Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

18 Oleh-oleh Favorit dan Murah Khas Kota Tegal Terlengkap

by Vera Khairifah on 15 Januari, 2020

Kota-kota di Indonesia selalu memiliki ciri khas kuliner dan produk barang. Kalau kamu berkunjung ke kota Tegal, ada sederet oleh-oleh favorit dan murah khas Kota Tegal yang wajib kamu belikan untuk orang terdekat. Simak infonya dan pilih sendiri mana yang kamu suka, ya!

18 Oleh-oleh Favorit dan Murah Khas Kota Tegal Terlengkap

1. Kacang Bogares

Kacang-Bogares - 18 Oleh-oleh Favorit dan Murah Khas Kota Tegal Terlengkap

Oleh-oleh favorit dan murah khas Kota Tegal yang pertama adalah kacang bogares. Ini adalah kacang tanah yang digoreng, memiliki rasa gurih dan wangi yang khas.

Cara menggoreng kacang ini cukup menarik, di mana kacang diletakkan di wajan super besar yang panas.

Kemudian, digoreng dengan campuran pasir yang berfungsi untuk meratakan suhu panas pada kacang agar matang secara sempurna. Sebelum dibungkus, kacang diayak untuk memisahkan dari pasir tersebut.

Sebungkus kacang bogares dijual di sepanjang jalan raya Tegal seharga Rp 10 ribu-an saja.

2. Manisan Cerme
Manisan Cerme - 18 Oleh-oleh Favorit dan Murah Khas Kota Tegal Terlengkap
Source: wisatahore.com

Buat kamu yang belum tahu, cerme adalah buah yang mirip dengan belimbing namun berukuran kecil. Rasanya yang asam akan berubah menjadi kemanisan setelah diolah menjadi manisan.

Campuran air gula yang direndam pada cerme membuat rasa manis dan asam bercampur rata. Harganya murah, yakni sekitar Rp 6 ribu per bungkus. Selain enak, oleh-oleh favorit dan murah khas Kota Tegal ini awet disimpan.

3. Pilus Kletuk
Pilus Kletuk - 18 Oleh-oleh Favorit dan Murah Khas Kota Tegal Terlengkap
Source: snackjajanankhastegal.wordpress.com

Mau beli oleh-oleh favorit dan murah khas Kota Tegal sekaligus cemilan harian? Pilih pilus kletuk saja! rasanya gurih, asin, serta lengkap dengan aroma daun bawang yang khas dijamin memanjakan lidahmu.

Pilus kletuk mudah dijumpai di took oleh-oleh, dengan harga Rp 30 ribu per kilo atau sebesar satu plastik bungkusan ukuran jumbo.

4. Tahu Aci
Tahu Aci - 18 Oleh-oleh Favorit dan Murah Khas Kota Tegal Terlengkap
Source: saturesep.com

Tahu dan makanan olahan tahu memang menjadi ciri khas kuliner Kota Tegal. Enggak heran jika kamu akan banyak menjumpai makanan berbahan dasar tahu. Salah satunya tahu aci yang merupakan gorengan tahu dengan taburan aci atau tepung tapioka di atasnya.

Teksturnya kenyal, renyah dengan rasa gurih sangat enak dinikmati selagi hangat. Sajian tahu aci biasa dimakan dengan potongan cabai rawit. Kamu cukup mengeluarkan kocek Rp1.000 per piece-nya.

5. Tahu Pletok
Tahu Pletok - 18 Oleh-oleh Favorit dan Murah Khas Kota Tegal Terlengkap
Source: masakapahariini.com

Penjual tahu aci juga biasanya akan menjual tahu pletok. Keduanya masih dibuat dengan bahan baku yang sama yakni tahu dan tepung tepung tapioka.

Namun bedanya, potongan tahu pletok lebih melebar. Cara makannya pun dengan kecap pedas yang memiliki rasa manis dan pedasnya cabai rawit. Gorengan untuk oleh-oleh akan dibungkus dengan wadah anyaman khas Jawa.

(Baca Juga: Inilah Pilihan Oleh-Oleh Favorit dan Murah Khas Pekalongan)
6. Latopia
Latopia - 18 Oleh-oleh Favorit dan Murah Khas Kota Tegal Terlengkap
Source: travelingyuk.com

Jenis kue yang mirip dengan bakpia ini juga menjadi salah satu oleh-oleh favorit dan murah khas Kota Tegal. Bentuknya kotak dan ukurannya lebih besar dari bakpia khas Yogyakarta. Makanya, kamu akan lebih kenyang saat memakannya.

Isian latopia beragam, seperti cokelat, susu, keju, durian, ketan hitam, dan kacang hijau. Makanan ini juga awet disimpan hingga sekitar 3 hari di suhu ruangan.

7. Kerupuk Antor
Kerupuk Antor - 18 Oleh-oleh Favorit dan Murah Khas Kota Tegal Terlengkap
Source: warungcilik11.wordpress.com

Selanjutnya, ada kerupuk antor yang terbuat dari bahan dasar singkong. Adonan singkong yang sudah halus dan diuleni dipotong tipis-tipis dan dijemur hingga menjadi kerupuk siap goreng.

Cara menggorengnya juga mirip dengan kacang bogares yang menggunakan wajan besar dan pasir. Sehingga oleh-oleh favorit dan murah khas Kota Tegal ini bebas lemak.

Kerupuk antor tersaji dengan rasa original yang gurih atau ditambah dengan bubuk cabai yang pedas. Harga per bungkusnya murah, kurang dari Rp 10 ribu.

8. Keripik Tahu
Keripik Tahu - 18 Oleh-oleh Favorit dan Murah Khas Kota Tegal Terlengkap
Source: circlenyatahu.blogspot.com

Masih dengan olahan tahu, oleh-oleh favorit dan murah khas Kota Tegal lainnya yang bisa kamu pilih adalah keripik tahu. Tahu kopong yang tidak memiliki isi digoreng hingga kering dan menjadi keripik.

Ketika digigit, keripik tahu memiliki tekstur renyah namun agak lembut di dalam.

9. Kue Kamir
Kue Kamir - 18 Oleh-oleh Favorit dan Murah Khas Kota Tegal Terlengkap
Source: tokowahab.com

Bentuk kue kamir mirip dengan kue dorayaki yang bulat dan padat. Oleh-oleh favorit dan murah khas Kota Tegal ini terbuat dari adonan tape singkong, tepung terigu, gula pasir, dan susu.

Harganya Rp1.000 per biji dan bisa ditemui di penjual pinggir jalan di Kota Tegal. Kue Kamir tahan hingga 2 hari penyimpanan di ruangan dengan suhu normal.

10. Olos
Olos - 18 Oleh-oleh Favorit dan Murah Khas Kota Tegal Terlengkap
Source: oloshits.blogspot.com

Kalau biasanya kita mengenal tahu jeletot, maka di Tegal ada Olos yang merupakan gorengan bercita rasa pedas. Oleh-oleh ini terbuat dari adonan aci yang dibentuk bulat, lalu diisi sayuran seperti kol, tauge, dan sawi serta cabai yang sudah diulek halus.

Tentu saja, di gigitan pertama, rasa pedas langsung meledak di mulut. Olos dijual Rp1.000 saja per biji.

11. Glotak Tulang Ayam
Glotak Tulang Ayam - 18 Oleh-oleh Favorit dan Murah Khas Kota Tegal Terlengkap
Source: idntimes.com

Oleh-oleh favorit dan murah khas Kota Tegal lainnya adalah glotak tulang ayam. Ini adalah makanan berkuah yang terbuat dari tempe gembus yang dihaluskan. Kemudian dicampur dengan potongan daging ayam, tulang, dan cekernya.

Rasa makanan ini gurih dan mirip dengan kari. Untuk kamu yang suka pedas, bisa meminta tambahan potongan cabai rawit di atasnya. Harga yang ditawarkan yakni Rp 5 ribu per porsi.

12. Kue Tempel
Kue Tempel - 18 Oleh-oleh Favorit dan Murah Khas Kota Tegal Terlengkap
Source: youtube.com

Di Jakarta dan sekitarnya, jajanan bernama kue leker pasti pernah kamu dengar. Kue leker adalah adonan cair yang dipanggang tipis dengan topping tertentu.

Nah, di Tegal, ada kue tempel yang hampir mirip. Bedanya, kue tempel memiliki isian potongan pisang yang legit. Jajanan khas Tegal ini banyak dijual, terutama di area dekat sekolah. Harganya mulai dari Rp 2 ribu sampai Rp 5 ribu.

(Baca Juga: Oleh-Oleh Harga Murah Khas Cirebon)
13. Gemblong Ocar Acir
Gemblong Ocar Acir - 18 Oleh-oleh Favorit dan Murah Khas Kota Tegal Terlengkap
Source: instagram.com/about.tegal

Di pasar tradisional, oleh-oleh favorit dan murah khas Kota Tegal banyak dijual. Gemblong adalah jajanan yang terbuat dari ketan dengan topping kelapa parut dan cairan gula merah.

Rasanya gurih dan manis. Kamu hanya perlu membayar Rp 5 ribu per porsinya.

14. Rujak Teplak
Rujak Teplak - 18 Oleh-oleh Favorit dan Murah Khas Kota Tegal Terlengkap
Source: instagram.com/angelicasharon

Rujak teplak adalah campuran singkong halus rebus dengan berbagai sayuran seperti kangkung, bayam, tauge, kacang panjang, dan kol yang direbus lalu disiram dengan sambal khas Tegal. Perpaduan rasa pedas, asam, dan manis akan menggoyang lidahmu.

Jika kamu berminat menjadikannya oleh-oleh, maka pisah sambalnya, ya. Harga per porsi sekitar Rp 5 ribu saja.

15. Teh Poci
Teh Poci - 18 Oleh-oleh Favorit dan Murah Khas Kota Tegal Terlengkap
Source: instagram.com/stefanuserik76

Teh beraroma khas memang tak pernah salah jika dijadikan sebagai oleh-oleh. Kamu bisa membeli teh poci khas Tegal sepaket dengan gula batu dengan rasa manis yang alami.

16. Kaos Galgil
Kaos Galgil - 18 Oleh-oleh Favorit dan Murah Khas Kota Tegal Terlengkap
Source: instagram.com/ngaos_galgil2

Selain jajanan, kamu juga bisa membeli barang lain sebagai buah tangan dari Tegal. Ada kaos galgil yakni kaos dengan tulisan kreatif khas Bahasa ngapak Tegal yang disablon di atasnya.

Tulisan pada kaos Galgil beragam dan terbilang lucu. Harganya sekitar Rp 90 ribu-an.

17. Souvenir Anyaman Eceng Gondok
Souvenir Anyaman Eceng Gondok - 18 Oleh-oleh Favorit dan Murah Khas Kota Tegal Terlengkap
Source: infobaru.id

Tumbuhan air eceng gondok dijadikan bahan baku membuat kerajinan oleh masyarakat Kota Tegal. Produk yang dihasilkan beragam, mulai dari tas, topi, wadah tisu, alas cangkir, dan lain sebagainya.

Harganya mulai dari Rp 30 ribu.

18. Cangkir Tanah Liat
Cangkir Tanah Liat - 18 Oleh-oleh Favorit dan Murah Khas Kota Tegal Terlengkap
Source: bobo.grid.id

Selain anyaman, ada pula aneka cangkir yang terbuat dari tanah liat. Keunggulannya adalah keawetan cangkir yang terjaga, serta bentuknya yang unik. Kerajinan ini dijual mulai dari harga Rp 40 ribu.

Sebelum jalan-jalan ke Kota Tegal dan kota lainnya, pastikan kamu dan keluarga sudah terlindung dengan asuransi kesehatan. Yuk bandingkan dan ajukan produk asuransi melalui CekAja.com.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast