Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mau Bisnis Online Laris Manis? Ini 5 Kiatnya

by Sindhi Aderianti on 11 Oktober, 2018

Banyak keuntungan yang bisa dihasilkan dari berbisnis online. Selain menjangkau pasar lebih luas, bisnis online juga tidak akan membebani Anda dengan biaya sewa tempat. Cukup gunakan gadget beserta internet, bisnis sudah bisa dimulai. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat seperti sekarang, perkembangan usaha ini pun diramal akan sangat menjanjikan. Ini lima kiat bisnis online laris manis.

cara belanja online - CekAja.com

Sistem kerjanya sendiri adalah memasarkan produk melalui beberapa media sosial, baik itu Facebook, Twitter, Instagram, ataupun e-commerce yang kini sedang marak. Mudah, bukan? Tak hanya penjual, kemudahan ini juga ikut dirasakan pembeli, mereka jadi tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk membeli barang yang diinginkan.

Meski terbilang mudah, tetap ada beberapa trik agar bisnis online Anda laris manis. Berikut ini CekAja beri lima tipsnya.

(Baca juga: Mau Bisnis Es Kopi Susu? Ini 5 Hal yang Perlu Anda Perhatikan)
Fokus pada produk andalan

Pertama, fokuslah menjual produk andalan Anda. Bila Anda menjual pakaian wanita, hindari penambahan item berbeda yang jauh dari karakteristik toko Anda di awal. Misalnya tiba-tiba menjual makanan ringan. Cara tersebut hanya akan membingungkan pembeli hingga menuai anggapan bahwa produk pakaian Anda kurang diminati.

Sekalipun ingin menambah produk, jual yang saling berkaitan satu sama lain. Contohnya kalau pakaian,  swimwear atau piyama masih cocok untuk disandingkan ke dalam item penjualan Anda. Percayalah, semakin fokus, maka Anda semakin cepat memajukan bisnis!

Kumpulkan testimoni konsumen

Jangan segan untuk meminta testimoni produk kepada pembeli. Setelah diberikan, unggah screenshot kesan-kesan mereka ke akun toko online Anda.

Kumpulkan sebanyak mungkin, dengan begitu calon konsumen lain merasa yakin kalau Anda penjual yang trusted secara servis ataupun kualitas porduk. Berkat cara sederhana itu pula, pembeli baru akan lebih banyak berdatangan.

(Baca juga: Tak Perlu Jadi Seleb, 6 Kuliner Hits Ini Bisa Jadi Sumber Inspirasi Bisnis)
Foto harus menarik

Elemen lain yang perlu diperhatikan adalah foto. Pastikan resolusi foto tinggi agar tidak pecah dan tampak lebih menarik. Nah untuk hasil foto yang maksimal, gunakan pencahayaan alami dari sinar matahari.

Tapi jika terpaksa harus mengambil foto di dalam ruangan, usahakanlah untuk mencari ruangan yang terpapar cahaya. Jika dirasa masih kurang, tidak ada salahnya kamu menggunakan lampu tambahan.

Untuk produk selain pakaian, Anda juga bisa mengambil foto terbaik dengan portable studio mini. Alat ini tergolong sangat terjangkau bila dibandingkan harus berkali-kali ke studio foto dengan tarif ratusan ribu per jam.

(Baca juga: Memeras Untung dari Bisnis Es Jeruk Peras Murni)
Rajin ikut bazaar

Meski sektor penjualan Anda adalah online, tak ada salahnya untuk mencoba berpartisipasi dalam berbagai bazar, lho. Tujuannya untuk memperkenalkan bisnismu lebih luas lagi, terutama kepada orang-orang yang tidak begitu aktif di media sosial.

Dengan go public seperti ini, target pasar online maupun offline bisa Anda dapat sekaligus. Jangan lupa cantumkan kontak dan akun medsos bisnismu ya.

Endorse selebgram atau artis

Jika ada budget lebih, cara ini akan lebih efektif lagi untuk meningkatkan penjualan. Ya, endorse selebgram atau artis yang memiliki follower ratusan ribu hingga jutaan di media sosial. Pilih sesuai target pasar dan karakter produkmu.

Prosedurnya, Anda akan diminta membayar fee atas jasa mereka ini dan mengirim produk yang Anda jual. Dalam waktu 2 minggu setelah barang diterima, biasanya pada selebgram atau artis akan langsung mengunggah foto produk Anda diikuti caption promosi yang menarik.

Berkat jumlah follower mereka yang sebanyak itu, bukan tidak mungkin calon konsumen baru berbondong-bondong ikut membeli produk Anda. Menurut beberapa pemilik online shop yang pernah melakukan endorsement, mereka langsung berhasil meraih pembeli hingga 70% dalam waktu yang cukup singkat.

Namun tentu ada harga yang harus Anda bayar, fee selebgram seperti Rachel Vennya contohnya. Ia memasang tarif mulai dari 5,5 juta untuk satu kali post.

Selain kelima hal di atas, dalam berbisnis online juga dibutuhkan konsistensi yang besar. Jangan pantang menyerah jika sewaktu-waktu sepi pembeli. Terus cari konsumen baru sebagai gantinya dengan strategi tadi.

Mungkin bisa dengan memberi promo diskon atau gratis ongkos kirim? Tinggal perhitungkan kembali cash flow Anda agar tetap untung.

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami