10 Merk Sandal Gunung Terbaik yang Awet dan Nyaman Dipakai

8 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Buat kamu pecinta alam, memilih merk sandal gunung terbaik merupakan satu hal yang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, memiliki alas kaki yang nyaman untuk naik gunung adalah keharusan, daripada mengorbankan kaki yang nantinya bau tak sedap, lecet dan lain sebagainya.

Di Indonesia sendiri, telah hadir banyak merk sandal gunung terbaik yang bisa dijadikan pilihan.

Mulai dari merk ternama seperti Adidas, Eiger dan Consina, hingga merk biasa yang berasal dari produk lokal.

Daripada penasaran apa saja merk sandal gunung terbaik tersebut, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan memberikan beberapa rekomendasi, dan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Tipe-tipe Sendal Gunung

Sebelum membahas lebih jauh tentang merk sendal gunung terbaik, ada baiknya jika kamu ketahui terlebih dahulu tipe-tipe sandal gunung, yang di antaranya yaitu:

  • Tipe belt, merupakan tipe sandal gunung yang tidak mudah lepas, meskipun digunakan di dalam air. Sandal gunung satu ini stabil di kaki, sulit mengapung dan tidak mudah lepas karena memiliki dua atau tiga tali pengunci.
  • Tipe shoe, merupakan tipe sandal gunung yang mampu memperkecil cedera di daerah kaki dan bagian jari-jarinya, ketika melintasi daerah penuh rintangan seperti bebatuan.
  • Tipe clog, merupakan tipe sandal gunung yang mudah dipakai dan dilepas, karena tidak menggunakan tambahan tali pengikat. Selain itu, sandal ini juga didesain hampir menutup bagian jari-jari hingga tempurung kaki.

(Baca Juga: Alat-alat Naik Gunung yang Wajib Dibawa)

Cara Memilih Merk Sendal Gunung Terbaik

Selain mengetahui tipe-tipe sandal gunung, kamu juga perlu mengetahui cara memilih merk sandal gunung terbaik.

Hal itu sangat berguna, agar nantinya kamu tidak salah memilih merk sandal gunung terbaik yang akan digunakan.

Oleh karena itu, di bawah ini CekAja.com telah merangkum beberapa cara memilih merk sandal gunung terbaik, yang di antaranya yaitu:

  • Pilih sandal gunung yang memiliki ukuran sesuai dengan ukuran kakimu
  • Pilih sandal gunung yang memiliki bentuk sesuai dengan kebutuhan
  • Pilih sandal gunung dengan bahan yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan
  • Pilih sandal gunung yang memiliki sol kesat
  • Pilih sandal gunung yang memiliki grip tebal
  • Pilih sandal gunung yang memiliki jahitan rapi dan kuat, sehingga tidak mudah putus
  • Pilih sandal gunung yang memiliki harga sesuai dengan kemampuan finansial.

Tips Merawat Sandal Gunung

Jika kamu sudah mengetahui sandal gunung mana yang akan dibeli, atau bahkan sudah memilikinya, maka selanjutnya kamu perlu tahu bagaimana cara merawat sandal gunung yang benar.

Karena ternyata, merawat sandal gunung tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan, seperti berikut ini.

  • Selalu membersihkan sandal gunung sesaat setelah digunakan
  • Gunakan bahan halus dan bulu yang lembut untuk membersihkan bagian alas sandal
  • Cuci sandal gunung hingga bersih menggunakan air mengalir
  • Sandal gunung sebaiknya dijemur di area yang tidak terpapar sinar matahari langsung
  • Untuk menjaga bentuk sandal, taruh kertas di dalam sandal.

Merk Sendal Gunung Terbaik

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, kalau kali ini CekAja.com akan memberikan beberapa rekomendasi merk sandal gunung terbaik.

Yang mana, sebagian besar dari merk ini adalah merk terkenal, yang bisa kamu temukan di banyak toko sepatu, toko peralatan naik gunung, maupun ecommerce.

Namun selain itu, ada beberapa merk sandal gunung lainnya, produksi lokal yang mungkin belum banyak diketahui masyarakat, yang di antaranya akan diulas secara lengkap sebagai berikut.

1. Adidas Cyprex Ultra II

Kisaran harga: Rp970 ribu

Merk sandal gunung terbaik yang pertama, yaitu Adidas Cyprex Ultra II. Ini merupakan produk sendal gunung keluaran Adidas yang didesain khusus untuk medan curam dan berair.

Oleh sebab itu, bahan yang digunakan sendal ini pun berkualitas, yaitu EVA yang cepat kering apabila terkena air.

Tidak hanya itu, jika menggunakan Adidas Cyprex, kamu juga tidak perlu khawatir akan terpeleset di daerah yang berair atau licin, karena sol liar Traxion-nya didesain agar bisa menjejak dengan baik.

Buat kamu yang tertarik dengan merk sandal gunung terbaik yang satu ini, kamu bisa langsung membelinya di store Adidas ataupun secara online di e-commerce dengan harga sekitar Rp970 ribu.

2. Teva Women Sanborn Universal

Kisaran harga: Rp550 ribu

Berikutnya ada Teva Women Sanborn Universal, yang menjadi salah satu merk sandal gunung terbaik versi CekAja.com.

Ini merupakan sandal yang dirancang khusus untuk kamu yang ingin memiliki sendal gunung ringan, nyaman dan empuk digunakan.

Rasa nyaman dan empuk yang diberikan sendal ini, tentunya ditunjang oleh penggunaan bahan EVA yang digunakan sebagai material untuk bagian midsole.

Sementara, bagian insole-nya menggunakan tambahan bagian mesh, yang dipakai untuk alas telapak kaki yang dapat menyerap keringat dari kaki para penggunanya.

Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir kaki akan menghasilkan bau tak sedap, karena bahan yang digunakan sendal gunung ini breathable.

3. Consina Adventure Trekker

Kisaran harga: Rp225 ribu

Selain dua merk di atas, Consina Adventure Trekker juga menjadi merk sandal gunung terbaik yang patut dijadikan pilihan.

Bagaimana tidak, pasalnya sendal gunung ini memberikan kenyamanan kepada para penggunanya melalui desain tali pengunci sendal, yang dilengkapi dengan padding.

Kenyamanan sendal ini pun didukung oleh bantalan yang digunakan pada alas sandal, yang dapat mengurangi rasa lelah dan gesekan terhadap kulit.

4. Jack Wolfskin Seven Seas

Kisaran harga: Rp800 ribu

Di urutan keempat ada Jack Wolfskin Seven Seas, yang menjadi bagian dari merk sandal gunung terbaik rekomendasi CekAja.com.

Jika dilihat dari harga, sandal gunung yang satu ini jelas memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan tiga sandal sebelumnya.

Namun, sendal ini menggunakan bahan EVA dan memberikan sol dalam yang empuk, sebagai alas pijakannya.

Maka dari itu, tidak heran apabila sandal ini mampu menyerap getaran ketika dipakai berjalan.

Apalagi, sandal ini juga dilengkapi dengan bantalan-bantalan empuk di bagian tumit dan mata kaki, tiga tali pengunci, serta sol luar yang fleksibel dan dapat mencengkeram kaki dengan baik.

5. Eiger Caldera Women

Kisaran harga: Rp344 ribu

Meski menjadi salah satu merk sandal gunung terbaik, namun Eiger Caldera Women tidak hanya cocok digunakan untuk naik gunung saja, melainkan juga cocok digunakan untuk penggunaan sehari-hari, seperti misalnya jalan-jalan ke mall.

Belum lagi tampilan yang dimiliki sandal gunung khusus wanita ini sangat minimalis, sehingga cocok dipadukan dengan berbagai jenis pakaian santai.

Buat kamu yang tertarik dan ingin memiliki sandal gunung satu ini, kamu bisa membelinya langsung di store Eiger atau secara online melalui e-commerce, dengan harga sekitar Rp344 ribu.

6. Blackkelly LRS 593

Kisaran harga: Rp200 ribu

Blackkelly LRS 593 merupakan merk sandal gunung terbaik yang juga patut dipertimbangkan. Hal tersebut dikarenakan, sandal gunung produk lokal ini memiliki kualitas yang sangat baik.

Sebab, ia memiliki rubber outsole yang sangat nyaman digunakan untuk melalui segala jenis medan, baik medan yang biasa saja, bebatuan maupun medan yang curam sekalipun.

Blackkelly LRS 593 juga memiliki detail near stitching, insole sintetis dan velcro strap. Tidak hanya itu, material webbing yang digunakan sendal ini pun sangat sesuai dengan kenyamanan dan desainnya yang trendi.

7. Quechua Arpenaz 50

Kisaran harga: Rp300 ribu

Buat kamu yang belum tahu, Quechua Arpenaz 50 merupakan merk sandal gunung terbaik yang bisa kamu andalkan.

Pasalnya, merk sandal gunung satu ini menghadirkan produk yang mengkombinasikan antara kokoh dan ringan, dengan bobot total sekitar 225 gram.

Di samping itu, bahan yang digunakan untuk sol yang sendal ini pun adalah bahan karet TPR, yang anti selip dan mampu menjejak dengan sangat baik.

Terlebih untuk bagian dalamnya, sandal ini menggunakan EVA Foam Cushion yang empuk dan tidak menekan telapak.

Dengan begitu, dapat dilihat bahwa sandal ini sangat mengutamakan kenyamanan kaki. Apalagi sendal ini juga memiliki desain modern, yang cocok digunakan kemana saja.

8. Catenzo Trendy RN 976

Kisaran harga: Rp153 ribu

Di urutan kedelapan ada Catenzo Trendy RN 976, yang juga menjadi rekomendasi merk sandal gunung terbaik dengan harga terjangkau.

Jika kamu mencari sandal gunung modern dan trendi, maka ini adalah pilihan yang tepat. Sebab, sendal ini memiliki tali yang stylish dan berbentuk seperti gesper, dengan aksen kulit di beberapa bagian.

Walaupun sengaja didesain dengan tampilan trendi, namun bukan berarti sandal ini tidak bisa digunakan di alam.

Kamu juga bisa menggunakan sandal ini untuk trekking ringan, atau sekedar camping di daerah yang medannya tidak terlalu curam.

9. Rei Pesagi

Kisaran harga: Rp149 ribu

Kamu mencari sandal gunung berkualitas baik dengan harga yang ramah dikantong? Eits, jangan khawatir! Rei Pesagi adalah jawabannya.

Sandal yang memiliki warna dominan hitam dengan aksen menyesuaikan warna modelnya ini, sangat cocok digunakan untuk kegiatan outdoor ringan maupun kegiatan sehari-hari.

Hal tersebut karena, sandal gunung ini sudah terbukti kenyamanannya, karena terbuat dari bahan EVA yang dilapisi rubber untuk outsole-nya.

Oleh sebab itu, menggunakan sandal ini dapat membuat kaki terasa sangat nyaman dan stabil, karena sendal gunung Rei Pesagi sudah dilengkapi dengan fitur grip system.

10. Java Seven Shoes Lunardi 3 Red Men’s Outdoor Sandal & Flip Flops

Kisaran harga: Rp136 ribu

Merk sandal gunung terbaik yang terakhir, yaitu Java Seven Shoes Lunardi 3 Red Men’s Outdoor Sandal & Flip Flops.

Ini merupakan merk sandal paling murah yang bisa kamu jadikan pilihan, karena hanya dibanderol dengan harga sekitar Rp136 ribu.

Meski dibanderol dengan harga yang sangat murah, namun sandal gunung produksi lokal ini memiliki kualitas yang sangat baik.

Belum lagi, sendal ini juga menawarkan berbagai fitur menarik, seperti bahan yang terbuat dari polyester webbing, open toe, slingback dan rubber sole.

(Baca Juga: Tips Naik Gunung untuk Pemula)

Nah, itulah beberapa merk sandal gunung terbaik rekomendasi CekAja.com, yang sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya.

Semua merk sandal gunung tersebut, bisa kamu temukan dan beli di toko sendal biasa, perlengkapan naik gunung, ataupun di e-commerce yang menjual berbagai macam sandal gunung terbaik.

Agar kegiatan belanja lebih praktis dan hemat, kamu bisa membeli sandal gunung tersebut menggunakan kartu kredit.

Sebab, kartu kredit seringkali memberikan promo belanja menarik, yang dapat dinikmati para penggunanya, baik dalam bentuk diskon, cashback maupun rewards point.

Maka dari itu, buat kamu yang juga ingin menikmati promo tersebut, namun belum memiliki kartu kredit, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit khusus belanja, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga dan dapatkan segudang promo menariknya!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani