognitif kekurangan kandungan fosfor di dalam tubuhnya. Jadi, mengkonsumsi timun menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menangkal risiko tersebut, serta membuat otak menjadi lebih fokus.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, sehingga benar-benar harus dijaga kesehatannya sebaik mungkin.

Kamu bisa menjaga kesehatan jantung dengan olahraga dan mengkonsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah.

Salah satu buah yang perlu kamu konsumsi adalah timun. Pasalnya, timun mengandung kalium sekitar 136mg per 100 gramnya. Yang mana, kalium ini sangat bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah.

Sebuah penelitian juga mengatakan, kalau orang dengan asupan kalium yang tinggi, kemungkinan besar memiliki tingkat stroke yang lebih rendah dan mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular, seperti misalnya jantung.

7. Mengatasi Bau Mulut

Jika biasanya kamu mencegah bau mulut hanya dengan sikat gigi dan berkumur menggunakan cairan pembersih mulut, maka kini kamu bisa mengatasi bau mulut dengan makan timun.

Ya, manfaat makan timun untuk kesehatan yang satu ini dinilai sangat efektif, karena buah yang satu ini memiliki kandungan air yang sangat banyak, yang mampu meningkatkan produksi air liur.

Dengan meningkatnya produksi air liur, maka risiko bau mulut pun dapat dihindari, karena semua bakteri yang ada di dalam mulut menghilang. Seperti yang diketahui, bau mulut pada dasarnya disebabkan oleh banyaknya bakteri yang mengumpul di dalam rongga mulut.

Selain itu, timun juga memiliki kandungan phytochemical yang mampu menjaga mulut dari zat-zat berbahaya dan bakteri. Terlebih, kandungan tersebut juga mampu membuat nafas menjadi segar alami.

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Kunci dari terjaganya kesehatan tulang adalah vitamin K. Timun sendiri memiliki kandungan vitamin K yang cukup besar, yaitu sekitar 16,4µg. Ini menjadi salah satu manfaat makan timun untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan, dalam proses pembentukan tulang.

Sebab, jika kamu kekurangan kadar vitamin K, maka kamu berisiko untuk terkena osteoporosis, bahkan meningkatkan risiko patah tulang.

Maka dari itu, agar kadar vitamin K dalam tubuh tercukupi, kamu bisa mengkonsumsi timun secara rutin namun tidak berlebihan.

9. Mencegah Kerusakan Rambut

Manfaat makan timun untuk kesehatan yang kesembilan adalah mencegah kerusakan rambut. Salah satu jenis kerusakan rambut, yang paling sering dialami banyak orang adalah rambut rontok.

Hal ini tentu sangat menjengkelkan dan membuat sebagian orang terkadang merasa frustasi. Namun kini kamu tidak perlu khawatir, sebab kamu bisa mengatasinya dengan timun. Ya, khasiat timun untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala sudah sangat terkenal.

Kandungan vitamin B2, B3, B5, B6, C, dan biotin yang terdapat dalam timun, memiliki peran yang sangat penting untuk mempercepat proses pertumbuhan rambut. Dengan begitu, rambut yang rontok nantinya akan dengan cepat tergantikan oleh rambut baru.

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain menjaga kesehatan rambut, kamu juga bisa merasakan manfaat makan timun untuk kesehatan kulit. Hal itu dikarenakan, timun memiliki kandungan vitamin B2 B3, C dan seng yang sudah terbukti mampu jaga kesehatan kulit dan membuat kulit tampak lebih cerah.

Selain itu, asam caffeic yang terkandung dalam timun juga dinilai dapat melawan iritasi serta peradangan kulit. Sehingga, kulit terhindar dari berbagai macam kemungkinan risiko kerusakan maupun tanda-tanda penuaan.

Efek Samping Makan Timun

Banyaknya manfaat yang diberikan timun, mungkin membuat kamu ingin segera mengkonsumsinya. Tetapi hati-hati, jangan sampai kamu mengkonsumsinya secara berlebihan.

Alih-alih mendapatkan segudang manfaatnya, kamu justru malah mendapatkan efek samping yang akan membahayakan kesehatan tubuh.

Memang, apa saja efek samping yang akan timbul apabila mengkonsumsi timun secara berlebihan?

  • Perut menjadi kembung
  • Rasa nyeri di ulu hati
  • Alih-alih membuat tubuh lebih terhidrasi, kamu justru akan kehilangan banyak cairan, karena timun memiliki sifat diuretik
  • Kelebihan kadar vitamin C
  • Terganggunya kesehatan jantung
  • Sering bersendawa
  • Cairan dalam tubuh menjadi tidak seimbang
  • Dan lain sebagainya.

(Baca Juga: 10 Manfaat Buah Gandaria)

Semua efek samping tersebut dapat terjadi pada siapa saja, baik anak-anak, remaja, orang dewasa hingga lansia sekalipun. Oleh karena itu, kamu perlu mengatur pola konsumsi timun agar tidak berlebihan, untuk mencegah kemungkinan timbulnya efek samping.

Sebab, apabila sudah terkena salah satu dari efek samping tersebut, maka kamu perlu mengonsumsi obat-obatan untuk mengobatinya. Tidak hanya itu, di kondisi terparahnya pun kamu perlu melakukan pengobatan khusus ke dokter.

Dengan demikian, biaya yang harus kamu keluarkan tentu tidak sedikit. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena kamu bisa mengatasinya dengan asuransi kesehatan.

Pasalnya, asuransi kesehatan dapat menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Jadi, buat kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan, segera ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk ajukan sekarang!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani