Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik

by Tisyrin N. T on 20 Juli, 2018

Pendidikan adalah modal yang sangat penting untuk meraih masa depan yang lebih baik. Bahkan, tak sedikit dari Anda yang berlomba-lomba untuk bisa menyekolahkan anak di luar negeri bukan? Nah, mana sajakah negara dengan sistem pendidikan terbaik?

pendidikan tinggi - CekAja.com

Dalam memilih negara tujuan untuk menempuh pendidikan, tentu tak bisa sembarangan. Salah satu yang terpenting adalah dengan mengamati sistem pendidikan di negara tersebut. Beberapa laporan memperlihatkan peringkat negara dengan sistem pendidikan terbaik, salah satunya adalah Global Competitiveness Report dari World Economic Forum.

Laporan tersebut menggambarkan situasi ekonomi dunia. Laporan diolah berdasarkan data di berbagai bidang termasuk pendidikan. Dari segi sistem pendidikan, setiap negara memiliki skor, poin tertinggi adalah skor 7. Inilah 5 negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik.

(Baca juga: 5 Tempat Wisata Antimainstream di Palembang dan Sekitarnya)

Finlandia

Ciri khas dunia pendidikan di Finlandia adalah memiliki sistem yang tidak membedakan siswa berdasarkan sistem kecerdasan. Artinya, semua murid diajarkan di kelas yang sama.

Hasilnya, skor kesenjangan antara yang kemampuan siswa yang paling lemah dan yang paling kuat di kelas adalah yang terkecil di dunia. Pelajar di Filandia juga hanya dibebani PR yang sedikit.

Dengan begitu, Finlandia memiliki skor 6,7. Negara yang satu ini memang seringkali menduduki peringkat atas dalam sistem pendidikan global.

(Baca juga: Fakta-fakta tentang Leukimia yang Serang Anak Denada)

Swiss

Swiss mencatat skor 6,2 dalam hal sistem pendidikan terbaik. Berbeda dengan Finlandia, ketika mulai masuk jenjang yang setara dengan Sekolah Menengah Atas (SMA), siswa di Swiss dipisahkan berdasarkan kemampuan. Hal lain yang menjadi ciri khas di Swiss adalah hanya  sekitar 5 persen anak-anak di Swiss yang bersekolah di sekolah swasta.

Selain itu, para pelajar di Swiss  menerima pelajaran dalam bahasa yang berbeda, tergantung dari wilayah di mana mereka berada. Bahasa utama yang digunakan yaitu Jerman, Perancis dan Italia.

(Baca juga: Ini 5 Bisnis Makanan Selebritis Indonesia, Cek di Sini!)

Belgia

Perolehan skor Beligia sama dengan Swiss yaitu 6,2. Pendidikan adalah sesuatu yang merupakan prioritas yang sangat tinggi di Belgia, sehingga mendapatkan alokasi anggaran tahunan terbesar dari pemerintah.

Negara ini punya empat tipe berbeda dari sekolah menengah, yaitu sekolah menengah umum, sekolah menengah teknik, sekolah menengah kejuruan, dan lembaga pendidikan menengah seni. Sistem sekolah umum dan swasta dapat dinikmati oleh anak-anak usia 4 dan 18 tahun, dengan biaya yang rendah, bahkan bisa gratis. Belgia menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik yang diakui dunia saat ini.

Singapura

Singapura mencatat skor 6,1. Negara ini berada di urutan paling atas sistem pendidikan terbaik untuk benua Asia. Namun, orang-orang Singapura terbilang mendapatkan tekanan yang berlebih di usia muda.

Wajar apabila Singapura berada di urutan teratas, nilai Singapura terbilang sangat tinggi pada tes PISA (Program untuk Pelajar Internasional). Tes tersebut bertujuan mengukur serta membandingkan kinerja siswa di berbagai negara.

(Baca juga: Kiat Aman dan Hemat Liburan ke Luar Negeri dengan Kartu Kredit)

Belanda

Belanda memiliki skor 5,9. Sekolah di Belanda dibagi menjadi sekolah agama, sekolah negeri, dan sedikit sekolah swasta.

Wajar saja Belanda masuk peringkat teratas, karena sekolah biasanya tidak memberikan banyak pekerjaan rumah. Hanya ada sedikit laporan tentang siswa yang mendapatkan tekanan dan stres.

Selain itu, berdasarkan studi Unicef ​​2013, anak-anak Belanda dilaporkan sebagai anak yang paling bahagia di dunia. Hasil riset tersebut memperlihatkan bahwa Belanda secara global memimpin dalam kesejahteraan dan sistem pendidikan terbaik.

(Baca juga: 5 Jurus Atur Keuangan Keluarga)

Itulah gambaran mengenai sistem pendidikan terbaik di berbagai negara. Idealnya, Anda mempersiapkan sejak dini biaya pendidikan anak-anak Anda. Salah satu cara yang tepat untuk mempersiapkan biaya pendidikan adalah dengan berinvestasi.

Lakukan survei biaya pendidikan untuk mendapatkan gambaran tentang berapa besar biaya pendidikan saat ini. Selanjutnya, pertimbangkan inflasi karena biaya pendidikan saat ini tidak akan sama dengan biaya pendidikan dalam beberapa tahun mendatang.

Penelitian dari ZAP Finance memperlihatkan rata-rata kenaikan biaya pendidikan di Indonesia adalah 10 persen–20 persen per tahun. Ketika telah mengetahui rata-rata inflasi, Anda dapat menghitung estimasi jumlah biaya pendidikan anak di masa depan.

(Baca juga: Pertama Kali Tingkat Kemiskinan RI di Level Terendah Sejak 1999)

Selanjutnya, Anda dapat memanfaatkan berbagai instrumen untuk menyiapkan dana pendidikan. Menabung akan terasa berat karena adanya inflasi. Jadi, cobalah berkenalan dengan instrumen lainnya seperti tabungan rencana dan investasi.

Tabungan rencana menawarkan bunga yang lebih besar dari tabungan biasa. Sedangkan instrumen investasi akan membantu Anda mengejar inflasi. Beberapa jenis instrumen investasi bisa memberikan imbal hasil di atas rata-rata inflasi.

Setelah itu, segeralah menyiapkan dana pendidikan sedini mungkin. Dengan begitu, artinya Anda telah berupaya mempersiapkan masa depan anak-anak Anda dengan baik.

(Baca juga: Kiat Belanja Hemat di IKEA, Cek di Sini!)

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami