Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Obat Tanpa Resep Dokter Penyakit Asam Lambung yang Ada di Apotek

by Estrin Vanadianti Lestari on 21 April, 2020

Satu dari sekian banyak penyakit, naiknya asam lambung mungkin menjadi penyakit yang cukup sering melanda. Di Indonesia sendiri, penyakit tersebut biasa disebut sakit maag, sehingga banyak dari mereka yang selalu menyediakan obat tanpa resep dokter penyakit asam lambung.

obat asam lambung tanpa resep dokter

Ciri-ciri Penyakit Asam Lambung

Berbeda sakit perut karena lapar atau diare, penyakit asam lambung biasanya menyebabkan nyeri pada ulu hati. Ciri-ciri lainnya yang dari penyakit asam lambung ini adalah:

  • Perut kembung dan terasa penuh
  • Mudah kenyang
  • Mual saat makan
  • Sering sendawa
  • Intoleran terhadap makanan berlemak
  • Nafsu makan menurun, karena perut terasa sakit dan perih
  • Naiknya asam lambung
  • Penurunan berat badan
  • Terasa panas di bagian dada
Penyebab Penyakit Asam Lambung

Biasanya penyakit ini muncul akibat:

  • Stres di kehidupan sehari-hari
  • Telat makan
  • Sering makan pedas
  • Merokok
  • Sering mengonsumsi makanan atau minuman yang tingkat keasamannya tinggi
  • Mengonsumsi minuman bersoda
  • Sering minum kopi atau minuman berkafein

Akan tetapi, meski maag merupakan penyakit yang dapat kambuh sewaktu-waktu, namun bukan berarti maag tidak dapat diobati. Tidak hanya dari dokter, Anda juga bisa menemukan obat asam lambung di apotik.

Tidak hanya satu, ternyata obat maag atau obat penyakit asam lambung memiliki beberapa jenis. Bahkan, setiap jenis obat maag memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda.

(Baca Juga: Obat Diare yang Aman Untuk Anak Tanpa Resep Dokter)
Jenis-jenis Obat Penyakit Asam Lambung

Obat penyakit asam lambung terdiri dari beberapa jenis, dengan cara kerja yang berbeda dari masing-masing jenis. Jenis-jenis obat penyakit asam lambung tersebut di antaranya adalah:

  • Antasida

Berfungsi untuk meredakan gejala penyakit asam lambung atau maag dengan menetralkan asam lambung.

  • Penghambat reseptor H2

Jenis obat penyakit asam lambung selanjutnya ini adalah obat yang bisa menghambat produksi histamin, yaitu senyawa yang berperan penting meningkatkan produksi asam lambung. Pasalnya, ketika histamin dihambat, maka terjadi penurunan produksi asam lambung dan kemudian meringankan gejala maag.

  • Penghambat pompa proton

Jenis obat asam lambung yang satu ini, rata-rata membutuhkan resep dokter. Obat ini bekerja dengan menghambat sel parietal lambung (penghasil asam) sehingga dapat meringankan gejala maag.

  • Antibiotik

Selanjutnya ada Antibiotik, di mana jenis obat ini digolongkan sebagai obat maag, karena dapat membasmi salah satu bakteri penyebab maag, yakni bakteri H. pylori. Antibiotik umumnya dikombinasikan dengan obat maag jenis lainnya agar efeknya lebih efektif.

Nah itu dia beberapa jenis obat penyakit asam lambung yang perlu diketahui. Untuk obat tanpa resep dokter penyakit asam lambung, jenis Antasida mungkin jadi obat yang mudah ditemukan di apotik-apotik. Berikut beberapa rekomendasi merek, yang bisa kamu gunakan.

Obat Tanpa Resep Dokter Penyakit Asam Lambung
  1. Promag

Obat tanpa resep dokter penyakit asam lambung yang pertama dan yang paling terkenal adalah Promag. Sering diiklankan di televisi, membuat obat ini dikenal masyarakat luas, sebagai pereda asam lambung yang ekonomis.

Selain itu, Promag juga mudah diperoleh di apotik, toko obat atau warung. Promag juga memiliki rasa yang enak, agak pedas, dan tidak pahit, sehingga lebih mudah dikunyah.

Untuk kandungannya, Promag terdiri dari kombinasi hydrotalcite, magnesium hidroksida, dan simetikon, yang bekerja efektif dalam menetralkan asam lambung. Promag dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan maupun, ketika gejala maag mulai muncul.

Harga: Sekitar Rp 7.000 – 8.000 per strip.

2. Mylanta

Obat tanpa resep dokter penyakit asam lambung yang tidak kalah terkenal adalah Mylanta. Selain Promag, Mylanta juga termasuk obat asam lambung yang banyak diincar, terutama di apotik.

Berbeda dengan Promag yang hanya tersedia dalam bentuk tablet, Mylanta tersedia dalam bentuk sirup dan tablet, sehingga bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Untuk kandungannya, Mylanta terdiri dari kombinasi bahan aktif magnesium hidroksida, aluminium hidroksida, dan simetikon. Keseluruhan kandungan tersebut dapat membantu menetralkan asam lambung, yang sedang meningkat, sehingga dapat meredakan gejala penyakit asam lambung.

Dosis:

– Dewasa: 3-4 hari sekali 1 sendok takar atau 1 tablet. Bisa diminum 1-2 jam sebelum atau sesudah makan.

Harga: Sekitar Rp. 40.000 per botol 150 ml.

3. Waisan

Waisan menjadi merek obat tanpa resep dokter penyakit asam lambung berikutnya. Waisan mengandung kombinasi beberapa zat, yang terdiri dari magnesium hidroksida, aluminium hidroksida, dan simetikon.

Kombinasi ketiga bahan tersebut bekerja langsung menetralisir asam lambung, sehingga ampuh meringankan gejala penyakit asam lambung, yang seringkali datang mendadak.

Selain itu, Waisan memiliki keunggulan dibandingkan dengan obat asam lambung lainnya, yakni tersedia dalam bentuk sachet yang praktis dan mudah dibawa ke mana-mana.

Waisan dapat dengan mudah ditemui di apotik, toko obat, minimarket, warung hingga pasar swalayan.

Dosis

– Dewasa: 3-4 x 1 sachet per hari.

– Anak-anak, gunakan setengah dosisnya.

Harga: Sekitar Rp 7.000-8000 per pack yang berisi 12 sachet.

4. Gastran

Selanjutnya ada Gastran, yakni obat tanpa resep dokter penyakit asam lambung, yang bisa ditemukan di apotik dengan mudah. Berbentuk sediaan tablet, Gastran memiliki kandungannya sama dengan obat maag lainnya, yaitu kombinasi aluminium hidroksida, magnesium karbonat dan simetikon.

Cara kerjanya pun serupa, yaitu dengan menetralisir asam lambung yang membuat gejala penyakit asam lambung kambuh.

Selain itu, dalam mengonsumsi obat ini harus digunakan secara hati-hati, terutama pada penderita disfungsi ginjal atau yang menjalani diet rendah fosfat.

Dosis

– Dewasa: 3 x sehari 1-2 tablet.

Harga: Sekitar Rp3.000 per strip

5. Antasida Doen

Berikutnya ada Antasida Doen yang merupakan obat tanpa resep dokter penyakit asam lambung, berbentuk tablet kunyah. Dengan kandungan bahan aktif aluminium hidroksida dan magnesium hidroksida, Antasida Doen ternyata tanpa kandungan simetikon.

Di mana kedua senyawa utama tersebut berfungsi untuk menetralkan asam lambung dan me-nonaktifkan pepsin. Sehingga, rasa nyeri dan nyut-nyutan akibat maag dapat diminimalisir dengan baik.

Dosis

– Dewasa: 3-4 x sehari 1-2 tablet

– Anak-anak setengah dosisnya.

Obat ini sebaiknya dikunyah dulu sebelum diminum.

Harga: Sekitar Rp 2.000-3.000 per strip.

6. Polysilane

Hampir sama dengan Mylanta, Polysilane juga merupakan obat tanpa resep dokter untuk penyakit asam lambung, yang memiliki dua sediaan, yakni tablet dan syrup.

Polysilane juga sangat terkenal di masyarakat, sama seperti Mylanta dan Promag. Kandungan bahan aktifnya terdiri dari kombinasi magnesium hidroksida, aluminium hidroksida, dan dimetikon.

Dosis

– Dewasa: 3-4 x sehari 1-2 sendok takar

– Anak umur 6-12 tahun diberikan setengah dosis.

Obat ini dapat diminum 1-2 jam sebelum makan dan sebelum tidur.

Harga: Sekitar Rp 25.000 – 30.000 untuk ukuran sirup 100 ml.

(Baca Juga: Obat Alami untuk Penyakit Tipes)

Itu dia beberapa rekomendasi merek obat tanpa resep dokter untuk penyakit asam lambung, yang bisa dengan mudah di beli di apotik. Untuk jenis obat asam lambung lainnya, mungkin beberapa perlu menggunakan resep dokter, sehingga kamu harus berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mengonsumsi, seperti berikut ini:

Merek Obat Asam Lambung Jenis Penghambat Reseptor H2

– Neosanmag Fast

– Ranivel

– Ranitidin

– Gastridin

Merek Obat Asam Lambung Jenis Penghambat Pompa Proton

– Omeprazole

– Protop

Itu dia sedikit informasi terkait jenis-jenis obat asam lambung, serta rekomendasi obatnya. Penyakit memang tidak pernah tahu kapan datangnya, sehingga kamu wajib menyiapkan obat untuk meredakannya. Tidak hanya obat, kamu juga harus menyiapkan asuransi kesehatan, agar kamu selalu terlindungi dari berbagai risiko penyakit kronis.

Kamu bisa melihat informasi sekaligus mengajukan asuransi kesehatan pilihanmu, hanya di situs CekAja.com. Yuk, ajukan sekarang juga!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk