Mengenal Facebook Pay, Alat Pembayaran Serbaguna di Tengah Tren Global

2 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri pada

Facebook Inc diketahui meluncurkan layanan transaksi online bernama Facebook Pay.

Layanan ini telah berlaku untuk pengguna Messenger dan bakal tersedia pula di WhatsApp maupun Instagram.

Nah, agar lebih mengenal Facebook Pay, CekAja bakal membagikan ulasan menarik mulai dari cara mengaktifkannya hingga keunggulan dari layanan tersebut di bawah ini.

Mengenal Facebook Pay, Alat Pembayaran Serbaguna di Tengah Tren Global

Mengenal Facebook Pay Lebih Dalam

Facebook Pay merupakan sistem pembayaran baru yang diluncurkan oleh perusahaan jejaring sosial besar milik Mark Zuckerberg.

Dengan menggandeng dua mitra ternamanya, yaitu PayPal dan Stripe, Facebook berharap layanan tersebut bisa mempermudah pengguna saat melakukan transaksi online.

Termasuk pula untuk transfer uang langsung dari aplikasi.

Sementara ini, Facebook Pay baru berlaku di lintas platform milik Facebook Inc, yakni Messenger.

Namun menurut kabar yang beredar, raksasa jejaring sosial media tersebut rencananya bakal menjangkau platform milik mereka yang lain, seperti WhatsApp dan Instagram.

Kehadiran sistem pembayaran milik Facebook itu dilakukan sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk menyatukan satu aplikasi dengan aplikasi lainnya.

Menurut fakta yang beredar pula, adapun perluasan pembayaran lewat jejaring sosial yang dimiliki ini, gunanya untuk menghadapi persoalan privasi yang dikritik kurang lebih 2,5 miliar pengguna Facebook.

Seperti yang diketahui, Facebook sempat tersandung kasus pelanggaran privasi pengguna dan dituntut untuk membayar denda sebesar US$ 5 miliar atau setara Rp69,8 triliun.

Permasalahan ini pertama kalinya diselidiki oleh tim Komisi Perdagangan Federal Amerika Serikat (FTC) setelah tuduhan mengenai Facebook melanggar keputusan persetujuan 2012 silam.

(Baca Juga: 5 Cara Download Video dari Facebook Mudah dan Cepat)

Cara Mengaktifkan Fitur Facebook Pay

Rencana Facebook untuk terjun ke bisnis digital nampaknya bakal terwujud dalam beberapa bulan lagi.

Hal ini terbukti dengan diluncurkannya layanan Facebook Pay, yang kemudian merambah ke aplikasi WhatsApp, dengan kehadiran dompet digital bernama WhatsApp Pay.

Tak perlu terburu-buru untuk mencoba layanan tersebut, karena pihak Facebook sendiri baru akan meluncurkan WhatsApp Pay dalam tiga bulan kedepan.

Namun bukan berarti kamu enggak bisa menggunakan layanan Facebook Pay, karena sementara ini kehadirannya baru tersedia di platform Facebook.

Cara mengaktifkannya cukup mudah, kamu hanya perlu beralih ke menu “Setting” lalu pilih “Facebook Pay”, dan klik fitur “Tambah metode pembayaran”, baik melalui website ataupun aplikasi.

Facebook Pay diketahui bakal membebaskan biaya admin, khusus transaksi mengirim atau menerima uang dari pengguna lain.

Kamu dapat memanfaatkan layanan pembayaran ini untuk melakukan pembelian game, produk, hingga donasi secara online.

(Baca Juga: 10 Aplikasi yang Banyak Memakan Kuota Internet)

3 Keunggulan Facebook Pay

Setelah mengenal Facebook Pay lebih dalam, kamu tentu penasaran bukan apa saja keunggulan yang dimiliki alat pembayaran online ini?

Karena seperti yang dikutip dari Liputan6.com mengenai keterangan lebih lanjut oleh VP Marketplace & Commerce Facebook, Deborah Liu mengatakan, Facebook Pay bakal membuat transaksi pengguna lebih aman dan terproteksi.

Jadi, enggak perlu ada keraguan lagi untuk mengikuti tren global saat ini, yaitu transaksi dengan sistem cashless.

Dan berikut tiga keunggulan yang bakal dinikmati saat menggunakan Facebook Pay:

  • Pengguna dapat memilih dan menambahkan metode pembayaran yang diinginkan, mulai dari menggunakan kartu kredit, debit, hingga PayPal
  • Bisa diatur dengan menggunakan antar aplikasi dan memperbarui pengaturan aplikasi hanya di satu tempat saja
  • Pengguna dapat melakukan pengecekan riwayat pembayaran dan secara otomatis sistem akan memahami cara pembayaran yang termasuk dalam bagian Facebook.

Itulah ulasan menarik tentang Facebook Pay. Selain alat pembayaran online ini, kamu juga bisa menggunakan kartu kredit dari CekAja.com yang menawarkan banyak promo terbaru dengan bunga rendah dan iuran tahun pertama gratis.

Bagaimana, tertarik? Yuk ajukan sekarang juga dan nikmati berbagai manfaatnya!

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri