Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Menikah, Umroh, atau Traveling Luar Negeri? Tabungan Rencana Bisa Wujudkan Itu!

by Tisyrin on 29 Desember, 2016

biaya umroh - CekAja.com

Menghadapi tahun yang baru, kepalamu akan penuh dengan segudang mimpi. Tak sedikit dari mimpi-mimpi itu yang membutuhkan biaya cukup besar untuk merealisasikannya, misalnya mimpi traveling ke luar negeri, melaksanakan ibadah umroh, menikah, dan lain sebagainya.

Menabung bisa menjadi salah satu cara untuk meraih mimpi. Sayangnya tak semua orang pandai melakukannya. Tabungan rencana adalah solusi yang tepat bagi kamu untuk mewujudkan mimpi sesuai target.

Tabungan rencana memiliki berbagai keuntungan dibandingkan tabungan biasa, termasuk bunga yang lebih besar. Berikut ini manfaat dari produk tersebut yang perlu kamu pahami.

Bunga lebih tinggi daripada tabungan biasa

Enaknya, bunga tabungan rencana lebih besar dari tabungan biasa. Tabungan biasa hanya memberikan bunga kurang dari 2 %, sementara tabungan rencana bisa memberikan bunga hingga lebih dari 3 %. Artinya, kamu akan mendapatkan keuntungan yang lebih baik. (Baca juga: 4 Cara Kekinian Menyimpan Uang Ala Anak Zaman Sekarang)

Kamu bisa tentukan berapa lama akan menabung

Tabungan rencana berbeda dengan tabungan biasa. Jika pada tabungan biasa kamu tidak perlu mematok secara pasti sampai kapan akan menabung, dalam tabungan rencana kamu harus menentukan berapa lama kamu akan secara rutin mengisi tabungan tersebut.

Sesuai namanya, tabungan rencana membantumu mewujudkan berbagai rencana. Biasanya bank menetapkan jangka waktu menabung 1-20 tahun. Tentukan rencana jangka pendek atau panjang yang ingin kamu gapai. Dengan perhitungan yang matang, ketika saatnya tiba, kamu sudah mengumpulkan jumlah uang yang kamu butuhkan.

Rata-rata bank akan memberlakukan denda jika kamu menarik tabungan sebelum waktunya. Dengan begitu, tabunganmu akan lebih aman. Kamu juga akan puas karena bisa menabung sesuai target dan  menggunakannya di saat yang tepat.

Menyesuaikan besar setoran bulanan dengan tujuan keuangan atau financial goals-mu

Kamu bisa menyesuaikan jumlah uang yang akan kamu tabung setiap bulannya dengan targetmu. Rata-rata bank menetapkan angka minimal yaitu Rp 100.000. Jika kamu menabung dengan tujuan untuk mengumpulkan uang muka rumah misalnya, tentukan estimasi jumlah yang kamu butuhkan dan berapa lama kamu bisa mengumpulkannya. Agar lebih mudah, gunakan kalkulator simulasi tabungan rencana yang ada di website bank untuk mendapatkan gambaran lebih jelas.

Disiplin karena ‘dipaksa’ menabung

Beberapa bank menyediakan fasilitas autodebet dari rekening sumber setiap bulannya sesuai jumlah yang telah ditentukan. Fasilitas semacam ini tentu akan memaksamu menabung. Fasilitas ini akan sangat membantu kamu yang selama ini kesulitan menabung. (Baca juga: Apa itu Bitcoin? Benarkah Bisa Jadi Investasi Menguntungkan?)

Lengkap dengan asuransi

Beberapa bank memberikan fasilitas asuransi gratis untuk nasabah tabungan rencana. Asuransi ini akan menanggung risiko jika nasabah tabungan rencana mengalami hal buruk seperti sakit atau meninggal dunia.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.