Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mau Kredit Mobil Murah Rp100 Jutaan, Ini Lho yang Harus Diperhatikan

by Miftahul Khoer on 19 Agustus, 2019

Tak bisa dipungkiri bahwa mobil low cost green car (LCGC) alias mobil murah ramah lingkungan masih menjadi primadona secara penjualan di Indonesia. Buktinya, pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang digelar di ICE BSD pada Juli lalu, mobil-mobil LCGC tercatat paling laris.

mobil murah

Pada ajang GIIAS 2019 tersebut mobil paling laris dibeli konsumen adalah mobil penumpang yang sebagian besar adalah jenis LCGC. Kredit mobil murah menjadi salah satu alasan mengapa jenis LCGC menjadi buruan para pecinta mobil. Adapun beberapa merek LCGC yang laku antara lain Toyota, Daihatsu, Suzuki, Honda dan Datsun.

Kredit Mobil Murah Toyota

Sesuai namanya, LCGC merupakan mobil murah ramah lingkungan. Mobil-mobil jenis ini bisa diperoleh dengan harga terjangkau yakni Rp100 jutaan. Salah satu pabrikan yang memimpin pasar LCGC adalah Toyota.

Ada dua produk LCGC yang dikeluarkan Toyota yang menjadi incaran para konsumen antara lain Toyota Calya dengan harga mulai Rp135,3 juta. Berdasarkan data Gaikindo, per bulannya, Calya mampu menjual rerata mobil hingga 3.400 unit hingga 3.900 unit pada periode April – Juni 2019.

Selain Calya, Toyota juga punya Agya yang juga menjadi incaran para pecinta kredit mobil murah. Dengan harga mulai dari Rp138,2 juta, kamu sudah bisa membawa pulang satu unit Toyota Agya. Adapun, rerata mobil Agya terjual pada periode April – Juni 2019 mencapai 1.491 unit hingga 2.274 unit.

(Baca juga: Asyik, Mobil Listrik Bebas Pajak Barang Mewah!)
Kredit Mobil Murah Daihatsu

Mobil murah lain yang juga bisa dimiliki adalah keluaran Daihatsu tentunya. Kamu bisa memiliki mobil Daihatsu Ayla dengan harga mulai Rp94 jutaan dan juga Daihatsu Sigra dengan harga mulai dari Rp109 jutaan. Kedua mobil ini juga tercatat paling laris di pasaran.

Pada periode April hingga Juni 2019, penjualan Sigra bisa tembus mencapai 6.317 unit. Sementara penjualan Ayla tembus hingga 2.625 pada April dan sempat melemah menjadi 936 unit pada Juni 2019.

Kredit Mobil Murah Suzuki

Tak mau ketinggalan dalam bersaing dengan pabrikan lain, Suzuki pun punya andalan mobil LCGC yakni Karimun. Dijual dengan harga mulai Rp112,5 jutaan, Karimun menjadi bagian yang banyak diburu konsumen. Sayangnya, penjualan Karimun tidak semulus para pesaingnya baik Toyota maupun Daihatsu. Pada periode Januari – April 2019, Suzuki Karimun berhasil terjual hingga 1.721 unit.

Kredit Mobil Murah Honda

Pabrikan Honda juga tak mau kalah untuk mengeluarkan produk LCGC. Dengan harga mulai dari Rp118 jutaan, Honda mengeluarkan Brio Satya yang juga menjadi andalan banyak pecinta mobil. Pada periode April – Juni 2019, Brio telah membukukan penjualan 2.652 hingga 3.650 unit setiap bulannya.

Kredit Mobil Murah Datsun

Satu lagi mobil murah yang bisa dimiliki adalah Datsun Go. Dengan kocek mulai Rp105 juta, kamu sudah bisa bawa pulang mobil LCGC ini. Ada tiga tipe Datsun Go dengan harga Rp100 juta yang bisa kamu beli mulai dari Datsun Go T, Datsun Go T-Option hingga Datsun Go T-Active. Sayangnya penjualan Datsun merupakan paling buruk ketimbang mobil-mobil LCGC lainnya.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Kredit Mobil Murah

Memiliki mobil saat ini mungkin semudah membeli gorengan. Kamu tinggal pergi ke dealer dan langsung melakukan transaksi pembelian. Kemudahan pembelian kendaraan ini didukung dengan program yang menawarkan uang muka nol rupiah. Padahal sebelumnya ada aturan uang muka pembelian kendaraan yang mengharuskan membayar uang muka dengan besaran tertentu.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mengambil kredit mobil murah maka sebaiknya perhatikan hal-hal sebagai berikut.

  • Cek kondisi keuangan

Hal paling penting saat memutuskan untuk membeli mobil secara kredit adalah adanya bujet untuk membayar angsuran bulanan. Pastikan apakah penghasilan bulanan kamu mencukupi untuk membayar cicilan dan juga kebutuhan sehari-hari?

Pastikan juga bahwa bujet untuk membayar angsuran bulanan tidak lebih dari 30 persen. Oleh karena itu, sebaiknya jangan memaksakan jika penghasilan bulanan pas-pasan untuk mengambil kredit mobil murah.

  • Biaya pengeluaran mobil

Hal lain yang harus diingat oleh pemilik mobil adalah pengeluarannya. Jika kamu punya mobil berarti secara otomatis kamu punya tambahan biaya pengeluaran mulai dari biaya servis, ganti oli, ongkos bahan bakar, hingga biaya perawatan. Para pemilik mobil harus sudah siap dengan berbagai pengeluaran dari kepemilikan mobil.

(Baca juga: Cari Mobil Bekas? Ikuti Langkahnya Disini!)
  • Nabung dulu buat uang muka

Untuk meringankan angsuran bulanan, sebaiknya kamu memilih nabung buat uang muka terlebih dahulu ketimbang mengambil kredit dengan tanpa DP alias nol rupiah. Memang sih kredit tanpa uang muka sangat membantu kita untuk membeli mobil dengan cara kredit. Namun, semakin besar uang muka maka akan semakin ringan angsuran bulanannya. Begitu pun sebaliknya. Semakin kecil uang muka atau tidak ada uang muka sama sekali, maka semakin besar angsuran bulanannya.

Nah, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat berencana mengambil kredit mobil murah. Eits, jangan lupa untuk melindungi kendaraanmu dengan asuransi ya, kamu bisa akses CekAja.com untuk mendapatkan panduan finansial tepercaya. Kuy cek!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.