Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Mengetahui 4 Tanda Harus Ganti Wiper Mobil, Apa Saja?

by Nadhillah Kusindriani on 9 Maret, 2020

Salah satu bagian penting dari mobil adalah wiper. Meski berfungsi untuk membersihkan air di kaca mobil, namun terkadang tidak bisa membersihkan air dengan sempurna. Hal tersebut karena wiper sudah tidak berfungsi dengan baik. Untuk itu, kamu sebagai pengendara harus mengetahui apa saja tanda harus ganti wiper mobil.

tanda harus ganti wiper

Pada dasarnya, wiper merupakan piranti yang sangat membantu pengendara untuk membersihkan kaca depan mobil saat musim hujan, agar pandangan tidak terganggu dan bisa melihat dengan jelas.

Wiper sendiri hanya bisa dipakai selama enam hingga 12 bulan. Lebih dari itu, wiper sudah tidak berfungsi dengan baik. Sebab, wiper sama seperti komponen mobil lainnya yaitu memiliki usia pakainya sendiri.

Jika sudah seperti itu, wiper akan menunjukkan beberapa masalah sebagai tanda harus ganti wiper mobil. Untuk itu, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulas apa saja tanda harus ganti wiper mobil beserta biayanya yang telah dirangkum khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Bagian-bagian Wiper Mobil

Sebelum membahas tanda-tanda harus ganti wiper, ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu bagian-bagian dari wiper mobil, yang di antaranya yaitu:

Bagian wiper yang satu ini menjadi sumber energi yang sangat penting bagi wiper. Sebab tanpa adanya baterai accu, wiper tidak bisa bergerak membersihkan kaca mobil.

Maka dari itu ketika mobil berada dalam kondisi mati, wiper tidak dapat bergerak sebab tidak ada daya dari baterai accu yang menggerakan wiper.

Bagian wiper selanjutnya adalah Sekring. Sejatinya, bagian wiper yang satu ini berfungsi sebagai pengatur arus yang berasal dari accu. Sehingga arus yang di dapat wiper nantinya akan sesuai dengan kebutuhan dan dapat digunakan dengan baik.

Saklar sangat berguna untuk menghubungkan serta memutus arus yang berasal dari accu. Untuk itu, jika arus terhubung ke accu maka wiper dapat berjalan lancar dan jika arus terputus maka wiper akan berhenti.

Berguna sebagai perubah energi listrik yang berasal dari accu menjadi energi gerak, motor pada wiper tercipta dengan gerakan memutar. Perubahan energi tersebut terjadi di lilitan coil pada motor wiper.

Tuas wiper memiliki fungsi yang hampir sama dengan motor pada wiper, yaitu sama-sama mampu merubah energi. Hanya saja, tuas wiper merubah energi putar yang berasal dari motor pada wiper menjadi energi gerak. Sehingga, wiper bergerak sesuai dengan dengan engselnya.

Berikutnya adalah lengan wiper. Bagian ini sendiri terdiri atas arm piece, arm head, retainer. Di mana, komponen dari lengan wiper tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Ada yang berguna sebagai pengunci pada wiper shaft, sebagai dudukan blade, menahan blade dan retainer.

Bagian dari wiper yang terakhir adalah wiper blade. Bagian ini menjadi salah satu bagian terpenting, sebab wiper blade berguna untuk membersihkan permukaan kaca mobil secara langsung.

Kegunaan Wiper Mobil

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui bagian-bagian dari wiper mobil, kini saatnya kamu mengetahui apa saja kegunaan dari wiper sendiri. Berikut ini, beberapa kegunaan wiper mobil yang di antaranya, yaitu:

Nah, beberapa fungsi mobil di atas sangat berguna bukan? Terlebih, wiper juga memiliki peran penting terhadap keselamatan pengemudi dan penumpangnya. Untuk itu, kamu wajib memperhatikan kondisi wiper mobil mu.

Tanda Harus Ganti Wiper Mobil

Seperti yang diketahui dan sudah disinggung sebelumnya, wiper hanya mampu bertahan selama enam hingga 12 bulan dengan kondisi yang baik. Lebih dari itu, mungkin sudah muncul beberapa tanda bahwa wiper sudah harus diganti.

Maka dari itu, kamu perlu mengetahui beberapa tanda harus ganti wiper mobil, di antaranya yaitu:

1. Muncul Garis-garis Air pada Kaca Mobil

Tanda harus ganti wiper mobil yang pertama adalah muncul garis-garis atau bercak air pada kaca mobil mu. Untuk mengetahuinya, kamu bisa coba aktifkan washer pada mobil lalu gunakan wiper.

Jika wiper mu sudah berada dalam kondisi yang tidak baik, maka akan terlihat bercak atau pun garis-garis air yang tersisa pada kaca mobil mu. Tentu hal tersebut sangat mengganggu penglihatan saat mengemudi. Sebab, kaca mobil akan menjadi buram dan membuat mata mu silau akibat cahaya yang bias.

2. Wiper Berubah Bentuk dan Mengeluarkan Suara yang Berisik

Tanda harus ganti wiper mobil yang selanjutnya adalah wiper akan mengeluarkan suara berisik dan akan berubah bentuk. Maksud dari berubah bentuk adalah karet yang digunakan sudah getis atau pecah-pecah dan cenderung keras.

Hal tersebut nantinya akan mengeluarkan bunyi decitan ketika wiper sedang digunakan. Suara tersebut menjadi pertanda bahwa wiper mu sudah rusak dan perlu diganti.

3. Memperhatikan Lengan Wiper

Tanda harus ganti wiper mobil yang ketiga adalah memperhatikan kondisi lengan wiper. Sebab, jika lengan wiper tidak lurus dengan sempurna, maka karet wiper tidak akan menapak secara keseluruhan.

Hal tersebut membuat air pada kaca tidak tersapu secara maksimal. Jika hal ini sudah terjadi, maka kamu harus mengganti keseluruhan wiper mu.

4. Tetap Melakukan Perawatan Rutin

Tanda harus ganti wiper mobil yang terakhir adalah melakukan perawatan rutin. Tidak hanya mobil, dan beberapa piranti lainnya saja yang perlu melakukan perawatan. Tetapi, wiper pun perlu dirawat agar kaca mobil mu tetap terjaga dengan baik.

Tidak hanya itu, perawatan wiper mobil juga perlu kamu lakukan agar wiper dapat bertahan lebih lama. Kamu cukup membersihkan wiper dengan air bersih dan hindari menggosok menggunakan lap.

Alangkah lebih baik jika setelah membersihkan wiper, kamu tambahkan cairan khusus untuk memberikan efek licin pada wiper. Hal tersebut berguna untuk mempermudah kerja wiper saat membersihkan kaca.

(Baca Juga: Cara Pinjam Uang Lewat UangTeman dan Serba-serbinya)
Ganti Wiper Mobil dengan Pinjam Uang di UangTeman

Jika ingin mengganti wiper mobil, kamu bisa membelinya di toko perlengkapan mobil atau pun di e-commerce. Harga dari wiper pun cukup jangkau, yaitu berkisar Rp50.000,-. Kamu bisa membayarnya dengan uang tunai atau pun kartu kredit.

Kamu juga bisa membeli perlengkapan mobil lainnya yang mungkin dibutuhkan dengan pinjaman uang di UangTeman. Sebagai penyedia pinjaman online jangka pendek pertama di Indonesia, UangTeman menawarkan pinjaman uang tunai tanpa jaminan dan tanpa potongan.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengajukan pinjaman hingga Rp 3 juta dengan jangka waktu angsuran 10 – 30 hari, bagi kamu yang baru mengajukan pinjaman di UangTeman. Terlebih kamu bisa mendapatkannya hanya dalam satu hari proses kerja.

Kamu tidak perlu khawatir untuk mengajukan pinjaman dana di sini, sebab UangTeman sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan tergabung sebagai anggota di Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Untuk itu, tunggu apa lagi? Langsung saja ajukan pinjaman dana tunai dengan mudah dan proses cepat melalui UangTeman. Yuk, ajukan sekarang!

Tentang Penulis