Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Mengurus Izin Usaha Itu Sangat Mudah, Begini Caranya

by Surtan Siahaan on 16 Maret, 2016

izin usaha - CekAja.com

Buat kamu yang baru akan menjalankan usaha, jangan lupa untuk mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Sebab, SIUP adalah legalitas yang harus dimiliki orang sebelum melaksanakan usaha perdagangan.

Mengurusnya tidak sulit kok. Jadi, tidak perlu sampai menggunakan jasa calo atau menyogok petugas pemerintah segala untuk dibuatkan SIUP. Cukup meluangkan waktu dan ikuti langkah-langkah berikut ini, usaha kamu sudah legal dan siap untuk beroperasi.

Kali ini, CekAja akan memandu kamu, pelaku usaha pemula level mikro, yang ingin membuat SIUP. Biar tidak kelamaan, simak cara mengurus
SIUP kecil perorangan berikut ini:

Siapkan persyaratan

Memiliki SIUP itu menguntungkan, lho. Selain usaha kamu legal di hadapan hukum, ada beberapa keuntungan material lain seperti syarat mengajukan pinjaman usaha di bank, syarat memperoleh bantuan modal dari pemerintah hingga syarat pengajuan bantuan dari CSR BUMN. Kembali ke soal persyaratan, berikut ini dokumen yang harus kamu siapkan:

Surat pernyataan. Surat ini berisi pernyataan bahwa usaha yang kamu dirikan belum pernah memiliki SIUP yang diterbitkan instansi
setempat. Surat ini harus kamu isi dan tandatangani

Selanjutnya, isi dan lengkapi surat permohonan SIUP kecil. Jika kamu berencana membuka usaha di Jakarta, formulir ini dapat diunduh
di situs resmi Pemprov DKI Jakarta. Perusahaan berbentuk PT, koperasi maupun firma harus memiliki akta pendirian.

(Baca juga: Usaha Sampingan Berprospek Cerah Tahun 2016)

Pas foto berwarna milik pemohon dengan ukuran 3X4
mengisi surat pernyataan kedudukan usaha/badan usaha. Formulir dapat diunduh online
Fotocopy KTP pemohon/ penerima kuasa
Fotocopy NPWP pemohon
Materai Rp 6.000 2 lembar

Jika kamu ingin mengurus SIUP di daerah, ada sedikit tambahan syarat yang biasanya diminta oleh instansi setempat. Syarat tersebut
adalah:

Fotocopy akta notaris yang telah didaftarkan di pengadilan negeri
Surat keterangan domisili perusahaan dari kelurahan setempat.

Prosedur pembuatan

Jika kamu berencana menjalankan usaha di DKI Jakarta, semua formulir yang wajib diisi dapat diunduh secara online. Namun, jika kamu berada di daerah, semua formulir tersebut harus diambil dan diisi langsung.

Setelah semua formulir diisi, serahkan formulir tersebut pada loket pendaftaran. Pada tahap ini, petugas akan meneliti permohonan dan memutuskan apakah permohonan dapat diproses atau butuh revisi.

Selanjutnya, kamu hanya tinggal menunggu verifikasi lanjutan yang dilakukan oleh kepala dinas terkait. Jika disetujui, SIUP akan diserahkan pada kamu setelah ditandatangani dan distempel.

Jika dokumen yang kamu ajukan ternyata tidak sesuai atau tidak memenuhi syarat, SIUP tidak diberikan dengan penjelasan oleh petugas.

(Baca juga: Begini Cara Memulai Bisnis Online Skala Kecil)

Durasi waktu

Jika kamu mengurus SIUP di DKI Jakarta, durasi waktu yang dibutuhkan dari penyerahan dokumen hingga penerimaan kembali hanya satu
hari kerja. Tapi, jika kamu berada di daerah, biasanya pemerintah setempat memiliki kebijakan tiga hari kerja.

Biaya

Urusan biaya adalah hal yang paling penting, terlebih bagi pengusaha yang baru merintis usaha seperti kamu. Secara adminsitrasi, instansi dan petugas tidak diperbolehkan untuk memungut biaya bagi petugas yang mengurus SIUP alias gratis.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami