Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Mau Kaya di Usia Tua, Siapkan Hal Ini 1 Tahun Sebelum Pensiun

by Surtan Siahaan on 27 Mei, 2016

pensiun sejahtera - CekAja.com

Banyak orang tidak mempersiapkan pensiunnya dengan baik. Hingga tanpa sadar, masa pensiun sudah tinggal satu tahun lagi. Bila sudah kejadian seperti ini, apakah semuanya sudah terlambat untuk mempersiapkan kehidupan pensiun yang lebih baik dan terjamin secara finansial.

Idealnya, pensiun harus disiapkan sejak dini agar kita tidak bingung harus melakukan apa saat pensiun. Namun, untuk membantu kamu yang belum punya gambaran atau rencana aksi, berikut hal yang harus kamu siapkan setahun menjelang pensiun:

Menghitung harta kekayaan

Jangan sampai kamu tidak tahu berapa uang yang kamu miliki saat pensiun kelak mulai dari pesangon, tabungan pensiun, saham, reksa dana hingga desposito. Coba kalkulasikan berapa kekayaan tersebut agar tahu apakah harta kekayaanmu tersebut cukup untuk menjalankan rencana hidup saat pensiun.

Coba alihkan instrumen investasi ke jenis yang lebih rendah risiko dan likuid. Begitupun dengan Semua instrumen investasi yang bersifat jangka panjang seperti saham segera diubah ke yang bersifat jangka pendek.

(Baca juga: Ini Caranya Agar Kamu Bisa Mengumpulkan Rp 1 miliar Saat Pensiun)

Lunasi utang

Utang sangat buruk bagi pensiunan. Sebab, kemampuan orang untuk menghasilkan uang sudah menurun seiring usia yang tergolong tak produktif lagi. Bila punya utang, salah mengelola kamu bisa kehilangan tabungan pensiun yang sudah disiapkan sejak lama. Hindari utang dalam jenis apapun apalagi kredit perumahan atau jenis utang konsumtif lain yang memiliki bunga tinggi.

Downsizing rumah

Tanpa disadari rumah bisa menjadi beban di masa pensiun. Rumah yang besar tentu membutuhkan biaya perawatan yang besar. Coba hitung berapa orang PRT yang harus kamu gaji bila ukuran rumahmu besar. Tentu di masa tua kamu tidak akan sanggup lagi merawat rumah sendirian.

Selain itu, pajak yang dibayar untuk rumah juga tidak murah. Nah, agar rumah tidak menguras tabungan pensiunmu, sebaiknya lakukan downsizing alias memperkecil ukuran rumah. Caranya, bila dirasa terlalu besar, kamu bisa menjual rumah dan pindah ke tempat yang lebih kecil.

(Baca juga: Empat Hal yang Bisa Menyebabkan Kamu Pensiun dalam Keadaan Miskin)

Siapkan bisnis

Saat karyawan memasuki masa persiapan pensiun biasanya tugas yang diberikan jadi lebih ringan. Masa persiapan pensiun yang dimulai setahun sebelum pensiun adalah waktu yang tepat untuk mempersiapkan bisnis. Sebab, pada masa ini kamu memiliki waktu yang lebih longgar.

Coba cari bisnis yang paling cocok untuk profilmu sebagai pensiunan. Di sejumlah perusahaan biasanya terdapat tawaran usaha yang diberikan pada karyawan yang telah masuk masa persiapan pensiun. Coba pelajari dan pertimbangkan seluruh tawaran yang ada.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami