Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Mau Kerja Freelance? Cek 4 Pekerjaan Menggiurkan Ini!

by Miftahul Khoer on 20 September, 2018

Jenuh bekerja di kantoran dengan suasana yang monoton dan bikin sumpek? Anda bisa mencoba menjajal pekerjaan lain untuk sekadar mendapatkan suasana baru. Menjadi seorang pekerja paruh waktu atau freelance tampaknya dapat menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan suasana baru, pasalnya sebagai freelancer, pekerjaan Anda dapat digarap di mana saja, baik itu di rumah, kafe, taman atau di tempat-tempat lain. Asyik bukan?

kerja freelance - CekAja.com

Jika Anda tertarik untuk mencoba berprofesi sebagai seorang pekerja freelance, inilah beberapa jenis pekerjaan cukup menggiurkan yang bisa Anda lakoni. Yuk cek!

Editor

Ada banyak tawaran kerja freelance menjadi editor tersebar yang bisa diakses di internet. Beberapa pekerjaan jenis ini antara lain untuk editor buku, proofreader, hingga editor untuk beberapa media online.

Sistem kerja freelance ini setidaknya terbagi ke dalam dua skema. Untuk editor buku misalnya, biasanya Anda diharuskan datang ke kantor untuk briefing dalam waktu tertentu.

Pihak perusahaan biasanya memiliki aturan-aturan tertentu yang mengharuskan freelancer dan perusahaan harus membicarakan aturan main dalam kerja pengeditan.

(Baca juga: 9 Pekerjaan Online Paling Dicari Perusahaan di Masa Depan)

Ada juga skema lain yang tidak mengharuskan antara freelancer dan klien untuk bertemu. Jadi hasil pekerjaan yang dikerjakan freelancer cukup dikirim dengan melalui email saja.

Bayaran kerja freelance untuk editor ini cukup menggiurkan. Ada yang dihitung berdasarkan jumlah jumlah projek yang dikerjakan, ada juga yang dihitung bulanan.

Misalkan untuk editor buku, Anda berhasil mengedit 5 buku dalam sebulan. Maka fee Anda akan dibayar sesuai banyaknya buku yang diedit. Ada juga yang dibayar bulanan. Seberapapun buku yang selesai Anda edit, fee Anda tetap dibayar untuk satu bulan.

Writer

Jenis pekerjaan satu ini sangat banyak dibutuhkan dan menjadi peluang besar bagi penulis kerja freelance. Para penulis freelance bisa bekerja untuk penerbut buku, media online, hingga penulis konten untuk beberapa situs perusahaan.

Sistem pembayaran atau fee yang dibayarkan untuk penulis freelance juga beragam. Ada yang dibayar sesuai jumlah viewers seperti yang diberlakukan oleh media online UCNews atau Babe.

(Baca juga: Cara Kreatif Mencari Pekerjaan Lewat Media Sosial

Untuk menulis di dua situs tersebut, semakin artikel Anda banyak dibaca, semakin banyak uang yang masuk ke rekening Anda dengan menulis di di situs-situs tersebut.

Jangan salah, ada banyak penulis freelance yang meraup jutaan hingga puluhan juta berkat menulis di dua situs tersebut. Semakin viral tulisan Anda, semakin banyak duit Anda.

Ada juga sistem upah lain untuk seorang penulis freelance yaitu sesuai jumlah artikel yang ditulis. Jika Anda membuat 100 artikel dalam sebulan, maka klien akan membayarkan fee sesuai besaran yang telah disepakati dari awal.

(Baca juga: Yakin Mau Kerja Freelance? Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangannya!)
Web developer

Peluang mendapat uang dari seorang web developer saat ini makin terbuka lebar. Di zaman internet dan digital seperti sekarang pasti banyak pihak-pihak yang ingin membuat website untuk menopang bisnis atau kebutuhan kerjanya.

Maka jangan salah, menjadi web developer adalah pilihan tepat bagi Anda. Selain banyak yang butuh jasa pembuatan web, duitnya pun bisa bikin kantong tebal.

Untuk pembuatan satu web saja misalnya, seseorang bisa mengeluarkan kocek mulai dari jutaan, puluhan hingga ratusan juta. Semakin portofolio Anda bagus, semakin banyak kerja web developer Anda direkomendasikan.

Desainer grafis

Desiner grafis mungkin jadi salah satu profesi yang sedang banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan saat ini. Kebutuhan tenaga desainer grafis ini tentu diperlukan untuk mendukung kerja perusahaan dalam membuat konten-konten visual.

Tak jarang para perusahaan ini melirik desainer grafis lepas. Untuk bujet jangan khawatir, perusahaan biasanya tidak takut untuk keluar banyak uang untuk para desainer.

Beberapa contoh yang bisa dikerjakan desainer grafis freelance mulai dari pembuatan logo, desain presentasi hingga infografis. Beberapa perusahaan yang membutuhkan desainer grafis antara lain advertising agency, media massa, percetakan, penerbit hingga branding agency.

(Baca juga: 5 Media Sosial dan Aplikasi Chatting yang Kini Tinggal Nama)

Tapi perlu dicatat, menjadi desainer grafis atau profesi kerja freelance lainnya butuh jejaring. Dengan jaringan yang luas, maka Anda akan mudah mendapat projek dari para klien Anda.

Jika Anda kesulitan mendapat klien, Anda wajib mencoba cek peluang kerja freelance sesuai profesi Anda di beberapa situs yang khusus menawarkan jada bagi para freelancer. Situs-situs tersebut di antaranya adalah Fastwork, Sribulancer, Freelancer, Studentjob, iWriter, Ruangguru dan banyak lagi. So, apakah Anda sudah tertarik menjadi freelancer?

Memang untuk menjadi freelancer tidaklah semudah seperti yang dibayangkan, mental Anda sudah harus lebih kuat dulu. Itu mengapa menjadi seorang freelancer tidak ubahnya seperti memulai bisnis, Anda diwajibkan untuk dapat bertahan dengan keahlian Anda.

Butuh dana untuk memulai bisnis Anda, ajukan segera di CekAja.com.

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.