Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Mau Menikah? Ketahui Dulu 5 Mitos Seputar Resepsi Pernikahan Berikut Ini

by Rafly Aditia on 15 Juli, 2016

dekorasi pelaminan - CekAja.com

Bicara tentang pernikahan, tidak lengkap rasanya kalau tidak membahas tentang mitos-mitos seputar resepsi pernikahan. Sebab banyak mitos menyesatkan yang sering dipercaya sebagai kebenaran oleh masyarakat .

Langsung saja, berikut ini ada 5 mitos seputar resepsi pernikahan yang harus kamu hindari saat merencanakan sebuah pernikahan:

 

Menggunakan jasa teman sama dengan profesional

Banyak sekali orang yang memilih menggunakan jasa teman untuk mengurus beberapa hal seputar pernikahan. Misalnya, kamu memiliki teman yang jago fotografi maka kamu lebih memilih menggunakan jasa mereka dibanding dengan jasa seorang fotografi pernikahan profesional.

Padahal, temanmu yang jago fotografi sekalipun belum tentu bisa mengabadikan momen dengan baik pada saat pernikahanmu. Karena, bisa saja keahliannya di bidang fotografi fokus terhadap foto-foto pemandangan dan sebagainya. Untuk itu, tidak ada salahnya mengeluarkan uang lebih banyak untuk menggunakan jasa profesional. (Baca juga: 4 Indikator Kamu Siap Punya Anak Secara Finansial)

Undanglah orang yang mengundangmu ke pernikahannya

Biasanya kamu bakal merasa harus membalas apabila orang yang mengundangmu untuk datang ke pernikahannya. Padahal, bukan seperti itu yang seharusnya kamu lakukan. Yang harus diperhatikan adalah bagaimana perencanaan pernikahanmu, berapa jumlah undangan yang harus disebar. Sebaiknya, pilihlah orang-orang yang benar dekat secara personal.

Wedding planner harganya terlalu mahal?

Banyak orang yang beranggapan bahwa menggunakan jasa wedding planner atu wedding organizer membuat biaya pernikahan bengkak. Padahal, tidak selalu seperti itu. Selama kamu bisa membandingkan harga dan memilih wedding planner yang tepat maka kamu justru bisa mengeluarkan biaya yang lebih murah.

Mengurus segalanya sendirian bisa hemat budget?

Berbanding terbalik dengan poin di atas, selama ini orang berpikir bahwa dengan mengurus segala hal sendirian bujet bisa makin ditekan. Nyatanya belum tentu. Karena biasanya kamu bakal mendapatkan harga spesial di banyak aspek apabila menggunakan wedding planner yang tepat.

Untuk itu, cobalah lakukan perhitungan terlebih dahulu untuk membandingkan keduanya sehingga kamu mendapatkan pilihan yang terbaik nantinya. (Baca juga: Panduan Singkat untuk Kamu yang Berencana Membeli Rumah Pertama)

Sukses tidaknya resepsi pernikahan dilihat dari jumlah makanan

Kalau yang satu ini sih mitos yang banyak berkembang di masyarakat. Sukses atau tidaknya resepsi pernikahan dilihat dari jumlah makanannya? Banyak yang berpikiran kalau jumlah makanan masih tersisa setelah semua para tamu undangan hadir, maka pernikahan tersebut sukses. Sementara kalau tidak, pernikahan tersebut dianggap gagal.

Memang sih, jangan sampai makanan yang disediakan habis sementara tamu undangan masih banyak yang bakal hadir. Namun, kesuksesan sebuah resepsi pernikahan tidak hanya dilihat dari hal itu.

Mulai dari dekorasi venue, rasa dari makanan yang disediakan, dokumentasi pernikahan dan berbagai hal lainnya secara bersama-sama menentukan sukses tidaknya sebuah resepsi.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.