Cara Pinjam Uang Lewat UangTeman dan Serba-serbinya

5 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Uang tidak hanya berfungsi sebagai alat pembayaran yang sah saja. Lebih dari itu, uang secara tidak langsung bisa memberi kebahagiaan. Salah satu cara mendapatkan uang dengan mudah yaitu dengan meminjam uang melalui UangTeman. Terlebih, cara pinjam uang lewat UangTeman sangat mudah.

cara pinjam uang lewat uangteman

Pasalnya, orang akan merasa terbebani jika tidak memiliki uang untuk memenuhi kebutuhannya. Maka dari itu, di bawah ini CekAja.com telah merangkum cara pinjam uang lewat UangTeman dan serba-serbinya khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Cara Pinjam Uang lewat UangTeman

  • Buka aplikasi mobile UangTeman di PlayStore atau AppStore, kemudian klik ajukan pinjaman
  • Mengisi aplikasi pinjaman online dengan lengkap (Sertakan KTP dan swafoto atau selfie)
  • Kamu akan mendapatkan notifikasi pengajuan pinjaman, apakah diterima atau ditolak
  • Melakukan pengecekan status pinjaman dengan memasukkan nomor handphone yang didaftarkan dan nomor KTP di aplikasi UangTeman
  • Customer service akan menghubungi mu dalam waktu 3 x 24 jam untuk melakukan verifikasi dokumen apabila pinjaman mu disetujui
  • Setelah semua dokumen terverifikasi, selanjutnya kamu akan dihubungi untuk proses pencairan pinjaman
  • Melakukan tanda tangan perjanjian secara digital, melalui notifikasi yang kamu terima di email untuk pencairan pinjaman
  • Setelah itu, dana pinjaman yang kamu ajukan akan dicairkan ke rekening yang didaftarkan saat pengajuan
  • Tiga hari sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran, kamu akan mendapatkan notifikasi email tanggal pembayaran pinjaman
  • Sebelum melakukan pembayaran, terlebih dahulu masuk ke Dashboard Nasabah untuk mengetahui nomor Virtual Account. Nomor VA tersebut digunakan untuk melunasi pinjaman melalui transfer bank.

(Baca Juga: Apa Sih Pengertian Pinjaman Peer To Peer? Ini Penjelasannya)

Cara Pembayaran Pinjaman di UangTeman

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui cara pinjam uang di UangTeman, kini saatnya kamu mengetahui bagaimana cara pembayaran pinjaman di UangTeman.

Sebenarnya, ada beberapa metode pembayaran yang bisa kamu gunakan untuk membayar pinjaman, di antaranya kamu bisa melakukan pembayaran melalui ATM BCA, ATM Mandiri atau pun bank lainnya yang sejenis dan masih berada dalam jaringan ATM Bersama atau pun ALTO/PLUS/PRIMA.

Untuk kamu yang ingin mengetahui cara lengkap pembayaran pinjaman di UangTeman, yuk simak ulasannya berikut ini.

  • Masukkan Kartu ATM dan PIN ATM mu
  • Pilih Transaksi Lainnya
  • Pilih Transfer
  • Pilih Transfer ke Bank Lain
  • Masukkan Kode Bank (987) beserta nomor Virtual Account sesuai dengan yang tertera di atas, lalu tekan benar
  • Masukkan jumlah pembayaran sesuai dengan yang ditagihkan. Pastikan nominal jumlah tagihan sesuai, karena jika tidak sesuai transaksi akan gagal
  • Muncul tampilan layar yang berisi konfirmasi transfer (Bank Tujuan, No Rek Tujuan, Nama, Jumlah yang Ditransfer dan No Referensi)
  • Jika sudah sesuai, tekan benar

Setelah itu, transaksi sudah selesai dilakukan. Kamu akan menerima struk pembayaran sebagai bukti transaksi berhasil. Pastikan kamu memfoto bukti transfer tersebut untuk dijadikan sebagai alat bukti.

Sistem Pengembalian Pinjaman

UangTeman sendiri menerapkan sistem pembayaran satu kali untuk pengembalian pinjaman. Tepatnya yaitu di hari tanggal jatuh tempo, di mana peminjam harus melunasi dana pinjaman yang digunakan dan kewajiban biaya layanan lainnya.

Peminjam harus melunasi total tagihan yang sesuai dengan simulasi perhitungan kredit awal, yang diinformasikan kepada nasabah pada saat pengajuan pinjaman. Untuk jumlah total tagihan yang harus dibayarkan sendiri, peminjam bisa melihatnya di halaman Dashboard Nasabah.

Untuk informasi lebih jelasnya, berikut contoh perhitungan jumlah total pengembalian pinjaman jika kamu meminjam uang sebesar Rp2 juta untuk jangka waktu 10 hari, yaitu:

Total biaya layanan sebesar:

Rp2.000.000,- x 0.8% x 10 = Rp160.000,-

Maka dari itu, total tagihan yang harus kamu bayarkan di hari ke-10 sebesar Rp2.160.000,-

Sistem dan penghitungan dana pengembalian pinjaman tersebut hanya untuk pembayaran normal pada saat hari jatuh tempo. Namun, jika kamu ingin mengembalikan pinjaman sebelum tanggal jatuh tempo, maka perhitungannya akan berbeda.

Perhitungan Dana Jika Pengembalian Lebih Cepat

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jika kamu ingin melakukan pengembalian dana atau pembayaran sebelum tanggal jatuh tempo, maka perhitungan serta dana yang harus dibayarkan pun berbeda.

Sebagai peminjam, kamu tidak akan dikenakan denda atau penalty karena keterlambatan. Terlebih, biaya layanan yang harus kamu bayarkan pun semakin sedikit. Untuk gambaran lebih jelasnya, di bawah ini adalah contoh perhitungannya.

Pokok Pinjaman: Rp2.000.000,-

Jangka Waktu Peminjaman: 10 hari

Biaya Layanan: 0.8%

Jika menghitung jumlah pembayaran sesuai dengan jatuh tempo, maka:

Biaya Layanan

10 x 0.8% x Rp2.000.000,- = Rp160.000,-

Untuk itu, total biaya yang harus kamu bayarkan sejumlah:

Rp2.000.000.- + Rp160.000,- = Rp2.160.000,-

Namun, jika kamu ingin mengembalikan dana pinjaman lebih cepat, yaitu tiga hari setelah dana cair, maka sistem perhitungan dan biaya yang harus kamu bayarkan yaitu sebagai berikut:

Biaya Layanan

3 x 0.8% x Rp2.000.000,- = Rp48.000,-

Untuk itu, total biaya yang harus kamu bayarkan sejumlah:

Rp2.000.000,- + Rp48.000,- = Rp2.048.000,-

(Baca Juga: Ini Pengertian Dan Perbedaan Pinjaman Kilat Dengan Pinjaman Lainnya!)

Perhitungan Dana Jika Lewat Tanggal Jatuh Tempo

Perhitungan dana juga akan berbeda apabila kamu melakukan pembayaran melewati tanggal jatuh tempo. Sebab, ada beberapa denda yang harus kamu tanggung dan bayarkan jika melewati batas waktu.

Beberapa denda tersebut di antaranya yaitu:

  • Biaya layanan yang akan berhenti selama masa tenggang (terhitung 3 hari kalender masa tenggang
  • Jika masa keterlambatan mu sudah melewati masa tenggang yang ditentukan, maka ada beberapa biaya yang harus kamu bayarkan, seperti:
    • Membayar biaya keterlambatan sebesar Rp50.000,-
    • Membayar denda keterlambatan per hari sebesar Rp10.000,-. Biaya tersebut akan terus diberikan kepada peminjam sampai dengan hari pelunasan
    • 10% dari total pembayaran pokok + total biaya layanan + biaya keterlambatan + denda keterlambatan harian
  • Beberapa biaya yang telah disebutkan diatas nantinya akan bertambah pada jumlah tagihan mu secara otomatis. Maka dari itu, kamu perlu memeriksa tanggal jatuh tempo agar kewajiban yang harus dibayarkan terus bertambah.

Jenis Biaya yang Harus Dibayarkan

Sejatinya, beberapa biaya yang harus dibayarkan adalah biaya layanan. Di mana, biaya layanan sendiri terbagi menjadi beberapa komponen seperti yang dijelaskan pada tabel berikut ini.

Komponen Biaya Layanan Persentase
Suku bunga dari pemberi pinjaman 15%
Komisi UangTeman 20%
Biaya kredit (di dalamnya sudah termasuk assesmen risiko, mitigasi risiko, risiko hukum dan penagihan) 50%
Biaya operasional UangTeman 15%

Tabel tersebut menunjukkan apa saja komponen biaya layanan dan persentasenya. Hanya saja, komposisi biaya layanan tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada calon peminjam atau pun peminjam.

Maka dari itu, alangkah lebih baik jika sebelum atau pun sesudah mengajukan pinjaman, kamu tetap memeriksa komposisi biaya layanan. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan apakah persentase dari setiap komponen masih sama atau sudah berbeda.

Nah, cara pinjam uang lewat UangTeman sudah kamu ketahui di atas. Tidak hanya cara pengajuannya saja, tetapi juga cara pembayaran, sistem pengembalian dana hingga jenis-jenis biaya layanan. Bagaimana, sangat mudah bukan?

Kamu bisa coba mengajukan pinjaman UangTeman dengan proses yang mudah dan cepat hanya di CekAja.com. Ajukan sekarang, yuk!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani