Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Mengenal TMP Kalibata, “Rumah Terakhir” BJ Habibie!

by Gito on 13 September, 2019

Indonesia kembali dirundung duka. Belum selesai tangis negeri ini karena kehilangan beberapa anak bangsa akibat bentrok di Papua, kini bumi pertiwi harus menghadapi kenyataan hilangnya satu lagi anak bangsa yang sangat membanggakan, Baharudin Jusuf (BJ) Habibie.

Mantan Presiden Indonesia ke-3 itu kini sudah terbaring nyaman di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Dimakamkannya BJ Habibie di TMP Kalibata juga merupakan sejarah yang harus dicatat.

Ya, untuk pertama kalinya mantan orang nomor satu di negeri ini dimakamkan bersama dengan jajaran pejuang dan juga pahlawan negeri.  Dipilihnya TMP Kalibata sebagai tempat peristirahatan terakhir Habibie bukanlah tanpa alasan.

Sembilan tahun silam saat sang istri wafat, Habibie membuat syarat, jika ingin Hasri Ainun Habibie atau yang akrab dipanggil Ainun dikebumikan di TMP Kalibata, maka dia boleh mengisi posisi makam di sebelahnya kelak.

Pemerintah pun akhirnya mengamini permintaannya tersebut dan benar. Bapak Teknologi Indonesia itu dimakamkan persis di samping makam istri tercintanya. Ainun berada di kavling 121 dan Habibie berada di kavling 120 pemakaman Kalibata.

Belum Ada Presiden di TMP Kalibata

Beberapa bapak bangsa yang sudah lebih dulu wafat biasanya memilih untuk dimakamkan di pemakaman keluarga. Seperti Soekarno, bapak proklamator yang juga menyandang status sebagai Presiden pertama di republik ini dimakamkan di Kompleks Makam Bung Karno Blitar, Jawa Timur.

Soekarno dimakamkan berdampingan dengan kedua orang tuanya, Raden Mas Soekemi Sosrodiharjo dan Ida Ayu Nyoman Rei. Sementara Presiden kedua kita, Soeharto dimakamkan di Astana Giri Bangun Karang Anyar, Jawa Tengah.

Presiden ke 2 Indonesia itu dimakamkan bersebelahan dengan istrinya, Siti Hartinah atau yang akrab dipanggil Ibu Tien. Kemudian Abdurrahman Wahid atau yang biasa dipanggil Gus Dur dikebumikan di kompleks pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang Jawa Timur.

Presiden Indonesia ke empat itu dimakamkan didalam komplek pemakaman keluarga. Di area itu juga bersemayam KH. Wahid Hasyim yang merupakan ayah dari Gus Dur dan kakeknya KH. Hasyim Asyari.

Biasanya tempat dimana tokoh penting dimakamkan akan menjadi tempat yang ramai untuk ziarah. Tetapi sebelum ada peristiwa bersejarah itu, wilayah Kalibata juga merupakan wilayah yang ramai dengan lalu Lalang orang.

Nah berikut merupakan beberapa hal yang bisa kamu lakukan di TMP Kalibata. Karena namanya makam pahlawan, maka kamu bisa menemukan banyak makam pejuang-pejuang yang telah lebih dulu wafat demi negeri ini. Simak yuk!

(Baca juga: 5 Pemakaman Paling Mewah di Dunia)
Bisa Mengenang Jasa Para Pahlawan

Bermain dan wisata memang bisa dilakukan dimana saja, termasuk diwilayah pemakaman pahlawan. Ditanah seluas 25 hektar itu kamu bisa jalan-jalan sore sambil menikmati segarnya udara di sana.

Meskipun ada di tengah kota, jangan bayangkan di TMP Kalibata dipenuhi oleh asap kendaraan ataupun polusi dari asap rokok. Didalamnya suasananya sangat rimbun dan juga asri. Banyak sekali pepohonan hijau yang bisa dijadikan sumber oksigen.

Karena statusnya sebagai lokasi terbuka, maka siapapun bisa datang kesini gratis. Kamu bisa ajak teman-teman kamu untuk berkontemplasi sekaligus menambah wawasan kebangsaan.

Memberi makan rusa

Disana terdapat beberapa rusa yang bisa kamu beri makan. Jadi kalau bingung ingin kemana menghabiskan waktu liburan singkat di hari sabtu atau minggu, pergi saja ke TMP Kalibata.

Banyak juga yang menjual wortel untuk bahan pakan rusa. Sebagai catatan, hingga saat ini jumlah para pahlawan yang sudah dimakamkan sudah mencapai lebih dari 9.000 orang. Selain Habibie dan Ainun, disana juga dimakamkan Ani Yudhoyono, istri presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

(Baca juga: Yuk, Kunjungi 5 Daerah Ini untuk Mengenang Sejarah Kemerdekaan Indonesia)
Kulineran

Urusan perut tidak perlu takut, di seberang lokasi TMP Kalibata berjejer tenda-tenda untuk memanjakan lidah. Ada ayam bakar, somay, soto dan banyak lagi makanan tradisional yang bisa kamu singgahi.

Lokasinya persis berada di seberang pintu masuk TMP Kalibata. Jadi bagaimana, tidak perlu bingung, datang dan jajal wisata anti mainstream di Jakarta. Butuh dana tunai, langsung saja akses CekAja.com

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami