Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Mengenal Jenis dan Fungsi Akta Kelahiran

by lhmdi on 7 April, 2016

perlengkapan traveling bersama bayi - CekAja.com

Seperti yang sudah kita ketahui, akta kelahiran merupakan lembaran kertas yang menyatakan identitas seseorang warga negara.

Informasi individu ini berisikan identitas anak yang dilahirkan yaitu nama, tanggal lahir, jenis kelamin, nama orang tua serta tanda tangan pejabat yang berwenang untuk memberikan data-data tersebut memang benar ada dan nyata sesuai dengan kebenarannya.

Akta Kelahiran bagi sebuah individu adalah merupakan hal diakui sebagai salah satu warga negara Indonesia. Sementara itu bagi negara, hal ini merupakan sebuah kewajiban dan bentuk tanggung jawab mereka melindungi seseorang. Mirip halnya dengan seorang kepala keluarga yang melindungi anak dengan asuransi kesehatan.

Akta Kelahiran juga merupakan bagian dari proses kelahiran yang dilaporkan pada kantor catatan sipil. Berdasarkan Undang-Undang Perkawinan pasal 42–45 seorang anak yang dilahirkan melalui perkawinan yang sah tercatat  dalam dokumen negara akan mendapatkan hak-hak yang diterimanya dari orang tua.

Mengenal jenis akta kelahiran

Akta kelahiran dibagi menjadi dua jenis karena digolongkan berdasarkan jarak waktu pelaporan dengan kelahiran.

Pertama, Akta Kelahiran Umum yang dibuat berdasarkan laporan kelahiran yang disampaikan dalam batas waktu selambat-lambatnya 60 (enam puluh) hari kerja bagi WNI dan 10 (sepuluh) hari kerja bagi WNA sejak tanggal kelahiran bayi.

Kedua, Akta Dengan Rekomendasi yang merupakan bagian dari Akta Kelahiran  berdasarkan rekomendasi dari kepala Dinas atas laporan kelahiran yang telah melampaui batas waktu 60 (enam puluh) hari kerja.

Selain sebagai bentuk pengakuan dan hak serta tanggung jawab yang harus diberikan oleh orang tua serta Negara akta atau akter kelahiran juga memiliki beberapa fungsi umum yang mempermudah seseorang dalam menjalani kehidupannya.

Selain sebagai sebuah dokumen untuk membuktikan identitas seseorang, Akta Kelahiran juga dapat digunakan sebagai syarat melamar pekerjaan bagi seseorang yang akan masuk menjadi anggota TNI dan Polri.

Bahkan untuk mendapatkan surat izin mengemudi, maka Akta kelahiran pun menjadi salah satu syarat yang tidak terbantahkan. Akan tetapi Akter kelahiran pun mampu berfungsi untuk berbagai kegiatan lainnya.

Salah satunya adalah untuk kegiatan keuangan yang kamu lakukan. Lalu apa saja fungsi Akta kelahiran di dalam layanan keuangan?

  1. Mengajukan kredit

Saat mengajukan diri sebagai nasabah yang akan memiliki kartu kredit, atau mengajukan pinjaman ke bank atau bahkan ketika ingin membeli rumah atau kendaraan bermotor dengan cara mencicil, setiap bank atau perusahaan pembiayaan biasanya akan meminta kamu untuk menyediakan dokumen kelengkapan seperti kartu tanda penduduk atau paspor yang masih berlaku.

Nah! Tahukah kamu untuk membuat kartu tanda penduduk atau paspor tersebut diperlukan akta kelahiran sebagai proses awalnya. Akta kelahiran berfungsi untuk membuat kartu tanda penduduk atau paspor sebagai persyaratan mengajukan kredit.

  1. Mengurus beasiswa

Selain mencari pinjaman untuk mendapatkan dana pendidikan bagi anak-anak, mengurus beasiswa yang ditujukan untuk mendapatkan keringanan biaya pendidikan pun membutuhkan akta kelahiran.

Secara umum beberapa universitas terbaik meminta akta kelahiran sebagai salah satu persyaratan untuk mengajukan beasiswa. Tentu saja beasiswa merupakan salah satu jalan yang dipilih untuk menekan angka keuangan yang semakin besar agar bisa mendapatkan pendidikan yang layak.

  1. Mengurus tunjangan keluarga, pensiun pegawai

Bagi seorang karyawan yang sedang bekerja atau menjelang masa non-aktif atau pensiun, maka akta kelahiran pun biasanya akan menjadi sangat penting.

Sebagai contoh untuk mengurus tunjangan keluarga, tentunya sebuah perusahaan biasanya akan meminta data keluarga seperti jumlah anggota keluarga sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan pada karyawan.

Begitu juga ketika perusahaan akan memberikan pensiun kepada pegawainya, maka akta kelahiran pun berfungsi untuk mendata jumlah anggota keluarga.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami