Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mau Keliling Dunia Kayak Raffi-Nagita? Siapkan 5 Hal Ini!

by Sindhi Aderianti on 31 Oktober, 2019

Beberapa waktu lalu, pasangan selebritas Raffi Ahmad dan Nagita Slavina mengumumkan akan rehat sejenak dari dunia hiburan yang membesarkan namanya. Keputusan ini bukan tanpa alasan, dua sejoli tersebut berencana menghabiskan waktu mereka beserta sang anak untuk berkeliling dunia.

Perjalanan liburan pemilik akun Youtube RANS Entertainment ini pun bakal dilakukan dalam jangka waktu sangat lama, yakni selama empat bulan. Sebelum bertolak ke negara orang, mereka lebih dulu mengunjungi beberapa kota di Indonesia seperti Bandung dan Padang

Keliling dunia adalah impian semua orang, terutama bagi kamu yang memang hobi traveling. Namun  dari sisi finansial, tur seperti ini  membutuhkan cost lebih banyak daripada jalan-jalan di dalam negeri.

Apalagi dengan tingginya kurs mata uang seperti dollar atau euro jika dikonversikan dari rupiah. Maka dari itu, kamu butuh perencanaan dan perhitungan yang matang agar tidak over budget.

Bahkan jika memungkinkan berlibur ala backpaper, mengapa tidak? Yuk, kepoin 5 hal yang perlu kamu siapkan untuk keliling dunia:

  1. Susun itinerary

Awali  rencana keliling duniamu dengan menyusuin itinerary. Itinerary merupakan daftar kegiatan serta estimasi budget yang akan dikeluarkan saat perjalanan.

Daftar ini mencakup destinasi, transportasi, jadwal kegiatan per hari, akomodasi, sampai keperluan lain-lain seperti belanja oleh-oleh. Cari tahu biaya naik transportasi seperti kereta atau bus di negara tersebut.

Termasuk juga arif akomodasi mulai dari penginapan, konsumsi sehari 2x, dan tiket masuk obyek wisata yang ada di sana. Lalu hitung masing-masing pengeluaran di setiap pos tersebut.

(Baca juga: Daftar Kota Teraman di Dunia yang Cocok Buat Solo Traveler Wanita)
  1. Paspor dan visa

Dokumen ini termasuk yang paling vital dibawa selama keliling dunia. Cek paspormu, jika sudah dekat tanggal ‘kadaluarsa’ (maksimal 6 bulan), segeralah buat yang baru.

Sebisa mungkin pilih e-passport saja, karena di beberapa negara sudah membuat antrian khusus pemilik paspor elektronik tersebut sehingga tak perlu lama-lama mengantri di imigrasi.

Lalu jika negara tujuanmu menyaratkan visa bagi pendatang, urus juga selambat-lambatnya tiga bulan sebelum keberangkatan langsung di kedutaan besar terkait. Selain memang penting, pihak maskapai umumnya juga membutuhkan nomor dari paspor aktifmu saat membeli tiket pesawat.

  1. Tiket pesawat

Soal tiket pesawat, kamu bisa memesan round the world ticket atau tiket keliling dunia. Tiket ini sifatnya bundle, dimana beberapa negara tujuan sudah ‘dipaketkan’ di dalam rutenya yang multiple.

Sehingga dari segi harga pun relatif  lebih terjangkau. Melansir situs maskapai asal Belanda KLM, kisaran biaya tiket dari Tokyo – Amsterdam – London – Paris – Venesia – Roma – Madrid – Cancun – Havana – Los Angeles – Honolulu – Tokyo dipatok harga EUR3.995 atau sekitar Rp56,6 juta.

Harga segitu termasuk murah, dibandingkan jika kamu membelinya secara terpisah. Namun dengan titik berangkat dan pulang melalui Tokyo, Jepang, Itu berarti kamu juga harus membeli tiket Jakarta-Tokyo PP dulu.

  1. Barang bawaan

Umumnya setiap penumpang rute internasional mendapat jatah bagasi 35kgー40kg. Meski kelihatannya banyak, namun kamu tetap perlu menyortir kembali barang-barang bawaan agar kelak tidak overwheight dan harus kena charge tambahan karena hal tersebut.

Fokuslah pada barang yang memang diperlukan selama keliling dunia. Bawa pakaian sesuai iklim di negara tujuan, pakaian dalam secukupnya, obat-obatan, universal adapter, serta maksimal tiga pasang sepatu/sendal.

Perlengkapan mandi dan skincare sebaiknya bawa yang travel size. Jangan luoa sisakan beberapa space pada koper untuk menyimpan oleh-oleh atau barang lain.

(Baca juga: Tiket Pesawat Mahal? Ini Alternatif Cara Traveling yang Gak Kalah Asyik!)
  1. Asuransi perjalanan

Bagaimana detil kondisi negara yang akan kita tuju, tidak ada yang tahu. Maka dari itu, jangan ragu untuk membeli asuransi perjalanan. Terlebih kamu akan mengunjungi lebih dari satu negara.

Asuransi perjalanan setidaknya bisa memberi pertanggungan bila hal buruk terjadi, selama kamu jalan-jalan keliling dunia. Misalnya penerbangan yang tiba-tiba dibatalkan oleh pihak maskapai atau bagasi hilang entah kemana.

Bila perlu, miliki juga asuransi kesehatan internasional untuk berjaga-jaga kalau nanti butuh penanganan medis di sana. Bukan cuma Raffi dan Nagita saja, kok yang bisa keliling dunia.

Jika tabunganmu cukup, tak masalah bila ingin jalan-jalan keluar negeri. Selain urusan budget, pastikan selama di sana kamu juga belajar sabar, bangun pagi agar bisa pergi banyak tempat, tidak ngoyo, dan cekatan. Niscaya momen keliling duniamu menyenangkan.

Urusan asuransi perjalanan, dapatkan yang terbaik hanya di CekAja.com. Info lebih lanjut kunjungi website www.cekaja.com atau telepon ke (021) 8062 6900.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.