Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

6 Marketplace Terbaik Bagi Pebisnis Wanita di Indonesia

by lhmdi on 11 September, 2017

tips bisnis tanpa modal _ pinjaman usaha - CekAja.com

Munculnya internet, mampu mengubah segalanya menjadi lebih mudah, salah satunya adalah saat belanja berbagai macam kebutuhan.

Internet juga membuka kesempatan bagi setiap masyarakat untuk menjalankan usaha dan salah satunya adalah melalui marketplace Indonesia.

Jumlah dari marketplace di Indonesia saat ini sangat banyak, namun masing-masing  marketplace tetap memiliki keunikan sendiri. Apalagi marketplace tidak hanya tentang berbagai macam produk yang dijual saja.

Di Indonesia, Marketplace merupakan tempat  bagi dropshipper, reseller, atau menjual produk buatan sendiri.

Setiap marketplace berlomba jadi yang terbaik

Ibarat sebuah toko atau pasar, marketplace kini menjadi tempat pertemuan hingga transaksi pembelian antara penjual dan pembeli, tanpa harus membuang waktu dan tenaga terlalu banyak.

Keuntungan lain dari kehadiran marketplace adalah setiap masyarakat punya kesempatan untuk menjual produk yang mereka memiliki meskipun modalnya sangat minim.

Tidak terkecuali para wanita. Selain untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri atau untuk keluarga, marketplace merupakan tempat bagi para kaum hawa yang ingin mengembangkan ide-ide bisnis mereka.

Ide bisnis ini pun menghasikan berbagai macam produk yang beragam bahkan unik. Namun, dengan semakin banyaknya marketplace tidak jarang para wanita justru binggung, dimana marketplace yang sesuai dengan produk yang akan mereka jual.

CekAja, kali ini akan berbagi beberapa layanan marketplace yang cukup baru dan bisa dicoba bagi para wanita untuk menjual beberapa produk mereka. Berikut beberapa pilihannya:

  1. Zilinggo

Bagi para wanita yang gemar akan fashion atau penampilan bisa mencoba Zilinggo. Marketplace yang satu ini memang masih baru di Indonesia, namun bisa dijadikan piihan sebagai marketplace bagi para wanita yang ingin menjual produk-produk fashion.

Hal ini dikarenakan konsep marketplace yang diterapkan oleh Zilingo adalah membantu penjual UKM offline dapat berjualan secara online. (Baca juga: Apply Kartu Kredit Online Menguntungkan, Mengapa?)

Melalui pemrograman komputer yang sudah dirancang dengan baik, Zilinggo memberikan keleluasaan kepada para penjual offline untuk menjual produk mereka secara online.

Tidak hanya itu, Zilinggo menyediakan fitur daftar produk, pengelolaan inventasi hingga jadwal pengiriman barang untuk mendukung para wanita yang ingin menjual berbagai macam produk fashion. 

  1. Shopee

Jika biasanya marketplace identik dengan bentuk sebuah situs, kali ini Shopee menawarkan layanan yang sedikit berbeda, yaitu menyediakan marketplace dalam bentuk aplikasi.

Shopee pun membuka kesempatan bagi masyarakat khususnya wanita untuk menjual produk-produk mereka secara online.

Shopee mengajak pebisnis UKM dan penjual individu untuk menjual produk-produk mereka, dengan jangkauan yang lebih besar. Selain fashion, Shopee pun menjual berbagai macam produk yang sesuai dengan kebutuhan rumah tangga lainnya.

Bahkan untuk meningkatkan interaksi antara penjual dan pebisnis Shopee menghadirkan layanan Social Sharing, Live Chat hingga satu fitur yang memudahkan penjual untuk mengintegrasikan foto produk dari media sosial Instagram ke layanan Shopee.

  1. Carousel

Pilihan selain Shopee sebagai tempat menjual berbagai macam produk melalui marketplace Indonesia adalah dengan menggunakan layanan Carousell.

Sekilas Carousell terlihat hampir sama dengan Shopee, dimana para wanita juga bisa menjual berbagai macam produk menarik. Mulai dari Accesoris & Clothing, Home and Lifestyle, hingga menjual berbagai macam produk yang dimulai dari hobi. (Baca: Cara Hasilkan Uang dari Jual Barang Bekas Online)

Untuk menggaet semakin banyak penjual di Carousell, perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 2012 ini sebanyak mungkin bekerjasama dengna komunitas-komunitas untuk membentuk loyalitas dalam bertransaksi.

Nah, bagi para wanita yang memang ikut tergabung dalam komunitas tertentu, peluang dari Carousell ini tentunya sulit untuk ditolak.

Berbekal anggota yang cukup besar, komunitas biasanya akan ikut mendorong terjadinya pembelian dari konsumen, sehingga memungkinkan produk lebih dikenal dan laku terjual.

  1. Qlapa

Bagi wanita yang membuat produknya sendiri atau handmade maka layanan marketplace yang bisa dijadikan sebagai tempat penjualan secara online adalah Qlapa.

Qlapa memungkinkan setiap pengguna untuk membeli produk handmade langsung dari pembuatnya. Untuk terus menggaet para pengrajin produk-produk, Qlapa bahkan menyediakan sebuah asisten pribadi virtual.

Asisten pribadi ini nantinya akan membantu konfirmasi pembayaran, melayani pertanyaan pembeli, menghitung biaya pengiriman, dan memasarkan produk. Bahkan, selain produk jadi para penjual juga bisa menawarkan bahan baku dari kerajinan tangan.

  1. Tokopedia

Seperti yang sudah kita ketahui, Tokopedia adalah salah satu layanan marketplace Indonesia yang sudah punya nama besar di Indonesia. Mlalui platform marketplace, Tokopedia membuka kesempatan bagi setiap pemilik toko online untuk memasarkan barangnya lebih luas lagi.

Salah satu keunggulannya adalah para pedagang berhak menentukan harga produknya sendiri, sehingga tidak membutuhkan waktu untuk proses tawar menawar dengan claon pembeli. Terakhir, Tokopedia menawarkan biaya bebas komisi dari hasil penjualan para pebisnis online. (Baca: 6 Alasan Kenapa Orang Hobi Belanja di Situs Online)

Tentunya ini peluang bagus bagi para wanita yang belum mencoba Tokopedia sebagai salah satu alat penjualan secara online.

  1. OLX

Beberapa tahun yang lalu, jika kita ingin menjual barang bekas dan tidak terpakai lagi, nama Toko Bagus dan Berniaga adalah dua pilihan yang tepat.

Namun, kedua marketplace khusus barang bekas ini akhirnya bergabung menjadi satu dan memiliki nama baru yaitu OLX. Nah, bagi para wanita yang ingin berjualan barang-barang tidak terpakai lagi, maka menjualnya di OLX adalah pilihan tepat.

Berjualan di Marketplace OLX, tidak dipungut biaya, bahkan bisa langsung terhubung dengan nomor kontak penjual, karena OLX membuka kesempatan kepada penjual untuk melampirkan nomor ponsel, hingga aplikasi berkirim pesan seperti BlackBerry Messenger dan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan calon pembeli.

Selain itu layanan penjualan dari OLX pun cukup komplit, mulai dari mobil, motor properti, kebutuhan rumah tangga hingga layanan jasa.

Jadi, marketplace Indonesia mana yang jadi pilihan tepat untuk berjualan online?

 

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami