Masalah yang Bikin Kamu Susah Naik Jabatan di Tempat Kerja

2 min. membaca Oleh Rafly Aditia on

jabatan kerja - CekAja.com

Naik jabatan adalah salah satu tanda nyata bahwa karier kamu menanjak. Saat naik jabatan, biasanya gaji seseorang juga mengalami kenaikan. Namun, untuk dapat naik jabatan tidak sembarang karyawan bisa mendapatkannya. Ada hal-hal tertentu yang dipertimbangkan oleh perusahaan, sebelum memberikan promosi kenaikan jabatan.

Kamu sudah kerja betahun-tahun namun belum juga mengalami kenaikan jabatan, bisa-bisa tanpa sadar sudah melakukan sejumlah masalah berikut ini :

Suka lepas tanggung jawab

Hal pertama yang membuat kamu susah naik jabatan adalah perilaku sering melepas tanggung jawab. Di dunia kerja, tanggung jawab harus dimiliki. Jika kamu tidak punya, niscaya karier kamu tidak akan pernah lebih dari posisi sekarang.

Salah satu sikap melepas tanggungjawab adalah tidak menyelesaikan pekerjaan sesuai tenggat waktu atau sering melemparkan kesalahan kepada rekan kerja. (Baca juga: Sederet Hal yang Bedakan Cara Perhitungan Pesangon)

Terlalu lama ambil keputusan

Dalam bekerja, kamu pasti bakal menemukan beberapa keadaan mendesak yang menuntut keputusan cepat dan tepat. Kalau kamu masih sulit mengambil keputusan hingga akhirnya rekan kerjamu yang lebih dulu beraksi, jangan harap bisa naik jabatan. Justru posisi yang kamu incar akan disalip oleh rekan kerja yang lain.

Kemampuan untuk mengambil keputusan dengan cepat dan tepat merupakan hal yang harus dimiliki kalau ingin [c88-article id=”103606″ title=”karier” text=”karier”] kamu baik.

Mudah menyerah

Sering diberi pekerjaan tambahan namun belum dilakukan kamu sudah bilang tidak bisa? Itu artinya kamu orang yang mudah menyerah. Padahal, bisa jadi atasan sedang mengetes sejauh mana kamu bekerja. Bila kamu berani mengambil tantangan tersebut, meski pada akhirnya tugas hanya selesai separuh, kamu bakal dipandang sebagai orang yang tidak mudah menyerah. Bisa saja nantinya kamu akan dibebankan  tanggung jawab lebih alias naik jabatan karena hal itu.

Tidak berani berbeda

Kalau kamu selalu mengikuti alur, takut mengutarakan ide-ide berani dan berbeda sebenarnya kamu sudah membuang peluang untuk naik jabatan. Jangan takut berbeda meskipun harus bertentangan denan rekan kerja atau bahkan atasan sendiri. Sebab, bisa jadi ide tersebut justru bisa memajukan perusahaan. (Baca juga:  7 Hal Kecil yang Bisa Mendorong Motivasi Kerja)

Melakukan pekerjaan tanpa passion

Memang sih banyak orang melakoni pekerjaan yang sebenarnya bukan passion-nya. Akibatnya orang melakukannya pekerjaan setengah-setengah, tidak dilakukan dengan rasa cinta terhadap pekerjaan dan hasilnya pun tidak maksimal.

Untuk itu, berusahalah mencintai pekerjaan dan jadikanlah sebagai [c88-article id=”103206″ title=”passion” text=”passion”]. Dijamin, kariermu bakal lebih cemerlang!

Tentang kami

Rafly Aditia

Rafly Aditia